Pengertian Ilmu Administrasi Negara dan Prospek Kerjanya

Apa pengertian ilmu administrasi negara?

Pengertian administrasi negara secara umum adalah program studi yang mempelajari bagaimana tata kelola dan manajemen administrasi negara secara lebih dalam dan spesifik, seperti pelajaran mengenai administrasi pemerintahan hingga unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Lebih khusus, ilmu administrasi negara adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari proses yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi/kelompok yang berkaitan dengan pelaksanaan atau penerapan peraturan/hukum yang berkaitan dengan urusan-urusan negara. Peraturan tersebut bisa dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta yudikatif.

Apa yang dipelajari di jurusan ilmu administrasi negara?

Well, karena dari namanya saja sudah mencantumkan kata “administrasi” tentu saja akan sangat berkaitan dengan urusan rapi-merapikan, kelola-mengelola. Setiap mahasiswa ilmu administrasi negara akan berhadapan dengan data-data, berkas-berkas serta aturan-aturan. Selain itu seorang mahasiswa IAN juga mesti belajar bagaimana menggunakan kecanggihan teknologi dalam mengimplementasikan kebijakan yang berlaku.

Secara umum, beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan ini adalah Sistem dan Hukum Administrasi Negara, Demografi, Statistik Sosial, Sumber Daya Manusia, Manajemen, Administrasi Pemerintah Daerah dan lainnya (sumber: hotcourses.co.id)

Selain itu, selama menempuh pendidikan di jurusan ilmu administrasi negara seorang mahasiswa diharapkan dapat memiliki berbagai kompetensi seperti berikut ini:

1. Kemampuan untuk menganalisis interaksi antara pelaku dalam governansi publik seperti pada penyusunan kebijakan dan manajemen pelayanan publik, serta juga dalam aspek lainnya seperti sosial, ekonomi, budaya, politik hingga pertahanan dan keamanan dengan pendekatan ekonomi politik.
2. Mampu untuk menganalisis serta mengevaluasi kebijakan publik dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode kuantitatif serta kualitatif dalam seluruh siklus kebijakan.
3. Mampu mengkaji regulasi yang relevan dan hasil analisis kebijakan yang berupa catatan, uraian, atau kertas kerja kebijakan untuk menghasilkan draf/naskah kebijakan.
4. Mampu mengorganisasikan kegiatan dalam rangka implementasi kebijakan publik dan peningkatan kinerja pelayanan publik.
5. Mampu menganalisis resiko dan melaksanakan program mitigasi resiko terhadap implementasi kebijakan.
6. Mampu mengusulkan ide atau gagasan reformasi kebijakan dan manajemen pelayanan publik. (Sumber: fia.ui.ac.id)

Mata Kuliah Ilmu Administrasi Negara

Setidaknya untuk tamat seorang mahasiswa IAN harus menyelesaikan 144 hingga 146 SKS yang terdiri dari berbagai mata kuliah. Secara umum mata kuliah yang diajarkan di jurusan ilmu administrasi negara ini terdiri dari matkul Pengembangan Kepribadian (Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan), matkul Keahlian Keterampilan (Pengantar Sosiologi, Pengantar Ilmu Politik, Pengantar Statistik Sosial, Filsafat Administrasi dan sebagainya), matkul Keahlian Berkarya yang merupakan matkul yang sudah mengerucut ke jurusan (Pengantar llmu Administrasi Negara, Teori Administrasi Negara, Manajamen Publik dan sebagai). Selain itu juga ada matkul pilihan jurusan dan matkul khusus setelah mengambil konsentrasi.

Karena terlalu banyak mata kuliah jika harus dituliskan, kamu bisa mengintip di salah satu kurikum jurusan ilmu administrasi negara berikut ini. Kebetulan ini dari kampus saya sendiri, Universitas Andalas, kampus lain pun tidak jauh beda. Lihat di tautan ini: http://an.fisip.unand.ac.id/index.php/akademik/kurikulum/mata-kuliah

Prospek Kerja Ilmu Administrasi Negara

Tentu saja sebelum kamu memutuskan untuk mengambil kuliah di IAN kamu juga harus paham dan tahu kemana lulusannya dapat bekerja. Maksudnya prospek kerja ilmu administrasi negara itu apa. Tapi kamu gak perlu khawatir karena gak mungkin sebuah jurusan dibuka kalau tidak ada lapangan kerjanya. Nah, biar kamu lebih yakin berikut kami ulas beberapa lowongan kerja yang bisa kamu sasar setelah lulus nanti.

1. Aparatur Sipil Negara (ASN)
Karena ruang lingkup IAN adalah administrasi negara, maka peluang kerja paling cocok bagi lulusannya adalah bekerja di instansi pemerintah itu sendiri. Seperti menjadi aparatur sipil negara (nama baru dari pegawai negeri sipil). Bekerja di kantor pemerintahan untuk mengurusi administrasi dan mengawasi pelaksanaan kebijakan serta manajemen publik.

2. Akademisi
Jika kamu punya keinginan untuk lanjut kuliah S2 setelah tamat S1 maka kamu punya peluang untuk menjadi akademisi, baik itu sebagai dosen ataupun peneliti. Ketika kamu sudah sangat paham dengan ilmu ini bukan tidak mungkin kamu menjadi seorang pakar yang akan jadi rujukan banyak orang lain baik di bidang yang sama atau selainnya.

3. Staf atau Anggota Badan Legislatif
Lulusan IAN juga bisa menjadi staf ahli atau bahkan anggota dari badan legislatif. Tapi tentu saja kamu perlu menjadi anggota partai politik untuk bisa menjadi anggota badan legislatif. Ilmu yang kamu dapatkan saat kuliah di ilmu administrasi negara akan sangat berguna di badan legislatif yang memang bertugas menampung aspirasi publik serta pembuat kebijakan.

4. Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)
Kalau rasanya ikut partai politik itu bukan kamu banget, kamu bisa jadi aktivis non parpol dengan mendirikan atau aktif di lembaga swadaya masyarakat (LSM), dalam bahasa Inggris disebut non gevernment organization (NGO). Meskipun LSM lahir dari rahim masyarakat, mereka juga punya kemampuan untuk mengawasi kebijakan pemerintah serta memberikan masukkan kepada pemerintah terutama terkait pelayanan publik atau masyarakat.

5. Konsultan Pemerintahan
Selain terlibat langsung dalam instansi pemerintah, kamu juga bisa menjadi mitra pemerintah dalam memecahkan masalah administrasi hingga masalah lainnya sebagai seorang konsultan. Namun, tentu saja kamu harus mahir dan punya pengetahuan yang luas di bidang ini agar bisa diakui sebagai konsultan yang handal.

Nah itulah tadi ulasan mengenai jurusan ilmu administrasi negara berikut pengertian dan prospek kerjanya. Semoga dengan artikel yang singkat ini kamu punya gambaran mengenai jurusan ini. Sehingga kamu benar-benar mantap untuk memilih IAN sebagai tempat kuliahmu bagi kamu yang calon mahasiswa, dan menjadi lebih yakin bagi yang sudah jadi mahasiswa. Terimakasih telah membaca.

Sumber : pelajar.me

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s