Pendaftaran Sudah Dekat, Ini 5 Keuntungan Jika Kamu Lulus Jalur SNMPTN

Semester gasal pada tahun ajaran 2017/2018 sudah menyapa. Terkhusus kelas XII tentunya semester terakhir di bangku sekolah menengah atas ini menjadi momen yang akan membekaskan kesan mendalam.

Misalnya saja mereka akan dihadapkan pada Ujian Nasional serta seleksi masuk perguruan tinggi seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nah, jalur masuk universitas yang satu ini menggunakan penelusuran minat dan bakat melalui prestasi yang diukir selama mengenyam bangku sekolah.

Kesempatan tersebut tentunya tak boleh dilewatkan bagi kamu yang memang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Terutama sekali bagi kamu yang memang lebih memilih untuk bersaing melalui nilai akademik, bukan tes tertulis seperti dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Yuk, simak keuntungan berikut jika kamu lulus melalui jalur SNMPTN!

1. Kamu terbebas dari ujian tulis dengan tingkat persaingan yang jauh lebih kompetitif
Jalur SNMPTN memang lebih mengedapankan pencapaian akademik yang tertera di laporan hasil belajarmu dalam setiap semesternya. Selain itu, deretan prestasi ekstrakulikuler pun turut menyumbang untuk penilaianmu terhadap jurusan dan universitas yang kamu pilih.

Nah, jika kamu lulus lewat jalur ini, kamu akan terbebas dari ujian tulis seperti SBMPTN yang menuntutmu untuk lebih ekstra berjuang. Waktumu akan lebih intensif dipergunakan untuk latihan soal, staminamu harus prima supaya tidak drop saat tes, persaingan yang lebih kompetitif, dan bahkan dana yang dikucurkan untuk membiayai bimbel persiapan masuk universitas pun terbilang cukup memberatkan bagi sebagian kalangan.

2. Kamu berkesempatan mempersiapkan kebutuhan perkuliahan lebih dini
Dinyatakan lulus jalur SNMPTN tentunya memberimu waktu yang lebih lapang untuk mengemasi persyaratan untuk registrasi ulang ke universitas tujuan. Serta keperluanmu pribadimu sebagai seorang calon mahasiswa barupun dapat kamu persiapkan dengan tidak terburu-buru hingga masa perkuliahan dimulai.

Wajar saja, sebab pengumuman hasil SNMPTN dikeluarkan sebelum SBMPTN dimulai. Ini tentu cukup menguntungkan sebab kamu yang berdomisili jauh dari lokasi universitas tujuanmu akan lebih leluasa untuk mengakomodasi keperlan hidupmu disana kelak seperti mencari kost, berburu tiket dan lainnya.

3. Target masa depanmu berada satu tahap lebih terarah
Sederhananya, kamu sudah dapat sedikit lega sebab telah memiliki ‘genggaman’ ketika dinyatakan lulus SNMPTN. Kamu sudah selangkah lebih awas dengan cita-citamu. Pun jika kamu lulus di jurusan yang bukan menjadi prioritasmu, tetap saja setidaknya kamu sudah berada di posisi yang terbilang cukup aman dibandingkan dengan rekanmu yang belum seberuntung dirimu.

Oleh sebab itu, bersyukurlah. Kamu juga selayaknya bijaksana dalam memilih jurusan dan universitas ketika mendaftar SNMPTN. Sesuaikan dengan minat, bakat, dan capaian akademikmu juga ya.

4. Kamu menjadi benang merah untuk alumni sekolahmu atau bahkan seorang pelopor
Terdapat beragam faktor yang menjadi pertimbangan oleh tim penyeleksi selain prestasi akademik. Misalnya alumni sekolahmu di universitas bersangkutan lengkap dengan capaian akademiknya selama menjadi mahasiswa, akreditasi sekolah asal, asal sekolahmu, dan banyak lainnya.

Sehingga, jika kamu dinyatakan lulus SNMPTN, maka kamulah pemegang tongkat estafet selanjutnya untuk tahun ajaran yang baru ini setelah kakak kelasmu juga berhasil menembus ketatnya seleksi di universitas tersebut pada tahun sebelumnya. Atau bahkan kamu adalah siswa pertama dari sekolahmu yang sukses mengalahkan ribuan pesaing untuk masuk ke universitas itu.

Imbas positifnya, adik kelasmu tentu akan mencicipi capaian prestasimu tersebut. Bukan tidak mungkin bahwa universitas bersangkutan akan semakin melirik bibit-bibit unggul dari sekolahmu. Apalagi jika alumni sekolah itu juga mendulang prestasi di kampusnya.

5. Pastinya, ini adalah pencapaian membanggakan atas perjuanganmu
Apapun jurusan dan universitas yang kamu pilih, pastinya kamu adalah sosok yang terbaik untuk bergabung bersama calon mahasiswa lain menurut penilaian universitas tersebut. Sebab kamu harus bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan siswa dari seluruh Indonesia.

Sehingga wajar saja jika tak hanya kamu yang merasa bangga, tapi juga orangtuamu, bahkan sekolahmu. Perjuanganmu selama ini membuahkan hasil yang manis. Namun, tetaplah rendah hati. Jangan malah menjadi sombong dan meremehkan teman-temanmu yang belum rezeki untuk lulus melalui jalur SNMPTN.

Bisa jadi jalur ini adalah yang terbaik bagimu, dan jalur lain adalah yang terbaik untuk temanmu. Tetap dukung teman-temanmu, ya. Berjuanglah bersama untuk menggapai cita-cita!

Sumber : Idntimes.com

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s