STUDENT HACK: Makanan Halal di Perancis Ternyata Tidak Sulit Ditemukan: Ini Beberapa Tempatnya

Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh mahasiswa Indonesia yang kuliah ke luar negeri adalah makanan. Apalagi makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Tapi perkara makanan ini tidak hanya sekedar sesuatu yang bisa masuk ke perut saja. Ada perihal rasa, kebersihan, dan hal lainnya yang jadi pertimbangan.
Bagi kamu yang beragama Islam atau seorang muslim, perihal makanan lebih ketat lagi pemilihannya. Terutama dalam masalah kehalalan. Tentu agar tidak melanggar syariat Islam, kamu perlu membeli makanan yang halal.
Biasanya mahasiswa yang tidak mau repot untuk mencari makanan halal mereka akan berubah menjadi vegetarian. Itu karena biasanya yang tidak halal adalah daging-dagingan. Misalnya saja daging yang haram adalah daging babi atau hewan bertaring. Atau bisa juga daging yang cara penyembelihannya tidak memenuhi syariat Islam, seperti membaca basmalah dan lain sebagainya.
Sulitnya mencari makanan halal ini akan kamu rasakan jika kamu berkuliah di negara yang penduduknya mayoritas beragama non-muslim. Misalnya saja negara-negara di benua Eropa, Amerika, Asia Timur, dan lain sebagainya. Tapi jangan khawatir, karena sekarang sudah banyak negara yang melek terhadap kehalalan makanan. Nah, salah satu negara yang akan kita bahas kali ini adalah Perancis, tepatnya di kota Paris.
Sebenarnya ada banyak toko bahan makanan halal di kota Paris, Perancis. Namun, yang akan kita bahas di sini hanya 3 toko saja. Pemilihan 3 toko ini dianggap sudah mewakili semua toko bahan makanan hala di Paris. Ketiga toko tersebut adalah:
1. France Halal Food
Toko bahan makanan ini menjual semua bahan makanan halal. Mulai dari daging hingga sayuran. Lokasi toko bahan makanan halal yang satu ini adalah 121 Av. des Champs-Élysées, 75008 Paris, France. Letaknya memang tidak tepat di tengah kota. Namun toko ini termasuk salah satu toko bahan makanan halal yang terbesar di Paris.
2. Hal’shop
Hal’shop merupakan salah satu toko bahan makanan halal di pinggiran kota Paris. Lokasi tepatnya, toko ini beralamat di 104 Rue d’Avron, 75020 Paris, France. Meski lokasinya tidak di tengah kota Paris, namun toko ini sangat terkenal. Terutama karena pelayanan yang ramah serta seringnya toko ini buka. Ya, toko ini buka setiap hari. Namun khusus hari Jumat ada jeda waktu istirahat yang cukup lama untuk beribadah sholat Jumat.
3. Épicerie libanaise “Les Délices d’Orient”
Toko bahan makanan halal yang satu ini merupakan toko bahan makanan Lebanon. Toko bahan makanan ini lebih lengkap dibandingkan dua toko di atas. selain itu, letaknya yang berada di tengah kota Paris juga membuat toko ini cukup ramai didatangi. Lokasi tepat toko ini adalah 52 Avenue Emile Zola, 75015 Paris, France.
Selain ketiga toko di atas, ada banyak toko bahan makanan halal yang tak bisa kita sebutkan satu per satu. Kamu bisa bertanya di sekitar tempatmu tinggal di mana kamu bisa menemukan bahan makanan halal.

Tapi tak hanya bahan makanan halal yang bisa kamu temui di Paris. Kamu juga bisa mencari makanan siap saji atau restoran yang halal di Paris. Berikut ini beberapa restoran halal yang bisa kamu temui di Paris.
1. The Jumeyrah
Restoran ini adalah salah satu restoran halal paling terkenal di Paris. Mereka menyajikan menu halal khas Prancis. Lokasinya sendiri terletak di 101 rue Saint Maur 75011 Paris. Untuk urusan suasana, jangan tanya lagi. Sebagai kota cinta, restoran ini penuh dengan suasana yang temaram, hangat, dan romantis.
2. Les Enfants Terribles
Agak berbeda dengan restoran sebelumnya, Les Enfants Terribles jauh dari kesan romantic. Restoran yang menyajikan menu fine dining memiliki interior dengan suasana kontemporer dan hangat. Untuk urusan kehalalan, jangan tanya lagi. Restoran ini menjanjikan penggunaan bahan daging yang jelas dan dijamin kehalalannya lho! Lokasi restoran ini terletak di 197 Av Daumesnil 75012 Paris.
3. Le Petit Gourmet
Ketika berbicara mengenai restoran tentu kita akan berbicara hidangan yyang lezat. Begitu pula hidangan yang disajikan di restoran ini. Bedanya adalah, restoran ini menyajikan masakan lezat khas Prancis yang halal. Lokasinya pun cukup strategis, yaitu di 39 rue du Faubourg Montmartre 75009 Paris.
4. Le DZ
Lokasi restoran ini sangat strategis, yaitu terletak di dekat Champs Elysees dan Arc de Triomphe. Tepatnya, restoran ini terletak di 8-10 rue des Acacias 75017 Paris. Kesan yang kamu dapatkan pertama kali ketika memasuki restoran ini adalah suasana yang ramah dan hangat. Ya, ruangan berkonsep kontemporer, hangat dan didominasi warna-warna cerah dan memadukan materi kayu serta kulit tu memang sangat terasa ramah.
Lagi-lagi, tidak bisa semua restoran halal kita bahas di sini. Itu karena ada banyak sekali restoran halal yang tersebar di Paris. Jadi, kamu tak perlu takut untuk kuliah di Paris bukan?

Source : Berkuliah.com 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s