Persiapkan Dirimu, Ini Daftar Beasiswa Dalam Negeri Tahun 2018

Buat kamu yang sudah lulus tahun ini atau mau lulus SMA tahun depan, jangan bingung tentang pendidikanmu selanjutnya. Kamu bisa mencoba berbahagai macam program beasiswa yang pastinya bakal sangat menguntungkan bagimu. Tinggal persiapkan diri sedari sekarang untuk jalani semua persyaratannya, ya.

Berikut adalah daftar beasiswa dalam negri tahun 2018 yang siap menerima kamu sebagai mahasiswa/i mereka. Catat semua persyaratannya dan persiapkan!

1. Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia dari Kemenlu RI.

Setiap tahunnya sejak tanggal 2003, Kementrian luar negeri membuka beasiswa bagi kamu lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin mendapatkan pendidikan lebih lanjut tentang seni dan budaya di Indonesia. Nantinya, kamu yang terpilih akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan ditempatkan di beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Sumatra Barat, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Yogyakarta. Beasiswa ini mencakup biaya pendidikan dan pelatihan, biaya transportasi, akomodasi dan tunjangan penuh setiap bulannya senilai 2 juta rupiah.

Persyaratannya yaitu:
1. Belum menikah dan berusia antara 21-27 tahun.
2. Pendidikan terakhir minimal SMA/SMK/Sederajat.
3. Memiliki minat dan bakat dibidang seni/memiliki background seni
4. Memiliki kondisi fisik dan mental yang baik.

Kalau kamu penasaran, informasi lengkapnya bisa kamu lihat di https://indbeasiswa.com/2017/11/beasiswa-seni-budaya-indonesia.html

2. Beasiswa untuk kuliah D3 dari ASTRA.

Beasiswa ini adalah untuk kamu yang ingin kuliah D3 di Politeknik Manufaktur Astra. Ada beberapa macam program beasiswa yang ditawarkan yaitu program beasiswa prestasi, program beasiswa peduli, dan program beasiswa unggulan.

Ada juga berbagai macam pilihan program studi yang bisa kamu pilih; dibidang teknik maupun informasi.
Persyaratannya yaitu:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia dengan usia maksimal 19 tahun. Dibuktikan dengan fotocopy akta kelahiran dan kartu keluarga.
2. Merupakan lulusan SMA/SMK Tahun 2018 atau saat ini sedang menempuh kelas XII. Dibuktikan dengan surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2017-2018 yang ditandatangani Kepala Sekolah.
3. Lebih diutamakan siswa SMA jurusan MIPA, SMK bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, serta bidang keahlian Teknologi Informasi.
4. Sehat jasmani (tidak menderita penyakit yang terkait jantung, hati, dan paru-paru) dan rohani serta tidak buta warna.
5. Untuk pilihan program studi Pemeliharaan Mesin Otomotif (Otomotif), peserta tidak memiliki masalah indra pendengaran.
6. Khusus untuk program studi Pemeliharaan Mesin Otomotif (Alat Berat), peserta tidak memiliki masalah indra pendengaran, diutamakan laki-laki, dan memiliki tinggi badan minimum 160 cm.
7. Memiliki nilai rapor semester 1 s/d 4 kelas X dan XI minimal rata-rata 8,0 (B+) dan tidak ada nilai di bawah 8,0 (B+), untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris.
8. Menunjukkan bukti penghasilan orangtua berupa slip gaji (surat keterangan penghasilan) atau surat keterangan tidak mampu dari pejabat yang berwenang (dibawa pada saat seleksi wawancara).
9. Melakukan pendaftaran secara online.
10. Mengupload pas foto berwarna (bentuk portrait dengan pakaian formal) dengan ukuran file maksimum 500 KB.
11. Mempersiapkan dokumen rekening listrik bulan terakhir (dibawa pada saat seleksi wawancara).
12. Mempersiapkan dokumen surat keterangan siswa aktif tahun ajaran 2017/2018 (surat diterbitkan bulan Februari 2018 dan dibawa pada saat seleksi wawancara).
13. Tidak sedang atau akan mendapatkan beasiswa dari sumber lain.

Karena pendaftaran hanya bisa dilakukan secara online, silakan masuk ke pmb.polman.astra.ac.id.

3. Beasiswa kuliah calon guru gratis di STKIP Al Hikmah Surabaya.

STKIP kembali membuka pendaftaran beasiswa penuh buat kamu yang ingin jadi guru di masa depan. Sekolah Tinggi satu ini fokus untuk menciptakan guru-guru yang berkualitas dan andil dalam kecerdasan anak bangsa di masa mendatang. Beasiswa ini adalah beasiswa penuh selama empat tahun kuliah.

Berkas pendaftaran yaitu:
1. Formulir pendaftaran (Download).
2. Fotocopy raport semester 1-5 (bagi calon lulusan 2018).
3. Fotocopy ijazah (bagi lulusan 2016 dan 2017).
4. Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
5. Pasfoto 3×4 berwarna sejumlah 2 lembar.
6. Surat Rekomendasi dari Sekolah.
7. Surat Bebas Narkoba dari Sekolah.

Kamu bisa mengirimkannya ke:

STKIP Al Hikmah
Jl.Kebonsari Elveka V Surabaya 60233
Telp. +6231-8295825
Fax. +6231-8295817
atau melalui email: pmb@hikmahuniversity.ac.id.

4. Beasiswa S1 Bandung di Institut Teknologi Harapan Bangsa.

Ada dua macam beasiswa yang ditawarkan yang pertama adalah beasiswa pengembangan dan yang kedua adalah beasiswa penuh. Ada juga berbagai program bidang studi yang diwatarkan yaitu 10 program yang bisa kamu pilih dari bidang teknik sampai ekonomi.

Persyaratannya yaitu:
1. Melengkapi formulir JPA dan lampirkan fotokopi rapor akademik (semester 1–4) yang telah dilegalisir.
2. Program JPA hanya berlaku hingga 16 Desember 2017 dan terbatas hanya bagi yang memenuhi syarat.
3. Pendaftar program Harapan Bangsa School of Design wajib melampirkan 2 karya gambar menggunakan pensil HB, 2B, atau 3B di kertas A3, dengan 2 tema berbeda. Untuk mengetahui tema gambar, silakan menghubungi Admission Counselor ITHB.
4. Seluruh pendaftar wajib melampirkan fotokopi rapor yang sudah dilegalisir (semester 1-4).
5. Wajib melampirkan Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari dokter (khusus pendaftar ulang Desain Komunikasi Visual dan Fashion Apparel Design).

5. Beasiswa S1 di IPB.

Siapa yang tidak kenal Institut Pertanian Bogor ini. Nah, kali ini IPB membuka pendaftaran beasiswa buat kamu yang ingin kuliah di sana dengan biaya yang ringan. Karena ini adalah Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Persyaratan yang harus kamu penuhi yakni:
1. Berusia maksimal 25 tahun
2. Mempunyai nilai rapor SMA yang baik (minimal 7.00 skala 10.00) untuk pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi selama 5 semester pertama
3. Sehat jasmani dan rohani
4. Bebas narkoba
5. Bersedia tinggal di Asrama PKPU-IPB pada tahun pertama

Ada berbagai macam program studi yang bisa kamu pilih. Kurang lebih ada lebih dari 20 bidang di 10 fakultas yang berbeda.

6. Beasiswa S1 Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Ada 4 macam program beasiswa yang ditawarkan yakni beasiswa prestasi, beasiswa pegawai YPTKM, beasiswa keluarga dan badan pendukung dan beasiswa untuk anak pendeta gereja. Setiap program memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Kamu bisa mengakses seluruh informasi pendaftarannya di https://indbeasiswa.com/2016/01/beasiswa-s1-2016-universitas-kristen.html

7. Beasiswa S1 Universitas Ciputra.

Secara umum, skema beasiswa terbagi menjadi 3 kategori yaitu:
1. GRADE A: Diskon 100% DPP dan Diskon 50% SPP (selama 8 semester pertama)
2. GRADE B: Diskon 100% DPP
3. GRADE C: Diskon 50% DPP

Beasiswa yang ditawarkan juga ada banyak yaitu:
– Beasiswa Management Information System
– Beasiswa Information & Technology
– Beasiswa Psychology
– Beasiswa Accounting
– Beasiswa Visual Communication Design
– Beasiswa Interior Architecture
– Beasiswa Marketing Communication
– Beasiswa Nasional

Setiap program studi memiliki persyaratan yang berbeda dan kamu bisa mengaksesnya di https://indbeasiswa.com/2015/12/beasiswa-s1-2016-universitas-ciputra.html atau masuk ke website resmi UC sendiri.

8. Beasiswa S1 UNPAR Bandung.

Persyaratan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNPAR yaitu:
1. Membuat Surat Permohonan Beasiswa yang ditujukan kepada Wakil Rektor Bidang Modal Insani dan Kemahasiswaan.
2. Melampirkan fotocopy nilai raport SMA semester 3 s/d 5.
3. Fotocopy Kartu Pelajar, Kartu Keluarga, dan KTP Pemohon dan orangtua pemohon yang masih berlaku (Kartu Pelajar dan KTP agar ditempel bersama-sama pada selembar kertas kosong).
4. Surat Keterangan dari RT/RW atau Ketua Lingkungan atau Ketua Dewan Keluarga Masjid atau Pendeta atau tokoh keagamaan lainnya, yang mengetahui tentang kondisi ekonomi keluarga calon mahasiswa bahwa benar berasal dari keluarga yang memerlukan bantuan keringanan biaya studi.
5. Slip Gaji atau Surat Keterangan Penghasilan per bulan yang dibuat sendiri dan ditandatangani di atas materai.
6. Fotocopy bukti bayar pemakaian listrik tiga bulan terakhir.Surat Keterangan pendukung lainnya sebagai bukti kekurangmampuan keuangan karena mengalami kondisi khusus (jika ada).
7. Bukti prestasi kejuaraan tingkat nasional satu tahun terakhir, misalnya: sertifikat penghargaan, foto, medali, dll (jika ada).
8. Esai gambaran diri, keluarga, kondisi keuangan, dan motivasi studi serta keikutsertaan dalam kegiatan kesiswaan / kemasyarakatan, 1-3 hal kwarto.

Ada berbagai macam beasiswa yang ditawarkan. Kamu bisa langsung membuka website resminya di unpar.ac.id

Tetap yakin bahwa apapun yang kamu inginkan bisa kamu dapatkan asal mau berusaha. Jangan pernah kehilangan harapan untuk masa depanmu, ya. Karena pendidikan adalah hal yang penting, jadi pastikan kamu tidak menyia-yiakan dan melewatkan kesempatan ini begitu saja. Semangat!

Sumber : idntimes.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s