Kenali Trasnportasi Umum di Australia Ini Sebelum Kuliah di Sana

Saat kuliah di luar negeri, umumnya kita tidak akan bisa membawa kendaraan pribadi. Untuk itu, kita harus dengan cepat menyesuaikan diri menggunakan transportasi umum. Nah, bagaimanakah jika kita berkuliah di Australia? Seperti apa ya wajah transportasi umum di sana? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahi tentang transportasi umum di Australia.

Di Jalan Raya

Semua kota besar dan kecil di Australia sudah dilengkapi dengan sarana transportasi darat yang memadai. Tapi perlu diingat, sistem transportasi tetap saja berbeda-beda tergantung lokasi di mana kamu berada. Biasanya transportasi yang paling ekonomis dan yang paling gampang ditemui di negara Kangguru ini adalah bis. Setiap kota memiliki stasiun bis yang akan menyediakan berbagai informasi mengenai tiket dan juga rute bis yang melewatinya. Selain itu di sana kamu juga bisa memperoleh informasi mengenai diskon bagi pelajar, dan tiket mingguan atau bulanan yang lebih murah dibandingkan dengan tiket biasa.

Kalau kamu berpergian secara berkelompok, dan ingin mencapai destinasi secara langsung tanpa harus berpindah dari transportasi yang satu ke yang lain, kamu bisa mempertimbangkan berpergian dengan taksi. Ongkos taksi dan bis jika berpergian secara berkelompok umumnya tidak jauh berbeda. Karenanya, kamu bisa memilih taksi jika berpergian secara berkelompok. Selain murah, tentu saja menggunakan taksi jadi jauh lebih praktis.

Bingung bagaimana cara memesan taksi ketika di Australia? Jangan khawatir, karena biasanya begitu kamu tiba di kampus, kamu akan menerima Welcome Pack pada minggu pertama yang berisi tentang berbagai informasi yang mengenalkanmu kepada lingkungan sekitar). Paket ini juga dilengkapi nomor telepon perusahaan-perusahaan taksi ternama. Jika ternyata kamu tidak menerimanya, jangan khawatir. Karena kamu selalu bisa bertanya kepada para mahasiswa yang telah lama tinggal di Australia. Tapi perlu kamu ingat, demi keamanan, lebih baik kamu memesan taksi yang telah memiliki reputasi yang baik.

Selain berpergian dengan bis dan taksi, kamu juga bisa menggunakan sepeda. Beberapa kota di Australia saat ini sedang mendorong warganya untuk menggunakan sepeda untuk mengurangi kemacetan dan polusi udara.

Layanan City Rail

Selain menggunakan transportasi jalan raya, kita juga bisa menggunakan transportasi kereta di Australia. Ada beberapa sistem kereta dalam kota di Sydney, New South Wales, dan New Castle. Untuk transportasi antar kota, sistem transportasi ini adalah yang paling efisien dan paling murah bila dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk menghemat biaya pembelian tiket, kamu bisa membeli kartu bulanan atau membeli wealth travel card. Tapi tentu saja harus melihat seberapa besar kebutuhan berpergian dengan kereta. Jika kamu hanya berpergian sekali dalam sehari, lebih baik kamu hanya membeli tiket pulang-pergi harian. Beberapa kota juga memberikan diskon kepada para mahasiswa. Kamu juga bisa meminta informasi yang lebih lengkap dari stasiun lokal ataupun kantor travel terdekat.

 

Antar Kota

Kalau kamu mempunyai kebutuhan untuk berpergian antar kota, kamu bisa mempertimbangkan bis atau coach (kereta). Harga tiket coach cenderung lebih murah. Akan tetapi, perjalanan dengan coach memakan waktu lebih lama bila dibandingkan dengan sistem transportasi darat lainnya.

Jadwal kereta di Australia memang cukup teratur. Tapi sayangnya, berpergian dengan kereta bisa jadi sangat mahal. Apalagi jika kamu tidak merencanakan perjalananmu dengan rapi terlebih dahulu. Sebagai informasi, tiket yang dibeli jauh hari akan lebih murah dibandingkan dengan tiket dengan jadwal berangkat yang mepet. Jadi sebaiknya kamu merencanakan perjalanan jauh-jauh hari dan mulai membeli tiket begitu kamu telah yakin dengan jadwal perjalananmu.

Selain itu, jika kamu telah merencanakan perjalanan dari jauh-jauh hari, kamu bisa memerikas tiket jenis apakah yang paling murah untuk perjalananmu. Australia adalah negara yang sangat luas. Untuk mencapai tempat tujuanmu, kadang harus memakai dua atau lebih sarana transportasi yang berbeda. Untuk itu, kamu bisa menghubungi agen perjalanan terdekat, mungkin mereka bisa menyediakan paket ekonomis untuk destinasi yang ingin kamu tuju.

Source : Hotcourses.com dan Berkuliah.com 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s