Temukan Jurusan Sesuai Kepribadian

Sebelum menentukan jurusan yang tepat, alangkah lebih baik apabila kita mengetahui minat dan juga perlu menganalisa kepribadian kita. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda sehingga minat dan bakat seseorang pun juga berbeda. Ketika suatu kegiatan atau pekerjaan dilakukan berdasarkan minat kita, maka semua akan dapat dijalani dengan mudah dan dapat menumbuhkan kesenangan serta kenyamanan.

Hal ini yang menjadi sebab mengapa memahami kepribadian itu harus menjadi prioritas sebelum memilih jurusan kuliah. Sangat disayangkan apabila memilih jurusan tidak sesuai dengan minat atau hanya sekedar ikut-ikutan, ketidaknyamanan dalam belajar suatu saat pasti terjadi atau bisa dibilang peluang kegagalan sangat mungkin terjamin.

Berdasarkan teori John Holland, manusia dibedakan dalam 6 tipe kepribadian yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Enterprising dan Conventional. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian di bawah ini:

1.Realistic (Doers)
Seseorang yang memiliki kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan kerja yang berorientasi kepada penerapan, contohnya pekerjaan yang berhubungan dengan alat, mesin, benda, binatang atau tanaman.

Ciri-ciri tipe realistic yaitu: mengutamakan keberanian, kekuatan otot, ketrampilan fisik, mempunyai kecakapan, dan koordinasi motorik yang kuat. Tetapi kurang memiliki kecakapan verbal, konkrit, bekerja praktis, kurang memiliki ketrampilan sosial, serta kurang peka dalam hubungan dengan orang lain.

Orang yang mempunyai tipe kepribadian realistis dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas-tugas yang konkrit, fisik, eksplisit yang memberikan tantangan bagi penghuni lingkungan ini. Untuk dapat memecahkan masalah yang lebih efektif, orang-orang yang mempunyai tipe kepribadian realistis seringkali memerlukan bentuk-bentuk kecakapan, gerakan, dan ketahanan tertentu.
Seseorang yang mempunyai kepribadian ini lebih menyukai praktek daripada teori. Serta memiliki kemampuan penunjang seperti computer (software dan hardware), pemrograman, dan matematika.

Teknik elektronika pada Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer sangat cocok untuk kepribadian ini. Atau dapat juga memilih jurusan lain seperti Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Pertanian, Perikanan, Automotif dan Farmasi.

2. Investigative (Thinkers)
Seseorang yang memiliki kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk memilih pekerjaan yang bersifat akademik.

Ciri-ciri tipe investigative yaitu: memiliki kecenderungan untuk merenungkan daripada mengatasinya dalam memecahkan suatu masalah, berorientasi pada tugas, tidak sosial. Membutuhkan pemahaman, menyenangi tugas-tugas yang bersifat kabur, memiliki nilai-nilai dan sikap yang tidak konvensional dan kegiatannya bersifat intraseptif.

Orang yang mempunyai tipe kepribadian intelektual dalam lingkungan nyatanya selalu ditandai dengan tugas yang memerlukan berbagai kemampuan abstract, dan kreatif. Bukan tergantung kepada pengamatan pribadinya. Untuk dapat memecahkan masalah yang efektif dan efisien diperlukan kecerdasan, imajinasi, serta kepekaan terhadap berbagai masalah yang bersifat intelektual dan fisik. Kriteria keberhasilan dalam melaksanakan tugas bersifat objektif dan bisa diukur, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama dan secara bertahap. Bahan dan alat serta perlengkapan memerlukan kecakapan intelektual daripada kecakapan manual. Kecakapan menulis mutlak dipelihara dalam orientasi ini.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan tipe investigative adalah Kimia, Fisika, Gizi, Biologi, Desain Periklanan, Perangkat Lunak, Krimonologi, Matematika Dan Ilmu Pasti Atau Eksakta.

3. Artistic (Creators)
Seseorang yang memiliki kepribadian ini memiliki kecenderungan berhubungan dengan orang lain secara tidak langsung, bersifat sosial dan sukar menyesuaikan diri.

Orang yang mempunyai tipe kepribadian artistik ini ditandai dengan berbagai macam tugas dan masalah yang memerlukan interpretasi atau kreasi bentuk-bentuk artistik melalui cita rasa, perasaan dan imajinasi. Dengan kata lain, orang yang mempunyai tipe kepribadian artistik lebih menitikberatkan menghadapi keadaan sekitar dilakukan dengan melalui ekspresi diri dan menghindari keadaan yang bersifat intra-personal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut ketrampilan fisik. Selalu memiliki ide inovasi dengan daya intuitifnya. Menyukai situasi yang tidak terstruktur, menggunakan imajinasi untuk berekspresi. Ia adalah seorang yang sensitif.
Kemampuan penunjang yang dimiliki kepribadian ini : Komputer software, Bakat Seni, Suka Berkarya, Bisa Menggambar dengan sangat baik (bidang visual art)

Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah Seni Rupa, Seni Tari, Desain Komunikasi Visual, Desain interior, Arsitektur, Seni Tari, Seni Musik, Bahasa.

4. Social (Helpers)
Seseorang yang memiliki kepribadian ini memiliki kecenderungan untuk memilih lapangan pekerjaan yang bersifat membantu orang lain atau berhubungan dengan orang banyak.

Ciri-ciri tipe social yaitu: pandai bergaul dan berbicara, bersifat responsive, bertanggung jawab, kemanusiaan, bersifat religius membutuhkan perhatian, memiliki kecakapan verbal, hubungan antarpribadi, kegiatan-kegiatan rapid dan teratur, menjauhkan bentuk pemecahan masalah secara intelektual, lebih berorientasi pada perasaan.

Orang yang mempunyai tipe kepribadian sosial memiliki ciri-ciri kebutuhan akan kemampuan untuk menggambarkan dan mengubah perilaku manusia, serta minat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Secara umum orientasi kerja dapat menimbulkan rasa harga diri dan status.

Jurusan kuliah yang sesuai dengan tipe sosial yaitu : Psikologi, Bimbingan Konseling, Komunikasi, Sosiologi, Sekretaris, Guru PAUD dan SD.

5. Enterprising (Persuaders)
Seseorang yang memiliki kepribadian ini memiliki ketrampilan-ketrampilan berbicara dalam situasi dimana ada kesempatan untuk menguasai orang lain atau mempengaruhi orang lain, mudah beradaptasi, menyenangi tugas-tugas sosial yang kabur, perhatian yang besar pada kekuasaan, status dan kepemimpinan, agresif dalam kegiatan lisan.

Orang yang berkepribadian ini lebih menitikberatkan kepada kemampuan verbal yang digunakan untuk mengarahkan dan mempengaruhi orang lain.Suka mempengaruhi dengan memberi dukungan positif. Dikenal sebagai orang yang hebat saat berbicara dalam sebuah kelompok. Kepribadian tegas didukung dengan cara berbicara yang semangat, efektif, dan terstruktur menjadikan ia tepat sebagai pemimpin. Jurusan yang tepat untuk tipe kepribadian ini adalah Manajemen, Bisnis, Komunikasi, Hubungan Internasional dan Marketing Komunikasi.

6. Conventional (Organizers)
Seseorang yang memiliki kepribadian ini sangat menyukai pekerjaan dengan data secara detail. Dapat diandalkan dalam bidang administrasi, pekerjaan yang berhubungan dengan angka. Ciri-ciri tipe conventional yaitu: detail, terorganisasi, dan menginginkan akurasi tujuan yang tinggi. Ia selalu mengikuti prosedur pekerjaan dengan teliti. Biasanya menyukai pekerjaan di dalam ruangan yang berhubungan dengan data atau angka.

Jurusan yang berhubungan dengan IT seperti Komputerisasi akuntansi, Sistem Komputer, Teknik Komputer dan Komputer Grafis yang ada pada Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer (STEKOM) sangat cocok untuk kepribadian ini. Atau dapat juga memilih jurusan lain seperti Statistik, Ekonomi dan Adminstrasi.

Sumber : Seputarmahasiswa.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s