TURKI: Kenapa Kamu Harus Kuliah di Turki!

Dengan sistem pendidikan dasar yang sudah diatur secara matang dan diprioritaskan, Turki tentu memiliki kredibilitas yang tinggi pada level universitasnya. Tak heran apabila Turki banyak menjadi incaran bagi mahasiswa-mahasiswa yang datang dari berbagai negara di belahan dunia untuk mengenyam pendidikan sarjana, master hingga doktor.

Tapi, adakah alasan lain yang menjadikan Turki begitu menarik untuk dijadikan sebagai tempat belajar?  Jawabannya, tentu ada! Mari kita simak ulasan berikut ini.

Turki sangat multikultural

Dengan letaknya yang berada di benua Asia dan Eropa, Turki pun menjadi negara yang memiliki banyak budaya, diantaranya adalah budaya barat dengan budaya Timur. Hal ini tentu menjadikan pendatang-pendatang yang tinggal di Turki dapat memilih budaya mana yang akan mereka ikuti yang sesuai dengan budaya dirinya, sehingga tidak mudah terjadi culture shock. Sudah lebih dari 30.000 orang datang ke Turki untuk mengenyam pendidikan di Turki selama beberapa tahun yang berasal dari berbagai negara, seperti negara-negara Eropa, Afrika, Amerika, Australia hingga Asia yang salah satunya adalah Indonesia.

Negara yang ramah dan aman

Kamu takut dengan perbedaan culture tentang simpati ataupun keramahan penduduk di negara lain? Pergilah ke Turki. Kamu akan menemukan penduduk-penduduk yang ramah layaknya di Indonesia. Apalagi, jika kamu menunjukkan rasa ingin mengenal lebih dekat yang juga disertai empati yang tinggi kepada mereka. Selain itu, tingkat kriminalitas di Turki juga terbilang rendah. Aman dalam segala kondisi waktu dan keadaan, namun bukan berarti kamu tidak harus waspada menjaga diri, ya.

Panorama alamnya mempesona

Kalau kamu kuliah di Turki, kamu nggak perlu jauh-jauh untuk refreshing. Rasanya, setiap sudut Turki menyisakan cerita tersendiri dan pastinya menjadi spot yang bagus untuk berfoto.

Terlebih lagi, di Turki cukup banyak tempat wisata baik sifatnya wisata sejarah, wisata rohani hingga wisata alam. Nah, wisata alam ini yang menjadi unggulan Turki, seperti pantai dan laut, pegunungan, hingga bukit  bebatuan.

Unik dan menarik

Masih ragu kuliah di Turki? Negara ini menyimpan banyak keunikan dan hal-hal yang menarik, lho. Misalnya, Turki yang punya Istanbul,  kota terbesar di dunia dan satu-satunya kota yang berada di dua benua. Ada juga landmark Turki yang megah, Blue Mosque ataupun Hagia Sophia. Mau berwisata alam? Datang saja ke laut hitam atau mediterania, atau pergi menaiki balon udara di Cappadocia.

Masih ragu tinggal di kota unik dan menawan? Itung-itung bisa merefresh mood dan pikiran kamu kalau lagi jenuh sama tugas kuliah, lho.

Selain mewah, negara ini juga kaya sejarah

Turki itu layaknya museum terbuka yang wujudnya sangat luas. Hampir setiap sudut Turki memiliki sejarah tersendiri terhadap peradaban masyarakat dunia pada masa lampau. Salah satunya adalah rekam jejak dari bangsa Yunani, Romawi, hingga Ottoman.

Di Turki, terdapat kurang lebih 13 warisan sejarah yang diakui oleh dunia sebagai warisan budaya. Adapun pengakuan tersebut telah disahkan oleh UNESCO, yang khusus menangani persoalan warisan budaya di dunia.

Makanannya enak-enak

Bahan masakan Turki terkenal dengan rempah-rempahnya yang kuat. Di luar itu, bahan pokok yang tersedia di Turki pun mudah didapat, mulai dari sayuran, seafood, makanan kering, hingga makanan-makanan western seperti roti, keju dan susu.

Jangan lupa juga hidangan kebab dan kue-kue gurih lainnya yang bisa kamu temukan dengan mudah di sudut-sudut jalanan Turki yang indah itu.

Iklimnya tidak ekstrim

Nggak seperti Rusia, iklim Turki cenderung aman dan tidak ekstrim. Jika musim panas, tarafnya masih terhitung ringan, tidak sampai menyebabkan kekeringan. Bahkan sesekali muncul di Turki musim panas yang dingin, yaitu musim panas yang diikuti dengan cuaca normal dan cenderung sejuk.

Ada juga musim dingin di Turki yang sifatnya basah, dimana pada beberapa kesempatan juga pernah diturunkan salju.

Standar Pendidikannya Tinggi

Karena memiliki kemajuan di dunia global, Turki juga terus meningkatkan daya saingnya dalam bidang pendidikan. Pemerintah Turki telah menaikkan anggaran pendidikannya bahkan terus memperbaiki sistem pendidikan yang berlaku untuk mencapai hasil yang terbaik.

Upaya tersebut tidak sia-sia. Turki seakan memiliki magnet tersendiri bagi mahasiswa asing yang ingin belajar kesana. Universitas-universitas di Turki pun semakin banyak yang membuka jurusan khusus berbahasa Turki dalam kegiatannya, yang tentunya memudahkan mahasiswa luar negeri untuk bisa belajar kesana.

Biaya hidup terjangkau

Dibandingkan dengan negara-negara Eropa lainnya, biaya kuliah serta biaya hidup di Turki terbilang paling terjangkau. Murahnya memang tidak seberapa, tetapi jika dibandingkan dengan kualitas yang sudah dipatenkan, rasanya menjadi sangat efisien. Bahkan, pemerintah Turki juga menyediakan beasiswa yang tidak hanya mencakup biaya kuliah, melainkan juga biaya akomodasi, asuransi dan biaya perjalanan untuk kembali ke tanah air.

Universitasnya kaya akan link industri

Pemerintah Turki terus berupaya untuk mengintegrasikan akses universitas dengan industri-industri yang berkembang pesat di dunia, baik melalui perusahaan, pabrik ataupun lembaga riset. Bahkan, berdasarkan riset, Turki memiliki 7 universitas yang masuk di dalam daftar Top 100 Universitas Terbaik di Dunia.

Dengan adanya keuntungan-keuntungan tersebut, apakah kamu masih ragu untuk memilih Turki sebagai negara tujuanmu? Tentu tidak, dong! Mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya supaya niatmu lebih mantap!

Source : Berkuliah.com 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s