Cuma di Negara Ini Warga yang Pakai Listrik Dibayar

Jerman, IDN Times – Jika di Indonesia masyarakat masih menjerit karena tarif listrik yang tinggi, Jerman malah rela membayar masyarakat untuk memakai listrik. Penyebabnya hanya satu; Jerman surplus listrik. Banyak sumber energi terbarukan membuat Jerman kelebihan energi. Enak banget, kan?

1. Investasi di bidang energi terbarukan membuat produksi listrik berlebih. Bahkan harga listrik sempat di bawah 0 saat momen liburan akhir tahun

Cuma di Negara Ini Warga yang Pakai Listrik Dibayarifiscience

Dikutip dari Huffington Post, selama ini Jerman memang telah melakukan investasi besar-besaran untuk menghadirkan energi terbarukan. Karena jumlah energi yang dihasilkan berlebih, setiap rumah tangga dibayar untuk menggunakan listrik saat liburan.

Pasalnya, selama musim liburan, permintaan listrik rendah. Cuaca yang hangat di Berlin pada Natal dan hembusan angin yang kuat membuat energi yang dihasilkan pembangkit listrik tenaga angin cukup besar. Harga listrik terus-menerus turun bahkan di bawah 0.

Kejadian seperti ini memang bukan kejadian aneh di Jerman. Pada November 2017 lalu, harga listrik juga tenggelam. Dan kondisi ini terjadi lagi saat tahun baru 2018. Penambahan pembangkit tenaga uap dan juga nuklir membuat jumlah energi yang dihasilkan lebih besar.

2. Penggunaan listrik saat malam natal sebesar 42 ribu megawatt sejam. Nah, jumlah energi yang diproduksi sebanyak 53 ribu megawatt per jam. Di mana lebih dari 30 ribu megawatt bersumber dari pembangkit tenaga angin

Cuma di Negara Ini Warga yang Pakai Listrik Dibayarinhabitat

Sebuah situs data pasar tenaga listrik Jerman, SMARD melaporkan pada tengah malam di malam natal, konsumen menggunakan listrik 42 ribu megawatt per jam.

Sementara listrik yang dihasilkan dari pembangkit yang ada sebesar 53 ribu megawatt per jam. Di mana 30 ribu mega watt di antaranya dihasilkan dari pembangkit tenaga angin.

Karena Jerman belum menemukan cara untuk menyimpan energi terbarukan, mereka memilih untuk mematikan PLTU dan Pembangkit listrik tenaga nuklir saat sumber energi terbarukan tiba-tiba meningkat.

Untuk itu diperlukan juga pelanggan yang mengonsumsi lebih banyak listrik selama masa kelebihan pasokan itu. Atau energi itu harus diekspor ke daerah terdekat.

Nah, uang bayaran karena menggunakan listrik ini, tidak serta merta langsung diterima masyarakat. Tetapi akan menjadi deposit bagi warga dan memotong biaya tagihan sepanjang tahun.

Pemerintah Jerman juga telah berjanji untuk menghapus pembangkit tenaga nuklir 2022 dan 80 persen sumber energi berasal dari energi terbarukan pada tahun 2050.

3. Bahkan pada Maret 2017 lalu, produksi listrik dari pembangkit tenaga angin mencetak rekor hingga 38.370 megawatt per jam

Cuma di Negara Ini Warga yang Pakai Listrik Dibayarinhabitat

Dikutip dari Independent, hasil dari investasi energi terbaruka di Jerman mulai terlihat dari tahun ke tahun. Pada Maret tahun lalu, pembangkit listrik tenaga angin milik Jerman ini berhasil memproduksi 38.370 megawatt per jam. Angka yang cukup besar dan bisa menutupi lebih dari setengah kebutuhan masyarakat.

Kebijakan perusahaan membayar warga yang memakai listrik mulai terjadi pada tahun 2017. Pada Oktober, pembangkit listrik tenaga angin menciptakan lebih banyak energi ketimbang kebutuhan masyarakat. Pada bulan itu juga, sepanjang hari harga listrik di bawah 0.

Akhirnya, selain mematikan pembangkit listrik lain untuk mengurangi pasokan, mereka membayar warga agar menggunakan listrik. Memang kebijakan ini tidak berlaku setiap hari. Tapi kebijakan membayar warga yang menggunakan listrik ini meringankan beban masyarakat.

Karena secara tidak langsung, semakin banyak listrik yang digunakan saat kebijakan ini digulirkan, maka semakin besar nilai potongan yang didapat pada tagihan yang akan diterima.

Source : IDNTIMES.COM

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

2 comments

  1. Saya kerja di salah satu Perusahaaan pemasok listrik di Indonesia timur, karyawan yang tinggal di lingkungan pemasok listriknya pastinya listrik yg digunakan gratis, tapi terkadang kasian juga jika melihat pembayaran pemakaian listrik RT dil luar sana, mereka harus rela menyisihkan uang ratusan ribu perbulannya. mudah-mudahan kedepannya di negeri kita juga mampu menghasilkan energi listrik terbaru.

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s