Cara cerdas tugas kelompok presentasi.

Saat tugas berkelompok, sering guru atau dosen memberikan tugas yang akhirnya akan di presentasikan di depan kelas.

Diantara anggota kamu pasti ada saja yang tidak bekerja dengan maksimal. Kamu ingin agar mereka bekerja dan aktif, tidak perlu kesal.

Berikut akan kami beritahukan tips cerdas kelompok presentasi di kelas :

1. Ingat jangan egois

Anggota kamu bermacam-macam, ada yang pintar, malas, pemalu, semangat dll. Ajarilah mereka jika kamu lebih mengerti materi yang akan kamu jadikan bahan presentasi, agar kelompokmu berhasil jangan tinggalkan mereka tanpa arah.

2. Pahami karakter anggotamu

Kamu bisa menjadi penengah diantara teman-temanmu, biasanya ada yang pemalu, ajaklah berbicara agar lebih akrab, jangan sampai menimbulkan perdebatan dengan karakter yang lainnya, rangkul anggotamu dengan memahami karakternya masing-masing.

3. Bagi tugas sesuai kemampuan

Kamu misalnya tahu ada si pemalas, jangan tumpukkan kesana. Bagi dengan si rajin jangan sampai membuat beban pada anggotamu, agar kelompokmu berjalan lancar lihatlah dari segi bagaimana mereka mampu mengerjakkan tugasnya.

4. Buat jadwal kumpul

Pastikan kamu untuk keumpul bersama, meskipun banyak yang sibuk di organisasi, buat jadwal se efektif mungkin. Kamu bisa ngobrol dengan mereka kapan waktu yang tepat untuk kumpul sesuai kesepakatan bersama.

5. Ingat kembali tugas masing-masing

Sebelumnya kamu sudah membagikan tugas ke anggotamu, usahakan cek kembali jangan  sampai ada yang kurang, apabila kurang diskusikan kembali dengan kelopokmu, saling bertukar pikiran.

6. Jangan lupa siapkan presentasimu

Sempatkan membahas presentasimu, mulai dari slide, isi, design dll. Saat kumpul gunakan waktu semaksimal mungkin membahas presentasimu. Sekiranya ada yang perlu ditambahkan pada hari-H atau perombakkan lainnya jika ada yang kurang pas, jangan sampai kelompokmu tidak siap. Biasanya juga presentasi ada sesi pertanyaan, kamu bisa diskusikan pertanyaan apa yang mungkin keluar nantinya. Baca ulang materi kamu dengan anggotamu sampai benar-benar paham.

Sekian tips presentasi di kelas yang dapat saya berikan, dimana hal tersebut sering terjadi di zaman sekarang ini.

Sukses.

Sumber : roadtoptn21.blogspot.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s