Metode Belajar Bahasa Inggris yang Cepat dan Menyenangkan

Kita hidup di zaman globalisasi yang mana menguasai bahasa Inggris adalah suatu kebutuhan yang mungkin bisa dikatakan sebagai hal primer. Dahulu, kita tahu bahwa kebutuhan primer adalah kebutuhan yang mencakup sandang, papan dan pangan. Namun, seiring berjalannya waktu, bahasa Inggris pun termasuk dalam kebutuhan tersebut, termasuk juga metode belajar bahasa inggris yang seiring zaman juga  berubah. Dari uraian diatas kita akan dapat satu pertanyaan :

Kenapa?

Jawabannya adalah, karena bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang sangat sering digunakan oleh orang-orang di dunia untuk berkomunikasi. Artinya, jika kita menguasai bahasa Inggris, maka kita akan dapat berkomunikasi dengan siapa saja. Bukankah itu hal yang menguntungkan?

Metode Belajar Bahasa Inggris

Setiap hal pasti ada kendalanya. Untuk berbahasa Inggris, kendala yang dialami oleh banyak orang adalah kesusahan untuk benar-benar paham yang ujungnya hanya membuat mereka menyerah kemudian enggan untuk belajar lagi.

Memang ada metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan?

Ada, dong.

Pada dasarnya, semua hal itu selalu memiliki metode-metode pembelajaran yang menyenangkan. Tak terkecuali dengan bahasa Inggris. Jika kita bisa mencari hal-hal yang membuat kita senang terhadap bahasa Inggris, kita secara otomatis akan dengan mudah mempelajarinya. Untuk lebih mudahnya, berikut adalah beberapa metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan :

Metode Belajar Bahasa Inggris

1. Belajar melalui Games

Semua orang suka games. Itulah yang mendasari kenapa games adalah salah satu metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan.

Ya, pada hakikatnya, games bisa menghilangkan penat yang menyerang otak kita. Dengan ngegame, seolah-olah apa yang awalnya mengganggu pikiran itu tiba-tiba menghilang begitu saja. Namun, apakah itu saja fungsi dari keberadaan games?

Oh, tentu tidak.

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, kita bisa belajar bahasa Inggris dari games itu sendiri. Kita mungkin sering menemui bahwa dalam games, bahasa yang dipakai kebanyakan adalah bahasa Inggris. Maka, jika kita ingin mahir dalam bermain games, otomatis kita seolah dipaksa untuk bisa menguasai bahasa inggris. Perintah-perintah apa yang ada di dalam games, petunjuk-petunjuk dan juga pengaturan dalam games itu pasti menggunakan bahasa Inggris. Jika kita tidak mengerti apa maksudnya, ya jelas kita tidak bisa bermain dengan nyaman dan benar bukan?

Jadi, kita bisa pelan-pelan belajar bahasa Inggris melalui games-games tersebut. Jika perlu, bawa kamus setiap kali bermain games. Jika ada perintah atau petunjuk dalam games itu yang kurang dimengerti, kita hanya tinggal membuka kamus dan mencari maksud atas perintah tersebut.

Dengan cara tersebut, secara perlahan, kita akan menguasai bahasa Inggris dengan baik tanpa ada beban sedikitpun.

Sangat menyenangkan bukan metode belajar bahasa Inggris ini?

2. Belajar Bahasa Inggris melalui Lagu

‘So baby pull me closer…’

Kita semua tau, lagu-lagu hits kebanyakan sekarang ini adalah lagu-lagu berbahasa Inggris. Maka, hal itulah yang kemudian mendasari mengapa ini bisa menjadi salah satu metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan.

Semua orang suka mendengarkan lagu. Pasti. Semua orang tau akan makna yang terkandung dalam lagu tersebut? belum tentu.

Maka, orang-orang yang benar-benar menguasai bahasa Inggrislah yang pasti tau akan arti dan makna dari sebuah lagu tersebut. Selain itu, untuk orang-orang yang sudah mahir berbahasa Inggris, mereka pasti akan dengan mudah melafalkan lirik-lirik lagu dalam berbahasa Inggris dan dengan begitu mudahnya bisa hafal.

Percayalah, bernyanyi lagu berbahasa Inggris dengan baik dan benar itu terlihat keren.

Jadi, kita bisa belajar bahasa Inggris melalui lagu-lagu tersebut, mulai dari belajar mencari arti dari lirik-lirik lagu tersebut, hingga belajar mengucapkan dengan fasih lirik-lirik berbahasa Inggris tersebut.

Lama kelamaan, jika sudah terbiasa, kita akan menguasai bahasa Inggris dengan baik.

Menyenangkan bukan?

3. Pelajari bersama teman

Metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan selanjutnya adalah mengacu pada keberadaan seorang teman.

Ya, pada dasarnya, elemen terpenting dalam kehidupan kita salah satunya adalah teman.

Teman bisa membantu kita dalam mempelajari bahasa Inggris secara efektif dan sistematis tanpa ada tekanan atau apapun itu. Kita bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris itu secara bersama-sama, mulai dari saling menulis atau saling bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa Inggris.

Maka, dengan menjalani metode belajar bahasa Inggris bersama teman ini kemudian nantinya akan membuat kita saling membantu dan memahami bahasa Inggris dengan mudah dan juga menyenangkan.

4. Buka 9GAG

Kita bicara masalah metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan, maka, belajar bahasa Inggris dengan membuka situs 9GAG adalah salah satu jawabannya.

Menurut wikipedia, 9GAG merupakan sebuah situs komedi online yang menampilkan berbagai media visual baik gambar maupun video dalam bahasa Inggris.

Jika kita membuka situs 9GAG, kita akan ditunjukkan oleh beberapa gambar seperti berikut :

metode-belajar-bahasa-inggris-9gag

metode-belajar-bahasa-inggris-9gag-2

Untuk mereka yang tidak menguasai bahasa Inggris, mereka pasti bertanya-tanya :

‘Itu maksudnya apa sih?’

Namun, untuk mereka yng sudah sangat bisa menguasa Bahasa Inggris, mereka pasti akan tertawa atau mengangguk-ngangguk ketika melihat gambar-gambar yang 9gag sajikan. Menarik.

Maka, kita bisa belajar bahasa Inggris melalui situs 9gag ini. Dengan mencoba mencari arti atas apa yang tertulis pada gambar-gambar 9gag, kemudian memahaminya. Lakukan begitu terus. Selain mendapatkan tawa, kita pasti akan mendapat pembelajaran bahwa ternyata belajar bahasa Inggris itu bisa semenyenangkan ini.

5. Belajar melalui youtube

‘Youtube lebih dari TV… BOOOOM!!!’

Haha.

Kita pasti sering mendengar kata-kata tersebut bukan?

Pada dasarnya, memang iya. Maka, inilah yang menjadi alasan kenapa Youtube bisa menjadi alternatif untuk metode pembelajaran bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan.

Semua bisa kita dapatkan di youtube. Semua hal. Entah itu video lucu, video bola, ataupun video stand up comedy.

Kita hanya tinggal menuliskan video apa yang hendak kita cari di kolom pencarian maka… BOOOM! Semua pun ditemukan.

Youtube pun menyediakan semacam toolbar subtitle yang kelak sangat membantu kita untuk belajar bahasa Inggris senyaman mungkin. Kita bisa belajar speaking, listening, bahkan reading hanya dari youtube ini. Menyenangkan sekali bukan?

Semua kemudahan-kemudahan sebanarnya sudah tersedia. Namun, sekarang tinggal diri kita sendiri sajalah yang memilih, apakah kita benar-benar menguasai bahasa Inggris atau tidak.

Sekalipun ada banyak metode belajar bahasa Inggris yang cepat dan menyenangkan.

Sekalipun ada situs squline.com yang memberikan kemudahan pembelajaran bahasa Inggris melalui kursus online.

Semua tidak akan berpengaruh sedikitpun jika kita sendiri enggan untuk benar-benar serius memanfaatkannya.

Terimakasih.

Source : Squline.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s