10 Universitas Terbaik untuk Lanjut Studi di Thailand

Selain suguhan alamnya yang elok, ternyata anggota negara Asia Tenggara yang beribukota di Bangkok ini juga cukup kokoh di bidang pendidikan. Misalnya, salah satu universitasnya menduduki peringkat ke-50 terbaik untuk regional Asia. Oleh sebab itu, agaknya melanjutkan studi ke negeri gajah putih ini layak dipertimbangkan, nih.

Apalagi, beberapa universitas di Thailand bahkan menawarkan beasiswa untuk mahasiswa asing yang berasal dari negara ASEAN. Kemiripan sosial-ekonomi sebagai sesama negara berkembang pun tampaknya menyodorkan ilmu yang lebih implementatif ketika merealisasikannya sekembalinya ke Indonesia kelak. Selain itu, lokasinya terbilang cukup dekat dengan Indonesia serta biaya hidup yang tak semahal di negara lainnya.

Nah, dilansir dari laman topuniversities.com, berikut deretan 10 universitas terbaik di Thailand berdasarkan QS Asia University Rangkings 2018. Tuh, berminat lanjutkan studimu ke sana?

1. Chulalongkorn University
Institusi pendidikan tertinggi tertua di Thailand ini mulanya didirikan oleh pemerintahan Raja Chulalongkorn sebagai Sekolah Abdi Kerajaan pada 1902 silam. Dan telah jauh berkembang hingga menjadi Chulalongkorn University sejak 26 Maret 1917, nih.

Universitas yang berlokasi di Pathum Wan, Bangkok ini memiliki sekitar 37 ribu mahasiswa yang dipilih dengan begitu selektif secara nasional untuk melanjutkan studi di sembilan belas fakultas. Mulai dari Faculty of Arts, Faculty of Education, Faculty of Medicine, hingga Faculty of Sports Science.

Selain itu, terdapat tiga kolese yaitu College of Population Study, College of Public Health Sciences, dan The Petroleum and Petrochemical College. Tak hanya itu, terdapat empat belas institut, dan belasan pusat studi lainnya yang ditawarkan oleh universitas dengan lagu universitas ‘Maha Chulalongkorn’ ini, lho.

2. Mahidol University
Mahidol University yang menampung sekitar 24 ribuan mahasiswa ini menawarkan tujuh belas fakultas mulai dari Faculty of Engineering, Faculty of Information and Communication Technology, Faculty of Liberal Arts, hingga Faculty of Tropical Medicine.

Kemudian, juga terdapat enam kolese seperti College of Music, College of Religious Studies, hingga Mahidol University International College. Tak ketinggalan, lima pusat studi seperti National Doping Control Center hingga National Laboratory Animal Center juga disediakan oleh universitas yang mulanya didirikan sebagai University of Medical Science pada1943 silam ini.

Pantas saja QS World University Rangkings 2015 bahkan menobatkan Mahidol University sebagai 100 universitas terbaik di dunia untuk bidang kedokteran, ya.

3. Thammasat University
Universitas tertua kedua di Thailand ini resmi menjadi universitas nasional sejak 27 Juni 1934 dimana sebelumnya bernama University of Moral and Political Science Act. Thammasat University menampung sekitar 33 ribu mahasiswa mulai dari jenjang sarjana hingga doktoral.

Nah, universitas yang berlokasi di Phra Nakhon, Bangkok ini menawarkan lebih dari 240 program studi yang tersebar di 23 fakultas dan kolese di dua kampus utama dan empat kampus regional. Walaupun awalnya hanya berfokus pada bidang politik dan hukum, akan tetapi Thammasat University kini sudah maju pesat dengan variasi rumpun ilmu yang ditawarkannya.

4. Chiang Mai University
Universitas yang berlokasi Thailand utara ini didirikan sejak 8 Juni 1964. Chiang Mai University memiliki mahasiswa sekitar 35 ribu mulai dari jenjang sarjana hingga doktoral.

Terdapat 20 fakultas yang dapat dipilih oleh calon mahasiswanya mulai dari Faculty of Agriculture, Faculty of Architecture, Faculty of Dentistry, hingga Faculty of Mass Communication. Selain itu, Chiang Mai University yang merupakan universitas provinsi pertama di Thailand ini juga menyediakan satu kolese yaitu College of Arts and Media Technology, lho.

Tak ketinggalan, juga ada tiga institut yang ditawarkan, nih. Misalnya Energy Research and Development Institute, Research Institute for Health Sciences, dan Social Research Institute.

5. Kasetsart University
Kasetsart University adalah universitas agrikultural pertama di Thailand yang didirikan sejak 2 Februari 1943. Universitas ini bahkan menduduki peringkat ke-29 untuk rumpun ilmu Agriculture and Forestry berdasarkan QS World Rangking University 2017, lho. Dan, universitas yang berlokasi di Chatuchak, Bangkok ini menampung jumlah mahasiswa yang terbilang banyak yaitu sekitar 72 ribu.

Terdapat lebih dari 20 fakultas di universitas bermaskot ‘Nontri tree’ ini. Misalnya Faculty of Forestry, Faculty of Fisheries, Faculty of Veterinary Technology, Faculty of International Maritime Studies, hingga Faculty of Natural Resources and Agro-Industry. Tak hanya itu, Kasetsart University juga menawarkan beragam pilihan program studi dalam International Programmes untuk jenjang sarjana dan pasca sarjana, lho.

6. King Mongkut’s University of Technology Thonburi
Universitas yang berlokasi di Bang Mot Country, Thung Khru, Bangkok ini didirikan pada 18 April 1960 silam. Terdapat beragam program studi yang ditawarkan oleh universitas yang berfokus pada bidang teknik dan teknologi ini. Misalnya di School of Architecture and Design yang berdiri sejak 1995 tersebut menawarkan program studi Architecture, Interior Architecture, dan Industrial Design.

Selain itu, juga terdapat banyak program studi lain yang dikelola oleh universitas ini dan tersebar dibawah naungan Faculty of Science, The School of Information and Technology, Institute of Field Robotics, The School of Liberal Arts, hingga The Pilot Plant Development and Training Institute and The Industrial Park.

7. Khon Kaen University
Khon Kaen University didirikan sejak 25 Januari 1966. Universitas ini menampung sekitar 34 ribu mahasiswa yang menempuh studi di tujuh belas fakultas mulai dari Faculty of Law, Faculty of Veterinary Medicine, Faculty of Humanities and Social Sciences, hingga Faculty of Business Administration and Accountancy.

Tak hanya itu, universitas yang berlokasi di Khon Kaen ini juga menawarkan tiga kolese seperti College of Local Administration, College of Graduate Study in Management, dan International College. Selanjutnya, Khon Kaen University juga menjalin kerjasama dengan banyak universitas asing, lho. Mulai dari Kyoto University, National University of Singapore, hingga University of Georgia.

8. Prince of Songkla University
Nah, kalau Prince of Songkla Universtity merupakan universitas pertama di Thailand bagian Selatan. Universitas ini sanggup mengelola sekitar 34 ribu mahasiswa, nih. Terdapat lebih dari 20 fakultas yang ditawarkan oleh universitas tersebut dan tersebar di beragam lokasi kampus yang berbeda mulai dari Hat Yai hingga Pattani.

Misalnya, Faculty of Law, Faculty of Pharmaceutical Sciences, Faculty of Traditional Thai Medicine, hingga Faculty of Agro-Industry. Selain itu, juga disediakan beberapa kolese seperti College of Computing, International College of Arts and Sciences hingga College of Islamic Studies bahkan juga ada, lho.

Prince of Songkla University juga memiliki The Center of Excellence in Nanotechnology for Energy (CENE) yang didirikan sejak April 2012, lho.

9. King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang
Universitas ini berlokasi di distrik Lat Krabang, Bangkok dan memiliki tujuh fakultas seperti Faculty of Industrial Education, Faculty of Agricultural Technology, Faculty of Science, hingga Faculty of International College.

Nah, universitas yang didirikan sejak 1960 ini juga dilengkapi dengan pusat penelitian, lho. Misalnya Industry/University Cooperative Research Center in Data Storage Technology and Applications dan Research Center for Communication and Information Technology. Sesuai namanya, universitas ini memang lebih menitikberatkan pada bidang teknologi, nih.

10. Suranaree University of Technology
Suranaree University of Technology terletak di Nakhon Ratchasima Province dan didirikan sejak 27 Juli 1990. Universitas ini menampung sekitar 13 ribu mahasiswa mulai dari jenjang sarjana hingga doktoral. Dan, juga disediakan fasilitas asrama untuk mahasiswanya juga, lho.

Selain itu, universitas ini menawarkan beragam rumpun ilmu mulai dari arts, sciences, hingga technology. Terdapat total 45 program studi yang terbagi atas 21 program studi untuk jenjang sarjana dan 24 program studi untuk jenjang pasca sarjana. Nah, universitas ini menggunakan sistema trisemester untuk sekitar 13 minggu.

Nah, sudah menentukan pilihan belum mau lanjut studi di mana?

Sumber : Idntimes.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s