Nasib Wisatawan dari Yogya Karena Ikuti Google Maps

Nasib kurang beruntung dialami Zain Johansyah, wisatawan asal Yogyakarta. Dia bersama rombongan tersesat saat mengikuti petunjuk jalan dari aplikasi peta di ponselnya.

Dia bersama rekan-rekanya ingin melihat sunrise di Bukit Sikunir, Kabupaten Wonosobo, Rabu (27/12/2017). Namun justru tersesat, mobil yang dikendarainya macet di jalan desa yang sempit dan berlumpur di Desa Sitiharjo Kecamatan Garung, Wonosobo.

Ia bersama rekan-rekannya hendak melihat sunrise di Bukit Sikunir. Ia sangaja berangkat pada Selasa malam hari agar saat tiba di puncak Bukit Sikunir, Rabu pagi hari.

Namun, karena tidak tahu jalan Zain menggunakan applikasi peta yang ada di ponsel pintar miliknya. Tetapi tidak disangka, aplikasi penunjuk jalan justru mengantarkannya ke jalan tanah yang sempit hingga tidak bisa memutar balik.

Bingung dengan kondisi yang dialaminya, Zain kemudian menghubungi polisi Wonosobo menggunakan nomor call center Polres Wonosobo. Polisi kemudian meresponnya dan diminta untuk membagikan lokasi ia berada. Polisi bersama warga datang menolongnya.

Jalan setepak di desa tersebut sangat sempit dan hanya bisa dilalui satu mobil saja. Itu bukan jalan beraspal atau berbatu, namun benar-benar jalan tanah berlumpur. Di kanan dan kiri jalan itu hanya tebing dan jurang serta tanaman tegalan.

“Mobil kemudian didorong mundur oleh polisi dan warga sekitar, karena tidak ada tempat putar balik,” ujar Paur Humas Polres Wonosobo, Bripka Nanang melalui sambungan telepon Rabu (27/12/2017).

Berdasarkan keterangan warga setempat, kejadian tersebut bukan pertama kali. Sebelumnya beberapa wisatawan yang hendak ke Sikunir juga tersesat di Desa Sitiharjo Kecamatan Garung Wonosobo.

Nanang mengimbau kepada wisatawan agar tidak percaya sepenuhnya pada aplikasi tersebut. Sebab, kondisi geografis Wonosobo yang berbukit-bukit membuat sinyal ponsel terganggu.

“Lebih baik tanya sama petugas polisi yang berjaga. Karena untuk libur panjang ini 2/3 anggota ditugaskan untuk berjaga di berbagai titik,” imbaunya.

Source : Detik.com

(Judul Asli : Gara-gara Aplikasi Peta, Wisatawan Yogya Tersesat di Wonosobo)

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s