8 Alasan untuk Kuliah dan menetap di Denmark

Selalu ada alasan untuk berbagai pilihan yang kamu pilih. Demikian juga dengan kuliah di luar negeri dimana pilihan negara yang bisa kamu pertimbangkan memang sangat banyak. Dalam hal kuliah ke luar negeri ada negara-negara yang memang sudah menjadi favorit dan bisa dibilang terkenal dijadikan pilihan mahasiswa internasional khususnya mahasiswa dari Indonesia.

Sebut saja Jepang, Belanda, atau Jerman yang merupakan pilihan negara dengan bahasa bukan bahasa Inggris. Selain itu ada juga Inggris, Australia, Amerika Serikat, dan Singapura yang merupakan pilihan negara dengan bahasa Inggris. Akan tetapi ada satu lagi pilihan negara yang sebenarnya mempunyai banyak alasan kenapa harus dipilih sebagai tujuan kuliah di luar negeri yaitu Denmark. Ini dia alasan-alasan kenapa kamu harus memilih Denmark sebagai negara tujuan untuk kuliah di luar negeri.

1. Gratis Biaya Kesehatan
Satu hal yang sangat menarik dalam hal biaya ketika menetap dan kuliah di Denmark adalah tidak ada biaya kesehatan. Ketika kamu harus tinggal cukup lama di Denmark untuk keperluan seperti bekerja atau kuliah, kamu akan mendapatkan yellow card dengan nomor CPR yang berfungsi sebagai kartu jaminan kesehatan selama tinggal di Denmark. Biaya yang digunakan sebagai jaminan biaya kesehatan bahkan bagi pendatang ini ternyata berasal dari pemasukan pajak yang nilainya ternyata tinggi di Denmark. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak berobat karena tidak punya biaya jika tinggal di Denmark. Kamu akan mendapatkan jaminan kesehatan meliputi konsultasi dokter, operasi, ronsen (rontgen), dan juga opname di rumah sakit. Namun perlu diperhatikan bahwa biaya kesehatan gigi tidak termasuk yang ditanggung.

2. Tidak Ada Tingkatan Jabatan, Pangkat, dan Posisi
Di Indonesia sudah sangat wajar bahwa yang lebih muda harus memanggil yang lebih tua dengan sebutan-sebutan khusus. Lalu juga jika seseorang sudah mempunyai gelar dan posisi tertentu maka sapaan yang digunakan akan berbeda. Hal seperti itu tidak ada dan tidak berlaku di Denmark. Semua orang bisa memanggil yang lain dengan nama saja. Sebagai orang yang berasal dar Indonesia pasti hal tersebut akan terasa canggung pada mulanya. Selain itu di Denmark, kesempatan untuk menyampaikan pendapat dan menentang pendapat orang lain sangat terbuka lebar. Bahkan dalam kegiatan kuliah juga hal seperti itu diperbolehkan.

3. Kerja Kelompok
Dalam sistem pendidikan yang ada di Denmark dan juga negara-negara Skandinavia yang lain ada satu kesamaan yaitu penerapan kerja kelompok. Metode kerja kelompok ini sangat ditekankan guna meningkatkan dan menjaga kemampuan setiap individu dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan yang lain. Satu hal yang mengejutkan adalah bahwa kamu bisa kerja kelompok dalam mengerjakan skripsi jika kuliah di Denmark. Sangat luar biasa bukan?

4. Kesempatan Mengulang Ujian Akhir Tiga Kali
Dalam banyak negara termasuk Indonesia, sistem pendidikannya menekankan bahwa ujian akhir hanya bisa diambil sekali saja. Jadi jika gagal harus mengulang semuanya dahulu atau bisa mengulang ujian saja tetapi harus menunggu selama satu periode lagi hingga ujian berikutnya diadakan. Di Denmark kamu bisa mengulang ujian akhir sebanyak tiga kali dalam periode yang sama. Biasanya jadwal untuk ujian ulang akan ada antara 2 bulan hingga 3 bulan kedepan setelah ujian pertama. Satu hal yang menyenangkan adalah bahwa peserta yang gagal tidak harus mengikuti kelas dan kuliah lagi sebelum mengulang ujian tersebut.

5. Skala Nilai Unik
Jika di Indonesia dan bahkan di banyak negara lain sistem penilaian yang diterapkan menggunakan skor A hingga E dan poin maksimal 4,0, Denmark tidak menganut sistem tersebut. Di Denmark ada sebuah sistem penilaian dengan tingkatan -3, 0, 2, 4, 7, 10, dan 12. Syarat minimal untuk bisa disebut lolos atau melewati ujian di Denmark adalah 2. Kenyataannya banyak mahasiswa asli Denmark juga bingung dan tidak habis pikir kenapa sistem penilaian seperti itu yang digunakan.

6. Kemampuan Menggunakan Bahasa Inggris
Satu lagi hal menarik di Denmark adalah bahwa kemampuan pelajar asli Denmark dalam menggunakan bahasa Inggris ternyata luar biasa baik. Meskipun merupakan negara yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris, kemampuan dalam bahasa Inggris khususnya dalam komunikasi verbal ternyata sangat tinggi. Biasanya warga Denmark akan menggunakan bahasa Denmark terlebih dahulu ketika berbicara dengan orang asing yang terlihat seperti orang Vietnam karena dahulu Denmark membuka pintu untuk pengungsi Vietnam. Hal ini supaya mereka merasa dianggap sebagai bagian dari Denmark.

7. Pendidikan Gratis bagi Pelajar dari Denmark dan Kawasan Uni Eropa
Satu lagi keistimewaan Denmark adalah bahwa biaya pendidikan digratiskan untuk pelajar yang berasal dari Denmark dan juga dari kawasan Uni Eropa. Selain itu ada juga sejumlah uang yang diberikan kepada para mahasiswa untuk berbagai keperluan yaitu sebesar EUR700 untuk setiap bulannya. Khusus dalam hal ini mahasiswa dari kawasan Uni Eropa selain Denmark harus bekerja dahulu dalam syarat waktu yang sudah ditentukan.

8. Kesetaraan Pria dan Wanita
Masalah ini adalah sebuah hal yang sangat serius di Denmark. Ketika di banyak kawasan lain pria dan wanita masih tidak bisa setara dalam berbagai hal, Denmark tidak menganut sistem tersebut. Bahkan dalam perusahaan-perusahaan di Denmark semakin banyak yang menerapkan komposisi seimbang antara pria dan wanita dalam berbagai tingkatan. Nah hal ini tentu akan sangat membantu juga apalagi jika kamu berada di Denmark sebagai pendatang. Kamu tidak perlu khawatir akan ada perlakuan yang tidak sama atau tidak menyenangkan selama berada disana.

Nah itu tadi adalah beberapa alasan yang membuat kamu harus mempertimbangkan Denmark sebagai satu tujuan kuliah di luar negeri.

Source : Berkuliah.com 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s