Ikuti 5 Cara Ini untuk Jadi Sepuluh Kali Lebih Kreatif, Karena Kreativitas Itu Milik Semua Orang!

Apakah kamu selalu merasa tidak kreatif? Apakah kamu iri melihat teman-temanmu yang artsy atau selalu muncul dengan ide-ide inovatif?

Jangan khawatir, kreativitas memang menjadi bakat bagi sebagian orang. Namun, bukan berarti hal itu tidak bisa dilatih dan diciptakan. Ikuti 5 cara ini sehari-hari untuk jadi sepuluh kali lebih kreatif!

1. Parkir kendaraanmu atau turun dari angkutan umum sedikit jauh dari tempat tujuanmu setiap hari, agar mau tidak mau kamu harus sedikit berjalan kaki.

Kalau sehari-hari kamu hanya duduk di balik kubikel, kreativitasmu lama-kelamaan akan mati. Sediakan waktu untuk berjalan kaki.

Berjalan kaki di sini tidak harus berarti berolahraga. Kamu bisa saja parkir atau turun dari angkutan umum agak jauh dari kampus atau kantor supaya mau tidak mau kamu harus berjalan kaki ke tujuan. Biasanya, saat berjalan kaki, pikiranmu otomatis akan memikirkan berbagai hal dan ide baru, sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kreatifmu.

2. Saat pikiranmu buntu menghadapi suatu masalah yang membutuhkan kreativitas, ajaklah sebanyak-banyaknya orang bicara. Masukan dari mereka akan membantu menemukan ide baru.

Ingat kutipan dari almarhum Steve Jobs, “Creativity is just connecting things”? Terkadang, suatu ide yang kelihatannya kreatif bukanlah ide yang benar-benar baru, melainkan hanya kombinasi dari masukan-masukan ide yang berbeda.

Itulah mengapa, saat kamu merasa buntu, jangan ragu untuk mengobrol dengan banyak orang, termasuk expert di bidangnya. Jangan telan mentah-mentah kata-kata mereka. Justru, tugasmu adalah menyerap apa yang dikatakan berbagai expert, lalu menarik kesimpulanmu sendiri berdasarkan masukan-masukan mereka.

Jika kamu tidak punya akses untuk bicara ke expert, kamu bisa melakukan banyak browsing mengenai topik atau masalah yang kamu hadapi. Pastikan kamu membaca info tidak hanya dari satu website saja, agar kamu mendapatkan masukan ide yang bervariasi.

3. Ingat bahwa hidupmu harus seimbang. Lakukan aktivitas atau hobi yang kamu suka secara berkala, agar kreativitas dan mood-mu selalu hidup.

Membenamkan diri dalam rutinitas memiliki efek yang buruk untuk jangka panjang. Pastikan bahwa secara berkala, kamu menyempatkan waktu melakukan hobi atau aktivitas yang menghidupkan kembali semangatmu.

Melakukan hal yang kamu suka dapat membantu kamu lebih rileks. Memiliki hidup yang seimbang membuat kamu bisa menghadapi masalah-masalah yang ada dengan pendekatan yang lebih kreatif.

4. Sehari dalam seminggu, matikan semua gadget-mu agar otakmu bisa fokus berpikir tanpa gangguan.

Gadget seperti smartphone dan laptop memang bermanfaat untuk bisa mengakses informasi dan berhubungan dengan orang-orang yang bisa memberimu masukan ide. Namun, ada baiknya, setelah kamu mendapatkan begitu banyak informasi, kamu mematikan semua gadget tersebut agar otakmu bisa fokus berpikir tanpa gangguan.

Justru, ide-ide kreatif cenderung muncul saat kita sedang tidak berusaha keras, seperti Archimedes yang mengalami momen Eureka-nya saat sedang mandi. Mungkin saja ide hebat berikutnya datang saat kamu sedang menyetir, berolahraga, berbelanja, atau hanya duduk melihat pemandangan.

5. Coba hal baru setiap hari, seperti makanan yang belum pernah kamu coba, atau rute berbeda menuju kampus atau kantor.

Seperti yang ditulis di poin ketiga, rutinitas bisa membuat otakmu menjadi tumpul. Untuk mempertajam pikiranmu kembali, tidak perlu kok sampai membuat perubahan besar dalam hidup.

Cukup buat perubahan-perubahan kecil setiap harinya, yang menstimulasi pikiranmu untuk jadi lebih kreatif dan terbiasa dengan perubahan. Misalnya, cobalah makanan atau tempat makan yang belum pernah kamu coba sebelumnya. Ambil rute berbeda menuju tempat tujuanmu setiap hari. Atau dengarkan genre musik berbeda dari yang biasa kamu dengarkan.

Kelihatannya sepele, tapi justru kreativitas luar biasa dimulai dari hal-hal kecil. Betul?

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s