Jangan Tertipu, Ini 7 Trik Restoran Fast Food Biar Kamu Beli Terus

Saat ini, persaingan bisnis kuliner semakin ketat. Kafe dan restoran modern menjamur di kota-kota besar. Dengan keadaan seperti ini, gerai fast food seperti McDonald’s dan KFC dengan menu yang cenderung monoton tetap merajai pasar dan makin diminati.

Padahal outletnya sangat banyak dan seringkali berdekatan. Tapi mereka tetap bisa meraup omset gila-gilaan di tiap cabang. Hal ini tentunya gak lepas dari trik promosi yang dilakukan pengelola untuk menarik pengunjung, seperti 7 hal ini misalnya:

1. Kupon gratis yang sebenarnya bikin kamu bayar lebih mahal

Jangan Tertipu, Ini 7 Trik Restoran Fast Food Biar Kamu Beli TerusYouTube.com

Kita pasti pernah mendapatkan kupon makan gratis di restoran cepat saji, kan? Ternyata ada trik tersimpan di baliknya yang tidak kita sadari.

Bisa jadi kamu awalnya tidak berniat makan di sana, tapi mumpung dapat kupon gratis, akhirnya kamu berpikir tidak ada ruginya kalau dihabiskan. Padahal jenis kupon biasanya dibuat hanya untuk satu tipe, misal makanan saja atau hanya minuman. Misalkan kamu dapat kupon khusus minum, otomatis kamu harus tetap membeli makannya, kan?

2. Embel-embel “limited edition”

Jangan Tertipu, Ini 7 Trik Restoran Fast Food Biar Kamu Beli Terusstephenconroy.com

Alasan kenapa McDonald’s sering mengeluarkan menu baru untuk menarik pembeli. Daya tariknya bisa naik dua kali lipat ketika ada embel-embel “limited edition” atau “hanya bulan ini saja”. Kamu yang tidak ingin menyesal saat promonya berakhir, pasti ingin cepat datang ke sana, kan?

3. Promo paket murah

Jangan Tertipu, Ini 7 Trik Restoran Fast Food Biar Kamu Beli TerusEater.com

Sama seperti kupon gratis, alasan restoran cepat saji mengadakan promosi dan paket murah adalah supaya orang datang. Siapa yang gak senang kalau lihat tulisan paket burget, kentang, dan minum hanya dibanderol Rp 25 ribu?

Padahal keuntungan yang didapat jelas lebih sedikit kalau dibandingkan harga normal. Tapi taktik mereka adalah yang penting pelanggan datang terlebih dahulu. Setelah mereka masuk, maka restoran akan melakukan trik lainnya agar seseorang mau menghabiskan lebih banyak uang untuk makan.

4. Kekuatan gambar yang bikin ngiler

Jangan Tertipu, Ini 7 Trik Restoran Fast Food Biar Kamu Beli Terussafaribooksonline.com

Saat pelanggan datang karena tertarik dengan paket promo murah, bisa jadi mereka berubah pikiran karena melihat papan menu di kasir. Kalau kamu perhatikan, menu dengan harga lebih mahal terlihat sangat menggiurkan dibanding gambar paket promo.

Seringkali ukuran gambarnya lebih besar dengan deskripsi menu yang lengkap, sedangkan paket murah ditulis biasa saja. Apalagi harga dua menu tersebut gak jauh beda, dijamin banyak yang pindah hati. Siapa saja nih yang pernah jadi korban gambar?

5. “Ada tambahan lain, kak?”

Setelah selesai menyebutkan kembali pesananmu, kasir biasanya bakal bertanya “Ada tambahan lain, Kak?” atau “Mau sekalian kentangnya?”

Bukannya asal, tapi hal ini adalah taktik psikologi dalam penjualnnya. Studi di Eastern Illinois University menyebutkan, seseorang akan 85 persen lebih tertarik atau susah menolak ketika ditawari secara langsung

6. Menawarkan upgrade size dengan harga murah yang aslinya gak murah

Jangan Tertipu, Ini 7 Trik Restoran Fast Food Biar Kamu Beli TerusFactRetriever

Beberapa menu fast food  biasanya dijual “terpisah”. Seringkali kamu harus membayar lebih untuk bumbu BBQ kentang goreng, tambahan topping untuk es krim, atau saus spesial.

Pernahkah kalian berpikir kenapa mereka tidak menjual makanan tersebut secara langsung dan justru harus upgrade? Sederhananya begini, saat kamu es krim biasa dengan harga Rp 7 ribu dan ada yang menawarkan “Mau sekalian nambah saus karamel kak? Cuma Rp 2 ribu, lho!” Kira-kira terdengar mahal atau murah? Dibandingkan “Mau beli es krim karamel, kak? Harganya cuma Rp 10 ribu, lho!”

7. Meraup keuntungan dari soft drinks

Jangan Tertipu, Ini 7 Trik Restoran Fast Food Biar Kamu Beli Teruslifegate.it

Harga cola bisa jadi murah, hanya Rp 10-15 ribu saja per gelas. Tapi justru salah satu pemasukan terbesar datang dari minuman. Alasannya, karena bahannya tidak mahal, tidak ribet peyajiannya, dan banyak disukai orang.

Saat bokek  tapi ingin tetap makan di McDonald’s, minimal menu yang dipesan adalah kentang goreng. Tapi kamu tetap butuh minum, kan biar gak tersedak saat makan kentang? Itulah alasan cola jadi salah satu item yang paling banyak terjual.

Kalau kamu, paling suka pesan apa ketika mampir ke gerai junk food?

Source : IDNTIMES.COM

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s