8 Aplikasi Ini Dijamin Dapat Membuat Kamu Lebih Produktif Setiap Harinya

Buat kamu yang memiliki banyak kegiatan dan pekerjaan, produktivitas menjadi hal yang penting. Untungnya, keberadaan smartphone dan berbagai kemudahan di dalamnya dapat membuat kamu lebih produktif. Mungkin kamu perlu merencanakan dan mengatur sebuah proyek, menyimpan dan membuka berbagai berkas, maupun mengatur to-do list kamu. Berikut ini adalah 9 aplikasi yang dijamin dapat membuat kamu lebih produktif setiap harinya.

Trello

Aplikasi Trello memungkinkan kamu dan tim untuk membuat perencanaan dan target untuk proyek-proyek perusahaan serta memonitor apakah perkembangan suatu proyek sesuai rencana atau tidak. Fitur drag and drop Trello memungkinkan kamu untuk mengatur pekerjaan kamu dengan leluasa.

Image credit: eosworldwide.com

Keseluruhan tampilan di atas dinamakan board. Board adalah papan pekerjaan kamu secara keseluruhan. Kamu bisa mengundang anggota tim kamu, sebanyak apa pun, ke dalam board tersebut sesuai kebutuhan. Setiap anggota tim akan melihat board dan gambar-gambar yang sama sehingga suatu proyek akan menjadi lebih jelas untuk setiap orang di tim kamu.

Suatu board berisikan serangkaian list, yakni pilar-pilar utama dari suatu proyek. Kamu dapat menamai list tersebut sesuka hati dan sesuai kebutuhan tim kamu. Yang penting, kamu dan tim dapat melihat gambaran besar dari suatu proyek dan langkah-langkah besar yang harus diambil untuk proyek tersebut dari awal hingga akhir.

Di setiap list, kamu dapat menambahkan banyak card. Sebuah cardmemungkinkan kamu dan tim untuk menuliskan sebuah pekerjaan, menambah detil pekerjaan tersebut, mengunggah berkas lampiran, mengatur tenggat waktu pekerjaan, mengunggah gambar, menambah to-do list, dan memberikan komentar. Berikut contoh sebuah card di dalam Trello.

Image credit: socialmediatipz.com

Sebuah tim dapat terlibat dalam satu atau lebih proyek. Dengan Trello, kamu dapat membuat sebuah tim dan satu tim dapat memiliki banyak board. Jadi, semua anggota tim kamu dapat mengetahui rencana kerja setiap proyek melalui satu laman di bawah. Selain itu, untuk setiap hal yang terjadi di board kamu, Trello akan mengirimkan notifikasi sehingga kamu tidak akan ketinggalan info terbaru dari proyek mana pun.

Trello juga memiliki fitur-fitur penghubung dengan aplikasi lain, salah satunya dengan Google Calendar. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan sinkronisasi terhadap semua tenggat waktu yang ada di board Trello kamu ke dalam Google Calendar sehingga kamu tidak perlu bolak-balik membuka Trello untuk mengecek seluruh tenggat waktu yang kamu miliki. Cukup cek Google Calendar saja.

Selain yang sudah disebutkan di atas, Trello juga dapat membantu kamu untuk:

– Merencanakan liburan

– Membagi tugas ke setiap orang di dalam tim secara spesifik

– Menggambarkan kegiatan perusahaan secara keseluruhan

– Mengerjakan tugas kuliah dalam kelompok

– Membuat menu makanan pribadi harian

Slack

Stewart Butterfield mendirikan Slack pada Agustus 2013. Slack adalah sebuah platform messaging komputer dan mobile yang bertujuan untuk menciptakan komunikasi yang sederhana dan transparan dalam suatu perusahaan.

Dengan Slack, kamu dapat mengatur percakapan tim kamu dalam berbagai channel. Kamu dapat membuat channel untuk sebuah proyek, topik, tim, atau apapun itu. Semua percakapan dapat diakses oleh semua orang.

Untuk percakapan yang sifatnya rahasia, kamu dapat membuat channel khusus dan mengundang hanya orang-orang tertentu saja di dalam tim atau perusahaan kamu. Apabila kamu butuh untuk menghubungi orang-orang tertentu saja, kamu dapat menggunakan fitur direct message yang tersedia. Untuk keterhubungan yang lebih baik, Slack juga menyediakan fitur video dan voice call.

Tidak hanya berkirim pesan saja, pengguna Slack dapat mengunggah berbagai berkas, foto, PDF, berkas Excel ke dalam channel Slack dengan mudah. Kalau kamu menggunakan Google Drive, Dropbox, dan sejenisnya, kamu tidak perlu khawatir karena kamu hanya perlu menyisipkan tautan berkas tersebut ke dalam channel Slack yang kamu inginkan dan berkas tersebut akan langsung terkirim.

Image credit: slack-edge.com

Selain itu, semua pesan, notifikasi, dan berkas secara otomatis terindeks dan tersimpan di dalam Slack. Konten setiap berkas juga terindeks oleh Slack sehingga kamu dapat menelusuri kata kunci isi dari berkas Word, PDF, Google Docs, dan lainnya. Fitur pencari Slack memudahkan kamu untuk mencari semua hal yang kamu butuhkan dengan waktu yang singkat.

Slack juga memungkinkan para penggunanya untuk mengintegrasi aplikasi Slack dengan aplikasi lainnya seperti Twitter, Trello, Mailchimp, dan masih banyak lagi. Mengintegrasikan Twitter dan Slack memungkinkan setiap tweet dari dan kepada suatu akun Twitter tertentu terekam di channel Slack yang kamu gunakan. Fitur ini sangat bermanfaat khususnya bagi tim sosial media.

Trafi

Image credit: play.google.com

Dalam pekerjaan, tidak jarang kamu diminta untuk menyelesaikan berbagai hal di beberapa tempat yang berbeda dalam satu hari. Di kota-kota besar Indonesia, khususnya Jakarta, kemacetan adalah tantangan terbesar. Transportasi umum adalah salah satu solusi kemacetan. Namun, pengecekan jadwal dan pelacakan posisi transportasi umum secara real-time dan terintegrasi di Jakarta masih belum memadai.

Dengan Trafi, kamu dapat mengecek kombinasi waktu, harga, dan moda transportasi umum apa saja yang dapat kamu ambil untuk pergi dari titik A ke titik B.

Contoh, kamu ingin pergi ke Metropolitan Tower Cilandak dari Universitas Prasetiya Mulya Bumi Serpong Damai, Tangerang. Kamu hanya perlu mengetikkan tempat asal dan tujuan, lalu alternatif pilihan seperti di atas akan muncul. Dengan Trafi, kamu tidak perlu menggunakan banyak aplikasi pelacak dan jadwal transportasi umum dengan ponsel kamu. Hampir semua alternatif moda transportasi umum dapat ditemukan di sini.

Dengan mengklik salah satu alternatif pilihan, kamu dapat mengetahui alternatif moda transportasi apa saja yang kamu perlu ambil untuk dapat sampai di tujuan. Selain mengecek jadwal perjalanan, kamu juga dapat melihat posisi dan pergerakan berbagai moda transportasi umum, seperti TransJakarta, secara langsung di aplikasi ini.

Pomodoro Timer Lite / Pro

Image credit: shopify.com

Teknik Pomodoro menganjurkan kamu untuk bekerja selama 25 menit penuh tanpa gangguan apa pun. Setiap 25 menit (25 menit = 1 Pomodoro) berakhir, kamu disarankan untuk mengambil istirahat selama 5 menit. Setiap kamu selesai bekerja 4 x 25 menit, ambil istirahat yang lebih panjang, sekitar 10-15 menit.

Di awal eksperimen metode Pomodoro, Cirillo, penemu metode ini, menggunakan timer dapurnya yang berbentuk tomat untuk merekam rangkaian periode 25 menit tersebut. Faktanya, pomodoro berarti tomat dalam bahasa Italia. Menurut dirinya, teknik Pomodoro dapat melatih otak kamu untuk lebih fokus dan segar dalam jangka panjang.

Pomodoro Timer adalah salah satu aplikasi yang menunjang teknik Pomodoro. Dengan aplikasi ini, kamu dapat membuat to-do listkamu sendiri dan mengestimasi berapa Podomoro yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Aplikasi ini tersedia dalam versi Lite (gratis) dan Pro (berbayar sekitar Rp 20.000).

Image credit: play.google.com

CamScanner

Image credit: camscanner.com

CamScanner adalah aplikasi untuk memindai berbagai jenis dokumen yang ada di dalam ponsel kamu. Dengan aplikasi ini, kamu juga bisa memindai dokumen dengan banyak halaman. CamScanner memiliki fitur auto-crop yang akan menyesuaikan potongan dan ukuran dokumen kamu secara otomatis sehingga terlihat rapi. Kamu bisa mendapatkan hasil pemindaian dokumen kamu dalam bentuk PDF maupun JPG.

Di samping itu, kamu juga dapat menambahkan notes dan tag untuk setiap dokumen sesuai kebutuhan kamu. Tag membuat kamu lebih mudah dalam mencari dokumen-dokumen yang kamu perlukan. Ketika bekerja dalam sebuah tim, CamScanner juga memudahkan kamu dalam mengirim e-mail yang berisikan dokumen yang baru kamu pindai ke rekan-rekan kerja kamu.

Pocket

Image credit: businessinsider.com

Apakah kamu tipe orang yang senang menikmati konten tertulis, video, maupun gambar online? Kalau iya, maka Pocket adalah aplikasi yang tepat buat kamu.

Dengan Pocket, kamu dapat dengan mudah menyimpan konten-konten tersebut dalam satu platform yang nantinya dapat kamu buka kembali dari seluruh gawai (komputer, ponsel, laptop, tablet, dan lainnya) yang kamu miliki selama kamu telah membuat akun Pocket. Kamu juga dapat memberikan label kategori untuk setiap konten yang kamu simpan menggunakan Pocket. Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Jadi, kamu gak perlu khawatir lagi untuk kehilangan konten-konten yang belum sempat kamu baca selama ini.

Google Docs, Sheets, Slides, dan Drive

Google Docs adalah Microsoft Word versi online. Google Sheets adalah Microsoft Excel versi online. Google Slides adalah Microsoft Powerpoint versi online.

Ketiga aplikasi di atas memberikan kemudahan bagi kamu yang sering bekerja dalam kelompok. Daripada harus repot mengirimkan email berkas revisi suatu pekerjaan yang jumlahnya kadang tidak sedikit, menggunakan salah satu platform di atas akan pengerjaan suatu berkas lebih praktis. Semua dokumen dapat dikerjakan bersama-sama dalam waktu bersamaan dan secara otomatis tersimpan. Kamu juga dapat membagi tugas kepada anggota tim dengan menuliskan alamat email mereka di dalam kolom komentar.

Sementara, Google Drive adalah platform penyimpanan file. Tidak dapat dipungkiri bahwa aplikasi ini memiliki kemiripan dengan Dropbox. Namun, Google Drive menyediakan kapasitas penyimpanan gratis tanpa syarat sebesar 15GB. Sementara, pengguna Dropbox hanya mendapatkan 2GB di awal dan berpotensi untuk memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 16GB dengan mem-follow media sosial Dropbox dan memberikan referensi untuk pengguna Dropbox.

Google Keep

Menggunakan Google Keep mirip dengan menggunakan sticky notedi kehidupan sehari-hari. Kamu dapat menuliskan berbagai hal sebelum kamu lupa akan hal-hal tersebut. Setelah menulis, kamu dapat membuka rangkaian catatan kamu di ponsel dan komputer.

Tambahkan gambar apabila kamu menginginkan pengalaman visual yang lebih baik dari catatan kamu. Google Keep juga memungkinkan kamu untuk membuat checklist dengan mudah dan mencoret pekerjaan-pekerjaan yang telah dikerjakan.

Kalau kamu butuh untuk menjadikan catatan kamu sebuah dokumen yang dapat diedit bersama, Google Keep memiliki fitur “Copy to Google Docs” yang akan mengubah catatan kamu ke dalam format Google Docs dan siap untuk dikerjakan dan diedit. Selain itu, kamu dapat menyimpan catatan-catatan yang paling penting di bagian paling atas Google Keep dengan fitur pin to taskbar.

Source : bukapintu.co

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s