6 Rahasia Sukses Menjadi Mahasiswa Baru

Tahun ajaran baru akan segera dimulai, dan tak lama lagi mahasiswa-mahasiswa baru akan memadati kampus-kampus yang tersebar di seantero negeri ini. Mereka akan dilantik secara resmi sebagai seorang mahasiswa. Tapi ada hal yang mesti diingat bahwa kehidupan kampus sangat berbeda dengan kehidupan sekolah.

Selain sistem perkuliahannya, sistem atau tatanan kehidupan sosialnya juga bakal berbeda. Mau tidak mau kamu harus melakukan adaptasi agar tidak canggung dan sukses menjalani hari-harimu sebagai mahasiswa baru. Berikut beberapa rahasia sukses menjadi mahasiswa baru.

1. Gathering information
Pertama sekali, lakukanlah observasi mengenai lingkungan kamu terlebih dahulu. Bagaimana masyarakatnya, teman-teman kuliahnya, dosen-dosennya dan segala macamnya. Kumpulkanlah informasi sebanyak mungkin, sebab kalau kamu kurang banyak tahu yakinlah kamu akan kesusahan nantinya.

2. Mulai menempatkan diri
Selanjutnya adalah menjadi pribadi yang menyenangkan dan solutif. Jangan ragu untuk menawarkan bantuan kepada orang lain. Jadilah pendengar yang baik dan bersikaplah dengan santun dan bijak. Pandai-pandailah menempatkan diri, sebab kamu akan mudah mendapatkan teman jika pandai menempatkan diri.

3. Jadi diri sendiri
Tidak perlu menjadi orang lain. Tidak perlu ikut-ikutan orang kebanyakan. Kamu hanya perlu menjadi dirimu sendiri. Kamu punya ciri khas maka pertahankan ciri khas itu. Orang-orang akan lebih mudah mengingat seseorang yang khas ketimbang seseorang yang biasa saja. Tetaplah menjadi seorang pribadi yang baik.

4. Bergaul lah dengan baik
Bergaul lah dengan mahasiswa serta civitas akademika yang lain. Jangan pernah membatasi diri kamu. Tapi, jangan pernah melebur bersama orang-orang. Membaurlah tapi jangan melebur. Jagalah kepercayaan serta prinsip kamu. Orang yang memiliki pergaulan yang baik akan memiliki banyak teman, dan banyaknya teman akan membantu kamu selama kuliah bahkan setelah lulus nanti.

5. Konsentrasi dan fokus
Tujuan utama kita ke kampus adalah belajar dan mendapatkan gelar. Selain itu adalah tujuan sampingan. Jangan sampai yang sampingan justru menggeser yang utama. Kalau kejadian, bahaya jadinya. Maka kamu perlu konsentrasi dan fokus dalam belajar demi kebaikan kamu juga. Rancanglah jadwal belajar serta target-target akademis kamu dan berusahalah memenuhinya.

6. Aktif berprestasi
Mahasiswa yang baik adalah yang berprestasi di kampus. Hampir di setiap kampus biasanya ada ajang pemilihan mahasiswa berprestasi (mapres), ajang ini sangat bergengsi lho. Untuk bisa mendapatkannya kamu harus mengumpulkan prestasi-prestasi selama kuliah. Jadi, jangan cuma diam di kelas saja.

Nah, itulah rahasia sukses menjadi mahasiswa baru yang barangkali bisa kamu coba. Jadilah pelajar yang cerdas dan berprestasi. Semoga berhasil!

Sumber : Pelajar.me

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s