6 Hal yang Harus Kamu Pahami Saat Studi di Luar Negeri

Memilih untuk study di  luar negeri merupakan pilihan tepat yang akan berguna untuk masa depan kamu.  Pengalaman yang sangat berharga akan kamu temui disini. Pola pikir secara mengglobal akan membuatmu siap untk belajar di luar negeri. Study di luar Negeri bukan hanya sekedar bahagia atau tidak menempuh pendidikan di berbagai belahan negara. Namun juga menyangkut apa saja yang harus kamu pahami ketika kamu berada di negara yang budayanya samasekali bertolak belakang dengan budaya di Indonesia. Inilah 6 hal yang harus kamu pahami ketika memutuskan belajar di luar negeri !


1.    Homesick

Belajar di luar negeri bukan perkara singkat. Pastikan kamu sudah memiliki mental yang siap di dalamnya. Jika kamu belum siap, mulai sekarang siapkanlah. Buat tekad yang kuat dan buatlah rencana yang untuk bisa berhubungan dengan sanak keluarga maupun teman yang berada di Indonesia. Semakin canggihnya teknologi membuat kamu  bisa berhubungan dengan siapapun. Skypevideo chat, BBM, dan alat telekomunikasi sudah demikian canggih.  Hal utama yang akan kamu alami adalah kesepian dan homesick. Berada di negeri asing tanpa ada siapapun serta bahasa yang asing akan membuat kamu otomatis akan rindu akan rumah. Namun, jangan kamu terlalu pesisis oleh berbagai prasangka tersebut. Memang hal itu akan terasa berat. Namun dengan begitu kamu akan mengalami pengalaman baru yang lebih menarik dan menantang. Enjoy guys !

2. Persiapan yang Matang dan Rasional

Lakukan banyak research mengenai bidang studi yang akan kamu tuju, tentu setelah kamu melakukan banyak informasi di berbagai sumber referensi. Apalagi jika kamu belum terbiasa berpisah jauh. Jauh dari orang tua dan sanak saudara akan membuat kamu belajar lebih luas. Hal itu juga akan membuatmu belajar bahawa banyak orang di luar sana yang harus kamu kenal untuk  menjadi sarana belajar kamu di dalamnya. Jangan kuliah keluar negeri hanya karena ikut-ikutan teman. Kamuhanya akan terperangkap terhadap pilihan kamu sendiri. Ketika kamu sudah terperangkat di dalamnya, maka kamu akan mengalami penyesalan. Oleh karena itu, pertimbangkanlah baik-baik sebelum memutuskan untuk menenpuh pendidikan di suatu negera.

3. Bukan Sekedar ‘Study ‘

 

Setiba di negara tujuan, kamu harus pinta-pintar untuk bergaul dengan masyarakat sekitarnya. Belajar di luar negeri bukan hanya perkara study kamu. Mulailah berbuat lebih agar kehadiranmu di luar negeri memberikan banyak manfaat bagi lingkungan sekitar. Misalnya seperti bergabung di dalam suatu komunitas yang bergerak di bidang sosial, melakukan travelling bersama teman-teman yang berbeda negara akan memaksimalkan pengalaman kamu di luar negeri. Banyak orang yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri, saat ini kamulah yang harus memanfaatkan kesempatan tersebut untuk belajar banyak hal di luar study kamu.

 

4. Sikap ‘ Mawas Diri’ yang Sekedarnya

Sikap berhati-hati di negara lain memang penting. Berhati-hati tapi tidak anti-sosial. Berhati-hati di negara lain memang perlu, namun bukan berarti kamu harus anti sosial dengan siapapun. Cara untuk berbaur dengan masyarakat yang baik adalah kenalilah mereka melalui berbagai kegiatan, seperti organisai, serta komunitas sosial. Kamu akan merasakan betapa mereka sangat penting untuk membantumu di berbagai hal.  Bersikap ramah tamah akan membuat kamu mendapatkankan teman yang akrab. Percayalah !
5. Akrab dengan Berbagai Budaya
Tak dapat dipungkiri kamu pasti akan mengalami culture shock setiba di negara tujuan. Budaya yang berbeda antara negara tersebut dengan Indonesia tentu akan membuat kamu sedikit shock dengan segala peraturan yang ada. Mempelajari bahasa yang ada di negara tersebut, berusaha berbaur dengan masyarakatnya, tentu akan membuat kamu lebih baik tentunya. Tidak lama kamu akan terbiasa dengan lingkungan yang baru. Secara perlahan kamu akan merasa bahwa culture shock mu telah menghilang

6. Berbicara dengan Orang Lain

 

Ketika merasa jenuh dengan suatu pelajaran, cara terbaik adalah dengan menumpahkannya kepada teman. Ya, berbicara dengan orang lain adalah solusi yang terbaik yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa selalu beradaptasi dengan lingkungan kamu yang baru. Berbicara mengenai pelajaran, tradisi tahunan yang ada disana dapat membuat kamu lebih baik dalam menjalani study kamu karena kamu telah mengenal beberapa kebisaan masyarakat sekitar.
Salam berkuliah
Oleh : Andreanyta Erni

 

Source : Berkuliah.com 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s