6 Keuntungan Kalau Kalian Kuliah di Jurusan Antropologi

Jurusan antropologi ini merupakan ilmu yang mempelajari manusia. Karena penjelasan tersebut terlalu luas sebenarnya antropologi ini juga membahas bagaimana keanekaragaman budaya pada manusia dan juga mempelajari perilaku serta aspek-aspek tentang manusia. Di Indonesia sendiri jurusan ini sebenarnya juga tidak terlalu nampak dipermukaan, nah ini buat kalian yang ingin mengambil jurusan ini kalian bisa tau apa aja sih yang keuntungan kalian kalau mengambil jurusan antropologi.

1. Kemampuan belajar mandiri.

Kenapa disini kalian dikatakan mendapatkan kemampuan mandiri, dikarenakan ketika kalian menjadi seorang antropolog kalian mau tidak mau pasti akan dituntut untuk menjadi mandiri. Kita akan turun ke lapangan secara langsung untuk menemui apa saja yang menjadi topik utama riset kita. Ketika menjadi seorang antropolog kalian juga bakal sering banget yang namanya riset guyss, jadi asyik juga mengenal lingkungan dan budaya baru sambil belajar mandiri.

2. Kemampuan menulis.

Karena seringnya melakukan turun lapangan tentunya tidak semata-mata hanya turun lapangan dan menikmati kekayaan budaya di tempat tersebut. Jadi tentunya sangat penting untuk menulis apa saja yang telah ditemukan di tempat tersebut dan dikaitkan dengan topik apa yang kita angkat di riset tersebut. Hal ini juga sangat berguna terutama ketika kalian kerja nanti, kalian bakal memiliki keahlian menulis!

3. Keahlian analisa dan berpikir kritis.

Sebagai seorang antropolog kalian akan sering sekali melakukan sebuah riset, nggak heran jika kalian secara tidak langsung bakal memiliki keahlian dalam hal menganalisa dan berpikir kritis. Kalian mau tidak mau dituntut untuk bisa melihat situasi dan kondisi yang ada di tempat riset kalian, sehingga dapat mendapatkan pembahasan yang sesuai dengan riset. Keahlian dalam hal analisa dan berpikir kritis ini cukup bermanfaat ketika kalian bekerja, soo tenang aja di jurusan ini juga bisa mengasah keahlian tersebut guys!

4. Keahlian komunikasi.

Tidak hanya anak komunikasi ya guys yang jago berkomunikasi, disini jurusan antropologi juga dapat mendukung keahlian berkomunikasi kalian. Karena riset yang berada di tempat yang berbeda dengan keseharian kita, maka kalian tentunya akan bertemu dengan masyarakat yang berbeda, seperti latar belakang, suku, mungkin hingga ras atau negara. Disini kalian juga harus dapat mengolah cara berkomunikasi agar informasi tetap dapat bercalan lancar dan riset juga lancar ya guys. Jadi nggak usah khawatir kalau jurusan antropologi nggak melulu mengenal masyarakat primitif ya guys!

5. Manajemen waktu.

Di Antropologi ini kalian juga akan dilatih dalam hal manajemen waktu lho, yaaa hal ini tentunya dikarenakan ketika kalian akan turun lapangan riset pasti telah ditentukan kurun waktunya sehingga tidak mungkin selama-lamanya. Kalian bakal diberi waktu dalam kurun tertentu sehingga data dan informasi harus pas dengan waktu yang telah diberikan.

Meskipun kalian menikmati riset di lapangan kalian juga tidak boleh lupa bahwa riset kalian merupakan hal terpenting dan jangan lupa ada kurun waktu yang diberikan, sehingga bakal melatih tanggung jawab kalian dalam manajemen waktu guys.

6. Presentasi dan menyampaikan argumen.

Setelah kalian melakukan berbagai riset di lapangan tentunya tidak serta merta dilupakan begitu saja kan, nah setelah semua riset dilakukan disini kalian bakal melakukan pertanggung jawaban dalam hal presentasi. Biasanya mahasiswa antropologi akan melakukan pembahasan hasil riset dengan menggunakan presentasi.

Nah disini kalian bakal mengasah dalam hal presentasi dan menyampaikan argumen kalian, ini juga penting kan untuk bekal kerja nanti.

Sumber : Idntimes.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s