Tips Menyelesaikan Tugas Tepat Waktu untuk Mahasiswa yang Aktif Berorganisasi

Menjadi seorang mahasiswa pastinya memiliki banyak kesibukan serta tanggung jawab yang besar bagi dirinya, keluarga, dan lingkungan. Selain mengikuti perkuliahan, mahasiswa juga biasanya disibukkan dengan kegiatan organisasi, baik dalam atau luar kampus, juga komunitas-komunitas tertentu. Sementara mahasiswat juga memiliki kewajiban untuk menyelesaikan tugas perkuliahan yang setiap minggunya pasti menumpuk. Berikut adalah tips agar mahasiswa aktif dapat menyelesaikan tugas tepat waktu dan mengikuti kegiatan organisasi dengan lancar:

1. Buat To-Do List
To-do list yang efisien adalah daftar yang mencakup tugas-tugas dan kegiatan yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Pertimbangkan kapan dan berapa banyak waktu yang bisa dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Agar kegiatan organisasi tetap bisa diikuti setelah tugas selesai. Tugas yang lebih penting tempatkan pada peringkat yang tinggi atau teratas dalam daftar.

2. Buat Rencana SMART (Spesific-Measurable-Achievable-Reasonable-Timeline)
Rencanakan untuk menyelesaikan tugas yang paling sulit di awal setiap minggu sehingga Anda bisa santai di akhir minggu atau sebelumnya. Biasanya setiap mata kuliah memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pergunakan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas mata kuliah yang Anda anggap sulit sehingga beban tugas-tugas yang selanjutnya akan terasa semakin mudah dan cepat terselesaikan. Pada akhirnya Anda bisa menghabiskan akhir pekan dan hari libur untuk beristirahat atau bersenang-senang dengan teman setelah lelah dan stress karena menyelesaikan tugas di hari-hari sebelumnya.

3. Kenali waktu dimana Anda lebih produktif
Tentu mahasiswa juga memerlukan waktu senggang untuk berkumpul dengan teman, pergi ke tempat wisata, melakukan hobby, dan lain-lain. Dengan asumsi, Temukan periode waktu dimana Anda dapat lebih produktif dan cobalah untuk menagani tugas yang paling sulit pada saat itu.

4. Jangan pernah menunda
Jangan pernah menunda untuk mengerjakan tugas karena Anda mungkin akan merasa tertekan dengan waktu yang sedikit dan hasil tugas yang kurang memuaskan. Pada akhirnya akan berpengaruh dengan transkrip nilai Anda. Meskipun Anda merasa sibuk dengan kegiatan organisasi, luangkan waktu 1 – 2 jam untuk mengerjakan tugas. Meskipun pada saat itu tugas belum terselesaikan namun setidaknya beban terasa ringan daripada belum mengerjakannya sama sekali.

5. Selalu rencanakan waktu untuk kegiatan yang tidak terduga
Revisi rencana kegiatan Anda dan alokasikan waktu untuk hal-hal yang tidak terduga, seperti masalah dengan PC, rapat organisasi yang mendadak, adanya kelas tambahan, dan lain sebagainya.

Jangan jadikan kegiatan organisasi sebagai alasan untuk tidak mengerjakan tugas perkuliahan. Meskipun memang berorganisasi sangat penting bagi mahasiswa, namun tugas utama mahasiswa adalah belajar. Begitu juga sebaliknya, mahasiswa yang berfokus hanya pada perkuliahan tanpa mengikuti organisasi, tidak akan memiliki pengalaman sosial dan mengasah kemampuan leadership. Karena hal tersebut sangat penting ketika mahasiswa akan terjun ke dunia profesional nanti. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s