5 Hal yang Perlu Diperhatikan Anak Kos sebelum Liburan Panjang

Libur telah tiba! Hayo, para penghuni kosan siapa nih yang udah beli tiket pulang atau justru udah di rumah? Kangen udah pasti menjadi alasan utama kenapa mau pulang. Apalagi untuk para mahasiswa baru alias maba yang baru pertama kali ngekos dan jauh dari rumah. Homesick-nya pasti berasa banget.

Tapi ya, namanya  perkuliahan, liburan semester nggak semua kampus sama. Beda dengan SMA yang liburnya serentak. Jadi, ada yang sekarang mungkin udah pulang ke rumah, dan ada juga yang masih bergulat dengan soal-soal UAS di kampusnya. Sabar ya yang masih UAS!

Selain tanggalnya yang nggak serempak, perbedaan libur semester kuliah dengan SMA terletak pada durasinya. Kalau SMA biasanya kurang lebih dua minggu, kalau kuliah durasi libur semesternya berbeda-berbeda, namun rata-rata kampus memberikan libur selama satu bulan untuk para mahasiswanya.

Nah, karena durasi libur yang lama, pastinya banyak yang dong yang harus diperhatiin sebelum ninggalin kamar kos. Nih, HAI kasih tips apa aja yang wajib banget lo perhatiin sebelum ninggalin kamar kos. Yuk, mari disimak!

 

1. Listrik

Sebelum pulang dan ninggalin kos untuk waktu yang cukup lama, ada bagusnya kalau kita mencabut dan mematikan semua yang berhubungan dengan listrik. Pencabutan dan mematikan semua yang berhubungan dengan listrik bertujuan agar terhindar dari konslet listrik yang berujung kebakaran.

 

2. Kran Air

Yang satu ini juga nggak kalah penting nih sama listrik. Untuk yang tinggal di kos yang kamar mandinya di dalam, penting banget nih. Pastiin kran air kalian mati supaya nggak buang-buang air. Apalagi kalau sampe kamar kos lo kebajiran. Kelar deh.

 

3. Kunci

Udah sampai setengah perjalanan, terus baru inget kalau kunci ketinggalan di pintu kos karena buru-buru. Duh, jangan sampai terjadi, deh, guys. Bisa kemalingan loh. Makanya, sebelum pergi, ada baiknya mengecek semuanya terutama kunci pelan-pelan biar nggak ketinggalan, yha.

 

4. Perhatikan Barang Berharga

Sama seperti kunci, barang-barang berharga seperti tiket perjalanan, ponsel, dompet, powerbank wajib di cek dua kali untuk mastiin kalau nggak tertinggal atau masih diluar koper. Daripada udah setengah jalan terus baru inget? Jangan lupa ya guys.

 

5. Bersih-Bersih

Karena kamar kos akan ditinggal cukup lama, bersih-bersih seperti menyapu, ngepel, mengosongkan air atau mencopot sprei dari kasur juga penting. Supaya nanti ketika balik lagi ke kos, nggak banyak debu menumpuk serta jentik-jentik nyamuk.

Oh iya, sebelumnya ada lagi nih guys yang paling penting. Sebelum lo pergi, pastiin kalo lo udah bayar uang kos pada bulan itu. Daripada nanti tiba-tiba barang-barang lo udah di depan pintu semua? Jangan sampe lupa ya!

Penulis : Dio Firdaus

Source : Hai Grid

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s