Ini 5 Tips Supaya Tulisan Blog Travelling Banyak Dibaca

Berniat jalan-jalan dalam waktu dekat dan menuliskan kisahnya di blog? Pas banget nih, bro pasalnya Mahandis Yoana Thamrin atau Mas Yoan, Managing Editor National Geographic Indonesia beberkan kunci-kunci dalam sebuah tulisan perjalanan.

HAI berkesempatan untuk tanya-tanya langsung ke Mas Yoan tentang membuat tulisan perjalanan yang menarik dan dibaca banyak orang nih.

1.  Tulis dengan rasa

Yup, jangan cuma sekadar ceritain saat kamu sudah sampai di tempat tujuan aja. Mas Yoan bilang nih kalau tulis juga apa yang kamu rasakan selama di perjalanan. Mulai dari pengalaman nyaris pingsan, barang yang ketinggalan, dll. Ini malah jadi bumbu dalam tulisan di perjalanan loh.

 

2. Ceritain semua sedetil mungkin

Jangan tanggung-tanggung untuk bikin cerita. Banyak nih yang suka melupakan hal detil atau kecil dalam perjalanan. Biasanya cuma nulis saat sampai di puncak gunung atau pemandangan laut yang biru. Padahal banyak hal detik yang menarik untuk diungkap pembaca.

 

3. Pendekatan juga ke masyarakat setempat

Ini salah satu kunci buat tulisan kamu bagus dan menarik serta dibaca banyak orang. Ada banyak cerita yang bisa kamu dapat dari masyarakat setempat selama di perjalanan. Tentu dengan pendekatan yang benar ya, contohnya selau bersikap rendah hati. Jadi kita menganggap juga nih narasumber itu adalah manusia seperti kita juga. Selain itu juga kalau nanya jangan sekali-kali menggurui atau defense ya!

 

4. Bikin ciri khas dibanding tulisan lain

Setiap orang pasti punya gayanya masing-masing dalam menulis, termasuk dalam tulisan soal perjalanan atau pengalaman travelling. Mas Yoan bilang nih kalau bisa jangan sekadar cuma mengulas tempatnya dan kurang mendalam. Jadi, jangan hanya sekadar foto-foto tempatnya saja dan lokasi saja. Itu sudah banyak, bro!

Nggak apa-apa kalau tempat yang kamu kunjungi sudah pernah dikunjungi orang lain. Tapi, bikin perspektif baru dari pengalaman kamu pasti menarik orang untuk baca.

 

5. Belajar dari perjalanan

Dalam tulisan nggak ada salahnya untuk masukin hal-hal apa saja yang selama ini kamu dapat dalam perjalanan. Pengalamanmu ini bakal berbeda dengan orang lain. Siapa tahu pembaca juga jadi bisa belajar dari travelling yang sudah kamu lakukan.

Nah, kunci-kunci itu sepatutnya diterapin nih guys saat kamu menulis tentang jalan-jalan. Sekarang sudah semakin percaya diri kan untuk nulis pengalaman saat liburan?

Penulis: Dewi Rachmanita

Source : Hai Grid

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s