4 Universitas Terbaik di Kawasan Indonesia Timur untuk Calon Dokter

Kawasan Indonesia Timur terdiri dari 10 provinsi yaitu Bali, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Secara geografis dan pembangunan, pada umumnya kawasan Indonesia Timur memang lebih tertinggal dibandingkan kawasan Indonesia Barat. Namun seiring dengan semangat otonomi daerah dan prioritas pembangunan nasional, kawasan Indonesia Timur terus berkembang.

Nah, bidang kesehatan merupakan salah satu fokus yang saat ini menjadi prioritas pembangunan, nih. Program khusus seperti Nusantara Sehat di bawah naungan Kementerian Kesehatan juga digalakkan dalam rangka mengupayakan layanan kesehatan yang menjangkau hingga ke daerah-daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan. Termasuk di kawasan Indonesia Timur.

Selain itu, putera-puteri daerah tersebut tidak harus merampungkan mimpi membangun daerahnya di bidang kesehatan dengan merantau ke kawasan lain, deh. Sebab 4 program studi Pendidikan Dokter di Perguruan Tinggi Negerinya bahkan sudah ada yang mengantongi akreditasi A. Pastinya buat kamu yang berada di kawasan Indonesia Timur yang ingin melanjutkan kuliah di jurusan kedokteran bisa menjadikan 4 universitas ini sebagai pertimbangan.

1. Universitas Udayana di Provinsi Bali
Universitas Udayana di Kopertis VIII ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 0001/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2017 yang berlaku sejak 2017 hingga 28 Januari 2022. Sedangkan untuk institusinya adalah A dengan nomor SK yaitu 2999/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 yang berlaku mulai 2016 hingga 20 Desember 2021.

Fakultas Kedokteran di Universitas Udayana memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan kedokteran dan kesehatan yang mampu menghasilkan lulusan yang unggul, mandiri, dan berbudaya serta mempunyai daya saing di tingkat nasional dan internasional pada tahun 2025. Selain itu, juga terdapat dua kelas berbeda dalam program studi ini yaitu Kelas Reguler dan Kelas Internasional, lho.

2. Universitas Mataram di Provinsi Nusa Tenggara Barat
Universitas Mataram di Kopertis VIII ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 0481/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2017 yang berlaku sejak 2017 hingga 25 Agustus 2022. Sedangkan untuk institusinya adalah B dengan nomor SK yaitu 017/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014 yang berlaku mulai 2014 hingga 16 Januari 2019.

Program studi Pendidikan Dokter di Universitas Mataram ini memiliki misi untuk menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik dan profesi kedokteran yang berkualitas dan beretika dengan kekhasan pada penanganan masalah kesehatan berbasis kedokteran kepulauan.

Visinya sendiri adalah menghasilkan lulusan dokter sesuai standar kompetensi dokter Indonesia dan unggul dalam kedokteran kepulauan, dan mampu berperan aktif dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kedokteran yang berdaya saing internasional tahun 2025.

3. Universitas Sam Ratulangi di Provinsi Sulawesi Utara
Universitas Sam Ratulangi di Kopertis IX ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 0144/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2017 yang berlaku sejak 2017 hingga 31 Maret 2022. Sedangkan untuk institusinya adalah B dengan nomor SK yaitu 022/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2014 yang berlaku mulai 2014 hingga 16 Januari 2019.

Visi dari program studi Pendidikan Dokter di Universitas Sam Ratulangi ini yaitu menjadikan program studi tersebut sebagai unggulan (Excellent Study Program) ditahun 2019 pada level internasional terutama dalam bidang kedokteran pariwisata yang meliputi Traveler disease, Kedokteran kelautan dan hiperbarik, dan Penyakit tropik (Tropical disease).

4. Universitas Hasanuddin di Provinsi Sulawesi Selatan
Universitas Hasanuddin di Kopertis IX ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Dokter berdasarkan nomor SK yaitu 097/SK/BAN-PT/Ak-XV/S/II/2013 yang berlaku sejak 2013 hingga 28 Februari 2018. Sedangkan untuk institusinya adalah A dengan nomor SK yaitu 079/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013 yang berlaku mulai 2015 hingga 21 Februari 2018.

Fakultas Kedokteran di Universitas Hasanuddin merupakan fakultas kedokteran tertua di kawasan Indonesia timur. Salah satu harapan untuk lulusannya adalah memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi, serta informasi kesehatan dan medis dalam praktek medis, terutama sekali kemampuan untuk mengaplikasikan ilmu kedokteran secara komprehensif di bidang kedokteran tropis.

Wah, semoga perguruan tinggi negeri lain terkhusus di kawasan Indonesia Timur segera menyusul pencapaian membanggakan ini, ya!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s