Apa saja penyebab malas? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Malas, adalah kondisi dimana seseorang sedang tidak bergairah untuk melakukan sesuatu. Ketidakmampuan seseorang untuk menolak rasa malas akan mengakibatkan terhambatnya pencapaian kesuksesan. Sedangkan orang yang sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti mencoba dan bersemangat dalam menjalankan segala sesuatu. Meskipun tidak ada batasan kelompok usia tertentu, namun rasa malas ini sangat merugikan para pemuda yang sedang berkembang untuk menentukan masa depannya.

Di era modern ini internet sudah merambat ke pekerjaan, akses yang memudahkan penggunanya mendapatkan informasi apapun. Salah satunya mahasiswa yang sering kali menggunakan internet sebagai pekerjaan sehari-hari, yang membuat mahasiswa semakin malas.

Ditambah lagi dosen yang memberi tugas, jawaban sudah ada di internet, tidak perlu lagi mahasiswa untuk pergi mencari buku. Akhirnya lama kelamaan mahasiswa menjadi semakin malas untuk belajar, lebih terlena dengan dunia internet, padahal salah satu tugas mahasiswa adalah belajar untuk bisa peroleh nilai bagus di akademik dan cepat selesai dengan gelar yang didapat lalu bisa membanggakan kedua orang tua.

Faktor penyebab rasa malas ada dua, yaitu faktor internal dan eksternal. Contoh dari faktor internal adalah kebiasaan begadang, kurangnya waktu tidur yang membuat seseorang merasa mudah mengantuk, emosi yang tidak stabil, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor eksternal bisa berasal dari pergaulan. Jadi, jika Anda mengalami hal seperti ini, maka cobalah introspeksi diri dan tanyakan pada diri Anda kenapa Anda merasa malas. Kemudian Anda dapat mengikuti cara-cara berikut ini untuk menghilangkan rasa malas:

1. Coba motivasi diri anda

Ketika rasa malas itu datang, segera ubah pola pikir Anda. Cobalah memotivasi diri Anda dengan berpikir bahwa belajar adalah hal utama untuk mencapai cita-cita dan kesuksesan. Anda bisa melatih kedisiplinan dan belajar memotivasi diri dengan olahraga secara teratur.

2. Ciptakan suasana belajar

Ketika suasana belajar mulai membosankan, coba buat suasana baru dengan apa yang Anda sukai, misalnya belajar sambil ngemil, jangan sampai Anda terbawa oleh rasa malas, Anda lah yang menggerakan rasa malas bukan Anda yang digerakkan.

3. Buat prioritas belajar

Jangan sampai ada yang keteran karena Anda tidak tahu mana yang lebih menjadi prioritas. BIsa saja Anda belajar sebentar untuk materi kuliah besok, lalu dilanjutkan mengerjakkan tugas kuliah Anda. Ukurlah mana yang menjadi prioritas lebih.

4. Belajar sama teman pandai dan rajin

Pergaulan juga berpengaruh terhadap pembentukan karakter dalam diri Anda. Ketika Anda berkumpul dengan orang-orang yang suka bermalas-malasan, maka Anda bisa jadi terpengaruh dan ikut bermalas-masalan juga. Tidak ada salahnya jika Anda mendekati teman yang Anda kenal memiliki kepandaian dan juga rajin. Cobalah untuk berinteraksi dengan mereka dan saling bertukar pikiran dan pendapat mengenai tugas dan materi perkuliahan yang telah diberikan oleh dosen.

Sumber : roadtoptn21.blogspot.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s