Hasil Polisi Sidak SPBU Semampir

Tim gabungan dari Polres Probolinggo dan Dinas Perindustrian Perdagangan menggelar inspeksi mendadak (sidak) terhadap sejumlah staisun pengisian bahan bakar (SPBU) sepanjang jalur pantura Probolinggo, Jum’at (22/12/2017). Sidak untuk memastikan ketersediaan dan cara jualnya tak mengalami kendala, jelang Natal dan tahun baru 2018.

“Berdasarkan instruksi Kapolda Jatim, kami diperintahkan untuk mengecek ketersedian BBM jelang Natal dan tahun baru. Tujuannya, mencegah adanya antrian panjang di SPBU karena pasokannya tidak mencukupi serta terjadinya kelangkaan bahan bakar saat musim liburan,” papar Kapolres Probolinggo, AKBP. Fadly Samad kepada wartawan.

Salah satu SPBU yang disidak petugas adalah SPBU di jalan raya Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan. Di SPBU yang berada di selatan ini, tim gabungan menemukan perbedaan takaran di pompa untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite.

Saat petugas SPBU menuangkan 20 liter Pertalite ke Bejana Ukur, isinya tidak sesuai. Pada pompa bensin, tertera 20 liter atau 20.000 mililiter, namun ketika diukur ke Bejana ukur isinya berkurang sekitar 200 mililiter.

Meski menemukan perbedaan ukuran, Kapolres mengatakan bahwa petugas belum menemukan indikasi kecurangan dari hasil uji tera tersebut. Selain itu, kandungan komposisi BBM, masih sesuai dengan produk yang dikeluarkan PT. Pertamina serta belum ditemukan gejala pengoplosan.

“Masih wajar, harapan kami para pelaku usaha SPBU tidak berlaku curang dengan memanfaatkan lonjakan pembeli saat musim liburan akhir tahun ini,” jelas mantan Kapolres Tuban ini.

Sementara pengawas SPBU bernama Aya, mengaku bahwa perbedaaan ukuran itu lumrah dan bukan faktor kesengajaan dari pengelola. “Terkadang memang kurang dan terkadang lebih. Mesin dispensernya tidak rusak dan masih berada berada di batas kewajaran, karena ini bukan SPBU Pasti Pas,” terang Aya. (din/arf).

Source : Pantura7.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di pada website ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s