10 Pekerjaan Menjanjikan yang Bisa Menerima Semua Lulusan Jurusan

Persaingan dunia kerja memang tidak pernah mudah sejak dulu. Jika dulu ada jurusan-jurusan tertentu yang dinyatakan mempunyai prospek kerja yang luas, kini banyak lowongan pekerjaan yang diperuntukkan bagi lulusan semua jurusan. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan di luar sana yang terbuka untuk semua jurusan kuliah.

1. Pegawai Bank
Untuk menjadi seorang Banker yang kental hubungannya dengan uang, kamu gak harus lulus dari jurusan Ekonomi, Bisnis atau Akuntansi. Hampir semua lulusan semua jurusan bisa menjadi pegawai bank seperti teller dan masih banyak lainnya. Biasanya, saat sebuah bank menjadi pekerja untuk posisi teller, yang mereka minta hanya syarat seperti usia maksimal, memiliki tinggi dan berat yang proporsional serta punya skill komunikasi yang baik dan berstatus single. Tidak perlu khawatir, bank ada banyak kok.

2. Sales Produk
Menjadi sales tidak mengharuskanmu menjadi lulusan pemasaran atau marketing terlebih dahulu. Jika ingin jadi salesman atau salesgirl, pedomanmu adalah kalimat ini; segala sesuatu itu mungkin. Kalau kamu merasa sangat jago meyakinkan orang lain dan membuat mereka setuju dengan pendapatmu, jadilah sales. Gak perlu takut gak cocok sama jurusan kuliah, jika bakatmu di sana, rejeki akan mengalir deras untukmu.

3. Customer Service
Pekerjaan sebagai customer service biasanya juga tidak dibatasi untuk satu jurusan kuliah tertentu saja. Syarat yang diminta biasanya hanya lulusan D3 atau S1 dari segala jurusan. Karena job desc-nya yang mengharuskan mereka bertemu dan melayani banyak orang, memiliki komunikasi yang baik adalah salah satu kunci utama dibandingkan faktor yang lain. Oh iya, selain itu customer service juga merupakan orang yang harus ekstra sabar, karena yang dihadapi adalah pelanggan dengan kebutuhan atau masalah tertentu.

4. Management Trainee
Posisi Management Trainee (MT) diperuntukkan bagi semua jurusan kuliah, umumnya minimal S1, tapi tidak sedikit juga yang menerima lulusan D3. MT adalah program dari perusahaan yang mengharuskanmu menempuh periode pendidikan tertentu untuk belajar seluruh aspek di perusahaan. Hal ini berfungsi untuk akselerasi percepatan karirmu, untuk diletakkan di bidang yang sesuai minat dan bakatmu, dalam posisi langsung sebagai pengawas atau manajemen. Kamu cuma perlu siap untuk merasakan bekerja di semua divisi di perusahaan.

5. Agen Asuransi
Seorang agen asuransi juga merupakan lulusan dari berbagai jurusan. Gelar sarjana dari jurusan tertentu tidak menjadi syarat untuk bisa jadi agen asuransi. Yang kamu perlukan hanyalah konsitensi dan persistensi. Bahkan beberapa juga percaya kalau menjadi agen asuransi hanya perlu satu skill, yaitu bicara. Selama kamu bisa mencari celah pembicaraan tentang kebutuhan seorang calon nasabah dan produk asuransi yang kamu pegang, rasanya jurusan bukan jaminan kok.

6. Pekerja Online
Banyak perusahaan virtual online yang merekrut pekerja sesuai skill yang dibutuhkan pada pengerjaan tugasnya. Perusahaan-perusahaan ini tidak peduli kamu lulusan dari jurusan apa, yang penting kamu cukup kompeten untuk menyelesaikan semua tugas yang diberikan.

7. Wartawan
Menjadi wartawan atau jurnalis juga tidak harus dari jurusan Komunikasi atau Jurnalistik. Asal kamu memiliki jiwa kepo dan tanggap itu sudah cukup. Ketika kamu diterima sebagai wartawan, kamu akan mendapatkan training untuk menjadi wartawan sesuai standar. Selain harus berpendidikan minimal S1, biasanya salah satu syarat untuk lolos seleksi jadi wartawan adalah memiliki kemampuan berbahasa lisan maupun tulisan yang baik, responsif, punya rasa peka, kritis serta agresif dan bisa dipercaya.

8. Sosial Media Admin
Kalau kamu sudah terbiasa membuat status media sosialmu banyak likes-nya, membuat posting-mu banyak share-nya ataupun dikomentari dengan baik oleh orang-orang yang menjadi temanmu, maka kamu tepat untuk pekerjaan ini. Pekerjaan ini tidak membutuhkan skill dari jurusan tertentu, yang terpenting adalah kamu sangat bisa “sosial” di media sosial.

9. Operator Call Center
Pekerjaan sebagai operator call center tidak mencari lulusan jurusan tertentu. Kamu cuma perlu bisa berbicara dengan lancar dan dapat didengar dengan jelas kata per katanya. Banyak lowongan pekerjaan operator call center bahkan menjari lulusan SMA atau SMP, asal mampu berbicara sesuai standar yang ditetapkan.

10. Creative Team
Ada banyak perusahaan yang kini sadar bahwa mereka membutuhkan tim kreatif. Tim kreatif di sini ada dalam berbagai bidang. Mereka mencari lulusan dari jurusan apapun, asal memiliki satu hal yang penting “kreativitas”. Mulai dari resto kelas atas yang membutuhkan konseptor dan desainer kreatif, perusahaan yang membutuhkan pengembang ide bisnis kreatif, dan lain sebagainya.

Dalam pekerjaan apapun, sebenarnya yang terpenting adalah kualitas individu dengan skill yang terbaik. Lulus dengan nilai baik dari suatu jurusan tidak menjaminmu akan menjadi kandidat prioritas perusahaan jika sosial skill-mu tak mumpuni. Maka dari itu jangan bangga kalau kamu punya nilai bagus tapi EQ-mu jelek, bisa jadi malah kamu yang tak diterima.

Sumber : Idntimes.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s