Ssst! 10 Trik Rahasia Android yang Belum Kamu Ketahui

Semakin canggihnya smartphone, semakin banyak hal yang mampu dilakukan benda yang satu ini. Terlebih untuk kamu pengguna Android, berbagai fitur bawaan hingga yang ditawarkan dari ribuan aplikasi pasti membawa banyak sekali kegunaan bagi smartphone.

Namun, sudahkah kamu mengeksplor berbagai trik rahasia yang bisa dilakukan smartphone Android? Beberapa trik yang jarang diketahui orang justru mempunyai manfaat yang gak kalah penting dengan fitur-fitur umum lainnya. Untuk itu, Jaka akan bagikan sepuluh trik rahasia Android yang jarang kamu ketahui, tapi berguna banget!

Ini 10 Trik Rahasia Android yang Belum Kamu Ketahui

1. Ganti Kegunaan Tombol Home

Kita tahu jika selama ini tombol home yang ada di posisi tengah bagian bawah smartphone punya fungsi untuk mengembalikan kita ke homescreen jika ditekan sekali. Ketika ditekan dalam waktu lama, tombol ini akan otomatis membawa kita ke Google Assistant.

trik-rahasia-android-1

Namun, kegunaan tersebut nyatanya bisa diubah. Dengan menginstal aplikasi HomeBot yang bisa didapatkan secara gratis di Play Store, kamu bisa mengubah fungsi tombol Home smartphone kamu dengan enam pilihan yang tersedia seperti launch berbagai aplikasi atau membuka website.

 

2. Nonton Video YouTube di Background atau Minimize

Hingga kini aplikasi video terpopuler YouTube belum memperbolehkan penggunanya untuk menonton video di background atau dengan kata lain me-minimize video sambil melakukan aktivitas lain atau multitasking.

trik-rahasia-android-2

Kamu ternyata bisa melakukannya dengan aplikasi Autobeat Player. Aplikasi ini memungkinkan video YouTube tetap dapat diputar meski sedang di-minimize. Selain itu, tersedia juga fitur untuk memodifikasi ukuran video dan meletakannya di bagian layar manapun agar bisa melakukan multitasking.

3. Kontrol Android dengan Smartphone Lain Tanpa Internet

Kamu ternyata bisa mengontrol smartphone Android kamu menggunakan smartphone lain atau bahkan handphone biasa. Hebatnya lagi, kamu bisa melakukannya tanpa perlu terkoneksi dengan internet.

trik-rahasia-android-3

Menggunakan aplikasi bernama Memote, kamu dimungkinkan untuk mengendalikan smartphone menggunakan handphone lain yang nomornya sudah terverifikasi di aplikasi tersebut. Cara mengendalikannya cukup simpel yaitu menggunakan SMS yang berbagai isi pesannya sudah diatur terlebih dulu di aplikasi.

4. Terima Notifikasi via PC

Mayoritas waktu dihabiskan di depan komputer sehingga jarang mengecek smartphone? Tenang, kamu bisa memindahkan segala notifikasi yang masuk ke PC kamu. Sehingga kamu gak perlu takut lagi ketinggalan informasi penting kiriman kerabatmu.

trik-rahasia-android-4

Caranya adalah menggunakan aplikasi Pushbullet. Aplikasi ini memungkinkan kamu mentransfer semua notifikasi yang masuk ke dalam smartphone ke PC yang kamu gunakan. Tapi jangan salah, aplikasi ini harus kamu instal di PC ya, bukan di smartphone.

5. Ubah Tingkat Kecepatan Animasi

Untuk melakukan trik ini, kamu harus menjadi developer bagi samrtphone Androidmu. Caranya dengan masuk ke menu Settings > About Phone > **Build Number **> tekan berulang sebanyak tujuh kali dan kamu akan mendapatkan status “Developer options enabled”.

trik-rahasia-android-5

Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan pengaturan untuk menyesuaikan tingkat kecepatan animasi yang kamu inginkan pada opsi “Transition animation scale“. Kamu bisa memilih apakah ingin menjadikannya lebih lembut atau tajam sesuai selera.

6. Gunakan Smart Lock

Masih mengunci smartphone dengan PIN atau password biasa? Kamu perlu coba menggunakan smart lock. Kamu bisa memilih mode penguncian smartphone yang lebih mudah tanpa harus mengetik atau memasukkan kode password.

trik-rahasia-android-6

Caranya dengan masuk menu Settings > Security > Smart Lock. Kamu kemudian bisa memilih lima varian smart lock seperti facial atau voice recognition, yang semuanya sama-sama memudahkan dan terkesan lebih canggih serta futuristik.

7. Kontrol PC dengan Android

Bosan berlama-lama di depan PC tapi masih butuh menggunakannya? Kamu bisa menjadikan smartphone Androidmu sebagai remote untuk mengontrol PC kamu.

trik-rahasia-android-7

Caranya dengan menggunakan aplikasi bernama Unified Remote. Aplikasi tersebut memiliki banyak fungsi antara lain sebagai mouse dalam PC, mengetik pesan pada PC, membuka file, hingga menyalakan dan mematikan PC.

8. Lindungi Mata Saat Membaca di Malam Hari

Membaca via smartphone di malam hari kadang bisa berdampak kurang baik. Apalagi jika kadar cahayanya terlalu terang, mata akan terasa lebih cepat lelah. Kamu bisa melindungi mata dari ancaman tersebut dengan cara yang terbilang mudah.

trik-rahasia-android-8

Dengan menggunakan aplikasi Twilight, kamu bisa mengaktifkan mode redup cahaya yang membuat mata kamu lebih nyaman ketika membaca di Android pada malam hari. Tak hanya itu, kamu bisa mengatur waktu agar mode tersebut aktif secara otomatis dan juga bisa mengatur tingkat keredupan cahaya senyaman mata kamu butuhkan.

9. Browser Spesialis Multitasking

Kamu orang yang mobile dan senang multitasking? Maka kamu membutuhkan sebuah browser yang bisa mengakomodir kebutuhan kamu. Sebuah browser yang memungkinkan kita untuk tetap multitasking dan tetap fokus pada laman web penting yang ingin dikunjungi.

trik-rahasia-android-9

Kamu butuh browser bernama Flynx. Browser ini sangat memudahkan aktivitas multitasking. Selain itu, browser ini bisa memangkas konten-konten gak penting dan gak berhubungan dengan yang kamu cari sehingga gak akan membuang waktu.

10. Akses Hard Drive PC via Android

Butuh file penting yang hanya ada di PC kamu? Padahal saat itu kamu sedang ada di luar dan gak ada orang lain di rumahmu. Tenang aja, karena kamu tetap bisa mengakses data yang ada di hard drive PC kamu dengan smartphone Android.

trik-rahasia-android-10

Caranya dengan menggunakan aplikasi WiFi PC File Explorer. Aplikasi ini akan menyambungkan PC dengan Android kamu sehingga kapan saja kamu butuh data yang ada di PC, kamu bisa mengambilnya melalui smartphone Android.

Source : Jalantikus.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s