10 Kampus Paling Hijau di Indonesia 2017

UI GreenMetric kembali mengumumkan kampus paling hijau di dunia untuk tahun 2017. Tahun ini, Ranking UI GreenMetric diikuti oleh 619 universitas dari 76 negara. Pengumuman hasil ranking 2017 dilakukan di kampus UI Depok, Senin, (11/12/2017).

Untuk pemeringkatan kampus hijau terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia (UI) menduduki peringkat pertama. Kemudian disusul oleh Insitutut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada posisi kedua dan ketiga.

Selanjutnya diraih oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Sebelas Maret, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Indonesia (UII), Telkom University, dan Universitas Padjajaran.

Sementara untuk tingkat dunia, kampus paling hijau terbaik diraih oleh University of Wageningen. Kemudian disusul oleh University of Nottingham dan University of California, Davis pada peringkat kedua dan ketiga.

Prof.Muhammad Anis, Rektor UI menyampaikan UI melalui UI GreenMetric konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan sustainabilitas perguruan tinggi. Salah melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh universitas di dunia.

“UI berbangga hati dapat mengambil peran dalam mendukung pencapaian pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia sebagai upaya mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup,” katanya.

Rektor berharap, melalui perankingan UI GreenMetric ini, Perguruan Tinggi se-dunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim. UI terus berupaya untuk membangun generasi yang ramah lingkungan serta menjadi trendsetter dalam pemeringkatan di bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup di tingkat dunia.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Dari tahun ke tahun, terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam pemeringkatan kampus terhijau ini.

Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI GreenMetric sebanyak 101 universitas dari tahun 2016. Peserta dari Indonesia, juga meningkat menjadi 58 universitas dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya melalui pemenuhan indikator UI GreenMetric.

Sumber : kabarkampus.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s