Ciri-ciri kalau kamu mahasiswa jurusan Hubungan Internasional.

Dari tahun ke tahun jurusan ini sudah memiliki banyak peminat dari segala penjuru Indonesia dan akhirnya peluang masuknya menjadi sedikit.

Bayangkan saja SBMPTN tahun lalu, peminat jurusan ini jauh dari yang dibayangkan hanya 6% saja.

Tapi sebetulnya, kalau benar-benar ditanya ke mahasiswa HI, banyak yang salah kaprah soal jurusannya atau cuma ikut-ikutan aja, lho. Mereka memilih jurusan Hubungan Internasional semata-mata karena menghindari pelajaran Matematika atau berharap pengen jalan-jalan keluar negeri. Di sisi lain, banyak orang yang nggak paham bahwa dasar perkuliahan HI adalah politik.

Nah jika kamu salah satunya, apakah ciri-ciri mahasiswa HI ini sesuai dengan kamu?

1. Tidak ketinggalan berita atau isu isu politik

Kamu suka sekali menonton berita politik, membaca artikel politik dan membagikan apapun yang berbau politik.

2. Suka dengan hal sejarah, buku-buku teori lainnya

Kalau kamu suka membaca biografi seseorang, teori-teori orang terkemuka di dunia cocok banget masuk jurusan ini. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari Teori Diplomasi, Teori Konflik, Paham Realis, Komunis, Liberal dan lain sebagainya.

3. Kamu akrab banget dengan orang lain

Sudah jelas jika kamu akrab mengobrol atau berinteraksi dengan orang lain dan diskusi cocok di jurusan ini. Selain ilmu politik, kamu juga harus aktif sosialisasi dengan orang lain untuk menunjang perkuliahanmu. Banyak mahasiswa HI yang bermimpi menjadi diplomat karena aktif sosialisasi, interaksi diskusi negosisasi dan presentasikan negara.

4. Suka banget saat bicara depan umum

Kamu yang jago di depan umum presentasi atau pidato, bisa jadi pertimbangan loh di jurusan HI. Karena mahasiswa HI tidak jauh dari presentasi, pidato depan umum, interaksi dan berdebat.

Menurut Raditya, alumni HI Universitas Jayabaya‍, selain jurusan Hukum dan Komunikasi, jurusan HI merupakan tempat di mana mahasiswanya terkenal gape ngomong di depan umum, lho.

5. Analisa sudah jadi hobby kamu

Dimana di jurusan HI sering mengajak mahasiswanya untuk menganalisa suatu masalah lalu di diskusikan untuk mendapatkan sebuah solusi.

Misalnya nih, ya, kasus Muslim Rohingya yang tidak diakui pemerintah Myanmar. Sehingga, warga Rohingya pada kabur dan minta suaka dari negara lain. Kamu akan berdiskusi tentang apa alasan pemerintah Myanmar melakukan hal tersebut, bagaimana dampak hal ini terhadap hubungan Myanmar dan negara lainnya, dan seterusnya.

Gimana nih, apa kah kamu salah satunya?

Sumber : roadtoptn21.blogspot.com

 

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s