KAMU HARUS TAHU: 7 Manfaat PPI Negara Buat Kamu yang Sesama Mahasiswa Indonesia!

Kuliah ke luar negeri berarti kamu punya kesempatan untuk berinteraksi dengan berbagai macam orang dari berbagai negara dan budaya. Ini juga membuka kesempatan bagimu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat dunia. Tapi kadang kala bertemu dengan berbagai macam budaya ini membuat kita merasa kesepian dan terasing. Kita pun akhirnya merindukan keluarga dan sanak saudara di Indonesia. Nah, mungkin kamu bisa mengobati sedikit kerinduanmu melalui PPI.

Bagi kamu yang ingin kuliah ke luar negeri, tentu sudah tidak asing dengan yang namanya Perhimpunan Pelajar Indonesia atau yang akrab disingkat PPI. Perhimpunan pelajar Indonesia atau PPI ini merupakan perkumpulan para mahasiswa atau pelajar Indonesia di sebuah negara. Tak hanya negara, PPI juga sering menyentuh ke kota-kota besar di negara tersebut. Cotohnya saja PPI Italia, PPI Jepang, dan lain sebagainya.

PPI ini punya banyak manfaat buat kita sebagai mahasiswa Indonesia lho. Kira-kira apa saja ya manfaat PPI untuk mahasiswa Indonesia lainnya?

1. Pusat informasi

Sebagai calon mahasiswa internasional tentu kita membutuhkan banyak sekali informasi. Sering kali saat mencari informasi kita tekendala pada sumber informasi yang terpercaya. Nah, Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI bisa menjadi salah satu pusat informasi terpercaya.

Tak hanya bagi calon mahasiswa saja, PPI juga bisa menjadi informasi bagi kita setelah menjadi mahasiswa lho! Kita akan mendapatkan banyak informasi kegiatan PPI dan pemerintah dari organisasi yang satu ini. Jadi tidak ada ruginya bukan terlibat dengan perhimpunan pelajar Indonesia.

2. Pengganti sanak saudara

Hidup di negara yang asing membuat kita jauh dari keluarga maupun sanak saudara. Ini sering kali membuat kita kesepian dan merasa sangat asing. Sering kali juga, hal ini membuat kita depresi. Tapi jangan khawatir, ada Perhimpunan Pelajar Indonesia yang bisa kita andalkan.

Perhimpunan Pelajar Indonesia atau PPI akan menjadi pengganti keluarga dan sanak saudara kita. Setidaknya kita bisa menganggap bahwa mereka adalah saudara sebangsa dan setanah air bagi kita. Mempunyai teman yang berasal dari Indonesia akan membantu mengobati kerinduan kita terhadap keluarga.

3. Teman menghadapi culture shock

Tak hanya merasa kesepian karena jauh dari keluarga, sering kali kita merasa kesepian karena menghadapi perbedaan budaya. Hal ini sering kali disebut dengn culture shock. Hal ini perlu segera ditangani lho! Karena kalau tidak, bisa menjadi depresi yang berkepanjangan.

Nah, di sinilah fungsi dan manfaat lain dari PPI. Mereka akan membantu para mahasiswa Indonesia yang menghadapi culture shock. Dengan menghadapi bersama tentu akan lebih mudah dan terasa ringan, bukan?

4. Mengobati kerinduan terhadap Indonesia

Bertemu sesama orang Indonesia di negara yang asing adalah sesuatu yang sangat mahal. Tetapi sesuatu yang mahal ini bisa kita dapatkan dengan mudah di PPI. Tak hanya itu saja, kita bisa mengobati kerinduan kita terhadap Indonesia, keluarga, dan sahabat.

Menyenangkan bukan, menjadi bagian dari perhimpunan pelajar Indonesia?

5. Dari dunia untuk Indonesia

Kuliah ke luar negeri berarti kita bisa mengakses pendidikan serta teknologi kelas dunia. Tentunya ini tidak boleh kita sia-siakan begitu saja. Kita bisa membuat kesempatan tersebut sebagai ajang untuk membangun Indonesia.

Kita bisa contoh Bapak BJ. Habibie. Beliau berkesempatan untuk mengakses pendidikan dan teknologi terbaik di Jerman. Dan itu ia manfaatkan untuk membangun Indonesia. Lalu bagaimana denganmu? Ingin melakukan hal yang sama bukan?

6. Ajang mengenalkan Indonesia

Sebagai mahasiswa Indonesia di negara asing berarti bahwa kita adalah representasi bangsa kita di mata dunia. Hal ini bisa kita manfaatkan untuk mengenalkan Indonesia ke panggung besar dunia.

Kita bisa mengenalkan berbagai budaya dan tradisi Indonesia ke warga negara yang kita tinggali. Ini juga menjadi salah satu cara untuk kita mendapatkan teman dari warga dunia. Kita bisa saling bertukar kebudayaan dan tradisi dari negara masing-masing. Hal ini akan membuatmu makin merasa diterima di lingkungan yang baru, bukan?

7.  Wadah komunikasi para mahasiswa Indonesia

Salah satu fungsi penting perhimpunan pelajar Indonesia adalah sebagai wadah komunikasi antar-mahasiswa Indonesia di negara tersebut. Gunanya wadah ini ada;ah untuk mengetahui setiap permasalahan para mahasiswa Indonesia. Kalau sudah tahu masalahnya, kita bisa saling tolong menolong untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tentunya ini akan meringankan kehidupanmu ketika di negara yang asing. Saat kamu punya masalah kamu punya teman sebangsa yang bisa diajak cerita. Kesannya kita punya keluarga dan sahabat seperti di tanah air.

Wah, banyak sekali ya manfaat dari Perhimpunan Pelajar Indonesia di masing-masing negara! Jadi tidak bisa mengecilkan peran PPI di seluruh dunia bagi para mahasiswa Indonesia ya! Tunggu apalagi? Segera hubungi PPI di negara tempat kamu tinggal!

Penulis: Resa adalah penulis yang tinggal di kota Yogyakarta. Saat ini ia sedang mempersiapkan studi lanjutnya.

Source : Berkuliah.com 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s