Ini Lho Penyebab Korea Selatan Jadi Negara Paling Pintar Sedunia

Korea Selatan merupakan negara terpintar nomor satu di dunia menurut data OECD. Banyak penduduknya lulusan dari STEM (Science. Technology. Engineering. Math). Prospek yang sangat dibutuhkan pada abad 21.

Negara ini sukses menggeser posisi Finlandia sebagai The Smartest Country. Padahal konsep belajarnya berbeda jauh dengan Finlandia. Mau tahu rahasianya?

1. Pendidikan adalah nomor satu
Disana, pendidikan adalah hal yang paling penting. Karena merupakan tonggak perekonomian bagi suatu negara. Pendidikan adalah satu-satunya jalan untuk mengubah nasib seseorang. Rakyat jelata akan berubah menjadi sangat terhormat jika ia sukses dalam pendidikannya.

2. Sekolah lebih dari sepuluh jam
Biasanya murid di sana baru pulang sekolah jam 10 malam, terutama murid SMA. Bagi kita itu pasti exstrem banget. Namun orang tua murid selalu mendukung akan aturan sekolah yang exstrem tersebut.

3. Belajar sangat keras sebelum ujian masuk universitas
Mereka pasti akan belajar mati-matian sampai kurang tidur jika mendekati hari ujian. Apalagi ujian masuk universitas, ini adalah perjuangan antara hidup dan mati bagi mereka.

4. Rajin mengikuti bimbingan belajar atau les ketika libur sekolah
Orang tua murid rela menghabiskan sepertiga dari penghasilannya hanya untuk membiayai les anak. Hal ini terlihat jelas begitu berharganya pendidikan disana.

5. Sarana dan prasara yang mumpuni
Korea Selatan memberikan akses internet berkecepatan tinggi di setiap sekolah, untuk memudahkan siswanya mengeksplore pengetahuan. Dan juga memberikan banyak beasiswa untuk anak yang kurang mampu.

6. Pantang malas
Orang Korea sudah terbiasa hidup dibawah tekanan. Karena struktur pendidikannya tergolong kompetitif dan ketat. Mereka berkemauan tinggi untuk masuk universitas bergengsi disana.

7. Guru merupakan profesi yang bergengsi
Tidak salah kalau guru adalah sosok dibalik hebatnya seorang murid. Disana profesi guru mendapatkan gaji yang tidak sedikit, kira-kira $2.500 atau sekitar 33 juta per bulan. Bahkan mengajar online pun bisa jadi milyarder.

8. Makanan yang bernutrisi tinggi
Yang sering nonton drakor pasti tahu deh kalau di kantin sekolah Korsel ada bermacam makanan segar tiap porsi. Hal ini tentu akan mencukupi kebutuhan nutrisi otak. Bahkan banyak makanan Korea yang dibuat dari fermentasi.

9. Ruang kelas yang diisi oleh banyak murid
Mereka memiliki prinsip dengan adanya banyak murid, mereka akan dilatih bersosialisasi dalam komunitas tersebut. Berbanding terbalik dengan negara kita yang membatasi jumlah murid per kelas atau lebih sedikit lebih baik.

10. Mereka sangat menghargai waktu, bahkan sampai jarang mandi
Menurut mereka mandi adalah kegiatan yang banyak menyita waktu. Mereka mandi seperlunya saja. Paling tidak hanya 1 kali sehari saat malam hari. Namun dibalik itu semua, sangat disayangkan bahwa Negeri Gingseng ini memiliki angka tertinggi bunuh diri di dunia. Dikarenakan banyak anak sekolah yang tertekan akan padatnya kegiatan sekolah dan tuntutan orang tua masing-masing. Kita ambil contoh yang sesuai dengan kebudayaan kita saja ya.

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s