Daya Ingat Menurun? Baca Ini!

Semakin bertambahnya usia seseorang terkadang dapat membuat daya ingatnya menurun. Namun ternyata tidak semuanya demikian. Karena ternyata daya ingat manusia menurun dapat disebabkan oleh beberapa hal misalnya dengan kurangnya istirahat atau waktu tidur, depresi, atau terdeteksi penyakit penyakit tertentu seperti tiroid dan diabetes. Kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 serta sering mengkonsumsi alkohol dan juga obat-obatan terlarang merupakan contoh pola hidup tidak sehat yang dapat mempengaruhi daya ingat kita.

Untuk itu, meningkatkan daya ingat sangat diperlukan sebagai faktor pendukung kita menjalani kegiatan sehari-hari. Apalagi untuk kalian yang masih berjuang di dunia pendidikan seperti pelajar dan mahasiswa. Kalian harus memiliki daya ingat yang baik agar mudah memahami dan mengingat materi atau pelajaran yang telah diajarkan. Bagaimana caranya? Kita simak saja yang berikut ini.

1. Terus Melatih Otak dengan Belajar
Jangan berhenti melatih otak kalian dengan terus belajar. Carilah topik yang menarik serta sesuai dengan minat kalian sehingga kalian tidak cepat bosan. Carilah topik topik terbaru yang memungkinkan untuk dapat didiskusikan bersama teman-teman mahasiswa lainnya untuk melatih kalian berpendapat. Dengan membaca, mengikuti program kuliah, mendapat informasi di berbagai media seperti televisi dan internet tentu akan melatih otak secara berkelanjutan sehingga dapat mendatangkan hasil yang baik untuk perkembangan daya ingat kalian.

2. Jalin Hubungan Dengan Lingkungan Sekitar
Semakin baik perkembangan jiwa sosial kalian maka akan semakin baik pula untuk perkembangan otak kalian. Karena dengan mengisolasi atau mengurung diri dapat merusak banyak sistem tubuh. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah banyak dilakukan oleh para ahli telah menunjukkan bahwa otak dan jantung memiliki banyak keuntungan yang baik apabila individunya menjalin hubungan yang baik dengan keluarga atau orang orang disekitarnya. Misalnya dengan ikut berpartisipasi dalam sebuah kelompok yang terorganisir yang sesuai dengan kepentingan kalian sehingga dapat mengembangkan hubungan yang lebih erat.

3. Kembangkan Sebuah Kebiasaan Baru
Kembangkanlah sebuah kebiasaan yang baru dalam diri kalian yang dapat memicu timbulnya kekuatan baru untuk mencapai target kalian yang sudah kalian tetapkan. Misalnya dengan memikirkan beberapa ide baru yang tidak biasa kalian lakukan untuk melatih otak dan membantu meningkatkan daya ingat kalian.

4. Latih Pula Otak dengan Permainan
Selain melatih otak dengan belajar, kalian juga dapat mencoba melatih otak dengan memainkan beberapa permainan yang dapat membangkitkan kemampuan intelektual kalian sekaligus juga dapat berkontribusi untuk hubungan sosial yang lebih baik. Semakin kalian menggunakan keistimewaan otak maka semakin kalian membantu daya ingat kalian tetap baik dan fresh. Beberapa permainan yang baik untuk melatih otak ialah teka-teki silang, catur, karambol, dan masih banyak lagi. Dengan memainkan permainan tersebut, kalian tidak hanya dapat melatih otak namun juga memberikan hiburan untuk diri kalian sendiri.

5. Berolah Raga
Dengan rajin berolah raga terbukti dapat meningkatkan sistem peredaran darah dalam tubuh kita. Meskipun hanya berolah raga yang ringan seperti berjalan cepat saja nyatanya dapat meningkatkan kinerja jantung dan oksigenasi otak asalkan dilakukan dengan rutin. Tidak perlu berolah raga yang terlalu berat untuk menyehatkan tubuh, karena dikhawatirkan malah akan memberatkan dan membebani diri kalian sendiri yang memaksakan untuk melakukannya. Manfaat dari olah raga yang teratur dapat memberikan pengaruh yang positif pada banyak sistem tubuh, khususnya daya ingat serta kemampuan kognitif lainnya. Olah raga yang tidak terlalu berat namun bermanfaat bagi tubuh diantaranya berjalan kaki, berenang, dan bersepeda.

6. Konsumsi Makanan yang Bergizi
Mengkonsumsi makanan yang bergizi setiap hari dapat memberikan pengaruh yang baik pada kinerja dan kondisi daya ingat kita dalam jangka panjang. Banyak survey yang telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat meningkatkan fungsi sirkuit syaraf dari otak yang mengontrol daya ingat kita. Makanan tersebut ialah yang banyak mengandung vitamin serta kaya akan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh sistem syaraf. Asupan vitamin yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh yang bisa kalian dapatkan dari berbagai sayuran dan buah buahan. Beberapa contoh makanan yang dapat meningkatkan daya ingat kita diantaranya: bayam, kubis, selada, brokoli, kembang kol, buah-buahan, berbagai macam berry, buah delima, kacang kacangan, salmon, sarden, mackerel, minyak zaitun, minyak nabati, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitulah beberapa cara yang dapat kalian coba untuk meningkatkan daya ingat kalian. Daya ingat yang baik dapat meningkatkan daya kerja atau performa kita ketika bekerja sehingga suatu individu dapat menjadi lebih produktif. Ketika daya ingat kita meningkat, kita pun juga menjadi lebih fokus saat belajar dan mengerjakan tugas yang kita dapatkan.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s