Bingung Memilih Tawaran Kerja? Ikuti 5 Langkah Ini

“Don’t pick a job with great vacation time. Pick one that doesn’t need escaping from”.

Di saat teman-teman kamu berlomba-lomba mencari kerja, kamu mungkin saja menjadi salah satu yang beruntung mendapatkan lebih dari satu tawaran pekerjaan. Mendapatkan beberapa tawaran pekerjaan mungkin terdengar too good to be true pada awalnya. Tapi kemudian kamu harus membuat keputusan yang tepat, pekerjaan mana yang akan kamu ambil.

Ikuti 5 langkah di bawah ini supaya tidak kebingungan memilih satu di antara beberapa tawaran kerja:

1. Pastikan kamu punya cukup banyak waktu untuk berpikir

Saat menerima kabar baik dari tiap perusahaan yang memberikan penawaran, katakan saja sejujurnya bahwa kamu menerima lebih dari satu tawaran. Biarkan perusahaan tahu kalau kamu butuh waktu untuk berpikir. Tanyakan terlebih dahulu kapan paling lambat kamu harus memberikan keputusan, karena biasanya perusahaan menetapkan deadline beberapa hari atau beberapa minggu. Jika waktu yang diberikan dirasa kurang panjang, cobalah bernegosiasi.

2. Ajukan pertanyaan

Proses rekrutmen bukanlah proses satu arah, melainkan merupakan proses untuk kandidat dan perusahaan dapat saling mengenal. Jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut kepada perusahaan mengenai budaya kerja, gaji serta nature dari pekerjaan itu sendiri. Jawaban-jawaban mereka akan membantu proses pengambilan keputusanmu. Dari respon mereka, kamu juga bisa menilai perusahaan mana yang benar-benar terbuka dan menghargai calon karyawannya.

3. Riset lagi!

Untuk mendukung proses pengambilan keputusan, tidak cukup cuma merenung dan berdiam diri di kamar. Satu hal yang kamu bisa lakukan, adalah riset lagi! Bukalah sumber-sumber terpercaya untuk mencari tahu seperti apa budaya dan situasi kerja dalam perusahaan. Misalnya, kamu bisa melihat informasi di laman karir di situs resmi perusahaan. Lakukan riset seperti sebelum kamu mengajukan aplikasi. Tanyakan pada diri sendiri apakah pekerjaan dan budaya perusahaan akan sesuai untuk kamu tidak hanya untuk saat ini, tapi juga untuk beberapa tahun mendatang.

4. Coba bandingkan faktor-faktor penting dari setiap tawaran

Take a step back dan cobalah buat skala prioritas dari faktor-faktor apa saja yang paling penting bagi kamu dari sebuah pekerjaan. Kamu bisa mempertimbangkan faktor seperti lingkungan kerja, fleksibilitas jam kerja, budaya perusahaan, tantangan dari pekerjaan, lokasi kantor, impact yang bisa kamu berikan, atau mungkin tipe-tipe orang yang bekerja di sana. Selain itu, kamu bisa memasukkan juga faktor material seperti tawaran gaji, bonus, asuransi kesehatan, dan tunjangan.

Kemudian, gunakan faktor tersebut untuk membandingkan tawaran-tawaran pekerjaan yang ada. Kamu bisa membuat tabel atau daftar sederhana untuk membuat perbandingan ini. Selain cara tersebut, kamu juga bisa membuat list kelebihan dan kekurangan dari setiap tawaran lalu membandingkannya.

5. Mintalah saran dan ikuti instingmu!

Saran dari seorang profesional, karyawan di perusahaan tersebut, senior yang telah bekerja di industri tersebut, atau seseorang yang kamu kenal baik dapat membantu lebih dari yang kamu bayangkan. Kadang-kadang, ada hal-hal tentang diri kamu yang kamu tidak tahu, tetapi terlihat jelas oleh orang lain. Mintalah mereka untuk jujur menceritakan pendapat tentang kelebihan dan kekurangan dari setiap pilihan kamu.

Any job will give valuable lessons and lead to somewherethere is no right or wrong choice. Jadi, setelah melewati semua langkah di atas dan mempertimbangkan semua saran, waktunya kamu mengambil keputusan. Do not over think and follow your instinct!

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s