Mulai Sukses Sejak Semester Awal, Why Not?

Semua hasil yang baik pastinya bisa didapat dengan usaha yang giat dan baik pula ketika masih dalam proses pencapaiannya. Awalan yang kalian ambil tentunya akan mempengaruhi suatu hasil akhir entah itu gemilang atau malah redup nantinya. Bagaimana kalian mulai, bagaimana kalian menjalani proses, dan bagaimana kalian memperbaiki jika terdapat kesalahan itu akan tergambar pada hasil akhir yang akan kalian raih. Sehingga usaha, perjuangan, dan pengorbanan yang kalian lakukan tidak akan sia sia jika kalian sungguh sungguh dalam melakukannya.

Kalian mengambil keputusan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi pasti dengan harapan ingin sukses di masa depan bukan? Kalau begitu, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut yang semoga dapat menunjang hasil akhir yang baik untuk kalian meskipun kini kalian sedang berada pada semester awal sebagai mahasiswa baru atau mahasiswa junior.

1. Belajar Melalui Pengalaman Senior
Sebagai seorang junior, cobalah untuk membangun relasi yang baik dengan senior atau kakak kakak kelas kalian. Dengan begitu, kalian dapat banyak bertanya dan banyak belajar dari pengalaman mereka ketika masih kuliah pada semester awal seperti kalian. Misalnya saja dengan berbagi catatan catatan penting mata kuliah, berbagi informasi mengenai karakteristik dosen, berbagi informasi seputar magang, program pertukaran mahasiswa internasional, atau pengalaman seputar ujian akhir. Dapatkanlah informasi sebanyak mungkin dari mereka. Selain untuk membangun relasi, hal tersebut juga bisa dijadikan topik perbincangan sehingga kalian dapat lebih akrab dan siapa tahu mereka bisa menarik kalian juga ketika mereka lebih dulu memulai karir di perusahaan yang kalian harapkan.

2. Optimis dan Yakin
Buatlah target dan tujuan kalian ketika kuliah sehingga kalian dapat fokus untuk mengejar target tersebut. Misalnya dengan menargetkan untuk bekerja di sebuah perusahaan apa. Fokuslah serta mulai untuk optimis dan yakin bahwa perusahaan tersebut tidak akan menolakmu untuk bekerja di sana, tentunya kalian harus berusaha dengan giat untuk meraihnya. Tidak hanya menunjuk, kalian juga harus dapat membayangkan bagaimana ketika bekerja di perusahaan tersebut dan bagaimana cara agar kalian bisa bertahan di sana.

3. Memiliki Visi
Sejak menjadi mahasiswa, gunakanlah kesempatan tersebut untuk mengembangkan kemampuan kalian dalam melihat masa depan. Ketika kalian sudah mampu melihat masa depan, membangun visi, serta memiliki arah yang jelas, maka apa saja yang kalian kerjakan sekarang bimbinglah menuju arah tersebut. Ketahuilah karakter dasar pada diri kalian sehingga dapat memudahkan kalian untuk memperbaiki cara serta stratgi belajar kalian saat ini.

4. Dapatkan Prestasi Sebanyak Mungkin
Gunakanlah masa kuliahmu untuk meraih berbagai prestasi sebanyak mungkin. Bisa melalui kompetisi atau lomba dalam bidang seni, olah raga, teknologi, dan masih banyak lagi. Atau dengan mengikuti sebuah organisasi mahasiswa yang ada pada kampus kalian. Semua itu bertujuan untuk mempersiapkan sertifikat atau piagam yang nantinya akan mendampingi ijazah kalian ketika sudah lulus dan terjun mencari pekerjaan. Bukankah dengan begitu kalian akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan yang bagus?

5. Bangun Pertemanan Seluas Mungkin
Janganlah merasa cukup dan puas hanya dengan membangun pertemanan dengan orang orang sekelas kalian saja. Cobalah bangun pertemanan dengan orang lain di luar kelas yang berbeda fakultas, jurusan, atau bahkan di luar kampus kalian. Dengan banyaknya teman atau relasi yang terbangun, maka peluang sukses kalian akan menjadi semakin besar serta jejaring penunjang masa depan kalian akan semakin kuat dan luas.

6. Targetkan IPK Tinggi
Meskipun tidak diharuskan tapi nyatanya nilai IPK yang tinggi dapat membuka peluang kerja yang tinggi pula. Untuk itu, nilai IPK yang tinggi harus kalian kejar dan kalian raih. Gunakan metode belajar yang sesuai dengan karakter kalian sehingga dapat membuat kalian belajar dengan optimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jadi jika kalian ingin sukses, IPK yang tinggi itu adalah sebuah keharusan untuk memudahkan jalan kalian.

7. Jaga Kesehatan dan Kebugaran Tubuh
Selain intelektual yang bagus, menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh ternyata sangat diperlukan. Tidak jarang bukan beberapa perusahaan menetapkan standar kesehatan ketika menyeleksi calon karyawannya. Misalnya saja dari kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh. Sehingga percuma saja kalian memiliki IPK yang tinggi dan attitude yang baik jika tidak dilengkapi dengan kondisi kesehatan tubuh yang baik. Untuk itu, jagalah dan sesekali periksalah kondisi kesehatan kalian untuk mencegah hal yang tidak diharapkan.

8. Mampu Menyusun CV
Kalian pasti sudah tahu apa itu Curriculum Vitae (CV) bukan?
Kalian harus mampu menyusun dan mengupdate CV secara rutin dan berkala. Hal tersebut bertujuan agar setiap saat ketika dibutuhkan kalian dapat membuatnya. Selain untuk melamar pekerjaan, CV juga dapat digunakan untuk mendaftar beasiswa, pertukaran mahasiswa internasional, dan masih banyak lagi.

9. Sudah Memiliki Paspor
Jangan berharap bisa go internasional jika kalian belum memiliki paspor. Karena bisa saja, setiap saat secara tiba tiba akan ada kesempatan untuk pergi keluar negeri dalam rangka pertukaran mahasiswa atau mengikuti conference internasional atau mungkin acara lainnya yang sangat langka dan bermanfaat. Tentu kesempatan tersebut akan sangat potensial untuk orang yang sudah memiliki paspor. Untuk itu, jika kalian belum memilikinya segeralah untuk membuatnya. Meskipun tidak tentu akan terpakai, setidaknya kalian sudah berjaga jaga seandainya nanti kalian akan membutuhkannya untuk bepergian ke luar negeri suatu saat nanti.

10. Minimal Pernah Sekali Ikut Tes TOEIC/TOEFL/IELTS
Tidak hanya memiliki paspor saja, namun kalian juga harus memiliki kemampuan untuk berbahasa internasional yang baik dan lancar. Untuk itu, tidak ada salahnya kalian coba untuk menguji kemampuan berbahasa kalian dengan mengikuti tes TOEIC/TOEFL/IELTS. Jika hasilnya kurang baik, kalian dapat mencicil dengan belajar pada tempat kursus untuk menambah skor kalian. Selain untuk bekal jika akan keluar negeri, hal tersebut juga dapat berguna ketika kalian akan melamar pekerjaan di sebuah perusahaan nantinya apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan asing. Untuk itu, jangan menunda nunda dan meremehkan hal tersebut.

11. Temukan Rahasia Suksesmu
Dan yang terakhir ialah menemukan rahasia suksesmu. Sehingga kalian dapat mengerti apa itu sukses dan bagaimana cara untuk meraih sukses tersebut. Sebenarnya tidak sulit menemukannya karena cukup umum diketahui oleh banyak orang, hanya saja cukup sulit untuk menjalaninya. Seperti yang kalian tahu, tidak ada orang yang sukses dengan usaha yang mudah bukan? Mereka harus bersusah payah terlebih dahulu untuk dapat merasakan kesuksesan tersebut. Misalnya dengan pantang menyerah, belajar serta bekerja keras, kreatif, berdoa, dan bersyukur.

Pantang menyerah ketika mendapat sebuah kesulitan dan masalah. Selalu belajar dan bekerja keras untuk menuntaskan masalah tersebut. Selalu berkreasi dan tidak takut mencoba hal yang baru dengan berani menanggung segala resiko yang ada. Berdoa dan bertawakal setelah berjuang serta berusaha sekuat tenaga kita. Juga bersyukur atas apa yang telah kita dapatkan dan kita raih.

Namun semua itu, kembali lagi pada diri kalian masing masing sebagai seorang pelaku. Bisa jadi kalian menemukan rahasia sukses kalian sendiri yang unik dan berbeda dengan orang lain.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kalian coba untuk menunjang hasil akhir yang baik untuk kesuksesan kalian. Lebih baik jika kalian segera memulainya meski masih di semester awal. Karena jika kalian bisa mulai sukses dari semester awal, mengapa harus menunggu sampai lulus dahulu? Bukankah hasilnya akan jauh lebih baik dan kalian tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memulai karir yang gemilang? Silahkan kalian renungkan sendiri!

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s