5 Cara Bertahan, Buat Kamu yang Ngaku Salah Pilih Jurusan Saat Kuliah

Kamu pernah merasa salah pilih jurusan saat kuliah? Ada beberapa penyebab seseorang merasa salah pilih jurusan yaitu karena dipaksa orangtua, ikut-ikutan teman atau bahkan merasa ingin dibilang keren karena memilih jurusan yang dianggap paling sulit.

Ingin pindah jurusan, butuh biaya lantas belum lagi harus mengulang mata kuliah. Sebenarnya salah jurusan gak selamanya salah sih, asalkan kamu bisa mengambil sisi positifnya disitu.

Nah, artikel ini memuat 5 cara bertahan buat kamu yang ngaku salah pilih jurusan. Simak baik-baik ya!

1. Belajar untuk terima kenyataan
Kamu sudah terlanjur nyaman dengan banyaknya teman-teman dan sahabat-sahabat kamu di jurusan yang kamu anggap salah, belum lagi dosen-dosennya ternyata baik hati. Kalau sudah kayak gini apa kamu yakin untuk pindah jurusan? Belum tentu di jurusan yang baru kamu mendapatkan teman-teman dan dosen yang sama. Mending, belajar untuk menerima kenyataan karena segala sesuatu pasti ada hikmahnya.

2. Lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan
Kesalahan kamu karena sudah salah pilih jurusan kuliah membuat kamu menjadi lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan lainnya. Kamu akan lebih selektif lagi dalam mengambil langkah-langkah yang akan terjadi di hidupmu nantinya, karena tidak mau melakukan kesalahan untuk kedua kalinya.

3. Skill kamu jadi bertambah
Ketika kamu menganggap jurusan yang kamu pilih salah karena tidak sesuai dengan passion-mu, justru jadikanlah itu sebagai tantangan untuk memperkaya skill-mu.

4. Bisa jadi kamu menemukan passion-mu yang sebenarnya
Meskipun prodi yang kamu tekuni bukan panggilan jiwamu, bukan berarti kamu gak mampu lho. Mungkin kamu menganggap jurusan yang kamu ambil itu salah, tapi jika kamu berniat untuk mendalami mata kuliah di jurusanmu. Bisa jadi kamu menemukan passion-mu yang sesungguhnya.

5. Bersyukurlah karena kamu masih bisa kuliah
Masih banyak orang di luar sana yang ingin melanjutkan ke jenjang universitas, kamu termasuk orang yang beruntung karena diberi kesempatan untuk mengenyam bangku kuliah. Bersyukur adalah sikap yang tepat untuk terus maju dan menyelesaikan sesuatu yang sudah kamu pilih. Meskipun kamu menganggapnya salah pilih.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s