Dari BAN-PT, Ini 6 Kampus Terbaik untuk Calon Guru Bahasa Inggris

Memilih jurusan kuliah memang tidak sederhana. Hal tersebut membutuhkan pertimbangan matang yang menyeluruh terhadap beberapa aspek. Misalnya kemampuan akademik, reputasi universitas tujuan, kualitas pengajaran, kesesuaian minat & bakat dengan program studi yang dipilih, hingga lokasi dari universitas bersangkutan.

Dilansir dari banpt.or.id, berikut Perguruan Tinggi Negeri yang agaknya menjadi pilihan pas bagi yang bercita-cita menjadi seorang guru Bahasa Inggris. Sebab baik institusi maupun program studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang sarjananya sudah berakreditasi A. Selain itu, ternyata capaian tersebut hanya dikantongi oleh enam Perguruan Tinggi Negeri saja se-Indonesia, lho.

Nah, di kota mana nih pilihanmu akan berlabuh?

1. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas yang berlokasi di provinsi Jawa Barat ini mengantongi SK akreditasi A untuk institusi sejak tahun 2016 hingga 20 Desember 2021. Sedangkan SK akreditasi A untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris berlaku mulai tahun 2017 hingga 26 September 2022.

Program studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah salah satu program studi tertua di Universitas Pendidikan Indonesia. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris disini berkonsentrasi pada bidang Pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (Teaching English as a Foreign Language/TEFL), nih.

Nah, akses saja laman resmi Fakultas Pendidikan, Bahasa, dan Sastra UPI untuk info lengkapnya, ya.

2. Universitas Negeri Makassar

Universitas yang berlokasi di provinsi Sulawesi Selatan ini mengantongi SK akreditasi A untuk institusi sejak tahun 2017 hingga 23 Mei 2022. Sedangkan SK akreditasi A untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris berlaku mulai tahun 2017 hingga 5 Desember 2022.

Selain keilmuan yang mendalam di bidang Bahasa Inggris untuk bekal mengajar kelak, program studi Pendidikan Bahasa Inggris di universitas ini juga memiliki misi untuk menumbuhkan budaya kewirausahaan mahasiswa melalui integrasi bahan ajar dan kuliah kerja alternative (KKA) terkait konsep-konsep kewirausahaan mengenai bidang keahlian kependidikan dan pendidikan bahasa Inggris.

Kunjungi laman Fakultas Bahasa dan Sastra untuk menelusuri informasi lebih lanjut, deh.

3. Universitas Negeri Medan

Universitas yang berlokasi di provinsi Sumatera Utara ini mengantongi SK akreditasi A untuk institusi sejak tahun 2016 hingga 20 Desember 2021. Sedangkan SK akreditasi A untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris berlaku mulai tahun 2016 hingga 10 Juni 2021.

Pendidikan Bahasa Inggris di universitas ini memiliki visi untuk menjadi program studi unggulan di bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris yang berdaya saing tinggi di tingkat nasional dan mendapat pengakuan internasional pada tahun 2020. Salah satu langkahnya adalah memberi layanan pendidikan bahasa Inggris yang bermutu kepada mahasiswa melalui penerapan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).

4. Universitas Negeri Padang

Universitas yang berlokasi di provinsi Sumatera Barat ini mengantongi SK akreditasi A untuk institusi sejak tahun 2016 hingga 20 Desember 2021. Sedangkan SK akreditasi A untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris berlaku mulai tahun 2016 hingga 2 September 2021.

Pendidikan Bahasa Inggris termasuk program studi tertua di Universitas Negeri Padang. Universitas ini memiliki visi menjadikan program studi tersebut menjadi salah satu program studi terkemuka di Asia Tenggara dalam mempersiapkan tenaga pendidik kompeten dalam pengajaran bahasa Inggris, bertaqwa, mandiri, dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka melaksanakan tugasnya kelak di dunia kerja.

5. Universitas Negeri Semarang

Universitas yang berlokasi di provinsi Jawa Tengah ini mengantongi SK akreditasi A untuk institusi sejak tahun 2016 hingga 27 Desember 2021. Sedangkan SK akreditasi A untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris berlaku mulai tahun 2016 hingga 24 November 2021.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris ini telah berdiri sejak tahun 1965 ketika Universitas Negeri Semarang masih bernama Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP Semarang). Program studi ini memiliki kurikulum berbasis kompetensi dan konservasi serta selalu mengikuti perkembangan model pembelajaran bahasa Inggris terkini.

6. Universitas Negeri Malang

Universitas yang berlokasi di provinsi Jawa Timur ini mengantongi SK akreditasi A untuk institusi sejak tahun 2014 hingga 19 Juli 2019. Sedangkan SK akreditasi A untuk program studi Pendidikan Bahasa Inggris berlaku mulai tahun 2015 hingga 6 April 2020.

Pendidikan Bahasa Inggris di universitas ini menerapkan Kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Program studi ini tak hanya membekali mahasiswanya dengan keilmuan bahasa Inggris saja melainkan juga handal dalam mengaplikasikan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran ketika menjadi seorang pengajar kelak.

Nah, jadi gak bingung lagi, kan menentukan tempat kuliah buat kamu yang ingin jadi pengajar bahasa Inggris? Eits, tapi jangan lupa tetap persiapkan diri sebaik mungkin sebelum mendaftar, ya. Belajar yang tekun dan jangan lupa meminta doa dari orang tua serta guru supaya semua prosesnya lancar dan kamu mendapatkan yang terbaik.

Sudah sampai mana persiapanmu, nih?

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s