Bukan Cuma Skripsi, Kamu Perlu Lakukan 6 Hal Ini Sebelum Wisuda

Buat kamu mahasiswa tingkat akhir pasti sering banget ditodong dengan pertanyaan “Kapan Wisuda?” Entah oleh orangtua, keluarga atau teman-teman. Pertanyaan “Kapan Wisuda?” ini pasti horor dan mengesalkan buat kamu dan membuat kamu ingin segera menyelesaikan skripsi.

Tapi tahu gak kalau modal skripsi doang gak akan cukup di dunia kerja nanti? Sebelum wisuda ada baiknya kamu lakuin hal-hal berikut ini dulu.

1. Perbaiki dulu Indeks Prestasi (IP).

Buat kalian yang IPKnya pas-pasan, yang sebagian besar nilai dapat C saja sudah senang coba dipikir lagi deh. Memang IPK tidak menentukan karir seseorang, tapi jangan salah, banyak perusahaan yang sekarang mengisyaratkan minimal nilai IPK lho. Jangan sampai pekerjaan impian gagal kamu dapatkan padahal skill kamu sudah mumpuni karena persoalan IPK.

2. Tambah Pengalaman Organisasi.

Banyak orang yang bilang kalo mahasiswa yang aktif di organisasi itu lama wisuda. Bisa iya bisa enggak, tergantung orangnya. Tapi jangan salah, mahasiswa yang memiliki pengalaman organisasi biasanya punya nilai plus di masyarakat maupun perusahaan.

Orang-orang yang aktif di organisasi biasanya punya banyak kenalan yang bisa buat dia punya informasi lebih banyak dan bisa lebih siap untuk terjun ke dalam masyarakat. Perusahaan juga banyak yang menilai pelamar dari pengalaman organisasinya karena biasanya jiwa leadershipnya bagus.

Coba ikut organisasi yang bergerak di bidang pengabdian di masyarakat, organisasi kayak gitu juga bagus kalau kamu berencana akan mengajukan beasiswa untuk melanjutkan studi.

3. Tambah kualifikasi kamu.

Tambah kualifkasi di sini bisa berarti seperti tambah kemampuan di luar akademik. Ikut pelatihan-pelatihan atau tingkatin skor bahasa inggris kamu. Sertifikat-sertifikat yang kamu dapat dari pelatihan dan sertifikat bahasa asing dapat menjadi kelebihanmu.

4. Ikut Magang.

Banyak perusahaan yang menerima mahasiswa tingkat akhir buat magang lho. Untungnya, kamu jadi akrab dengan suasana dunia kerja, tambah pengalam dan juga skill.

Pengalaman Magang bisa banget kamu tulis di CV buat poin plus ketika melamar pekerjaan setelah wisuda nanti. Tidak menutup kemungkinan kalau prestasimu selama magang bagus, kamu bisa jadi direkrut sama perusahaan tersebut.

5. Perbaiki penampilan.

Pas kuliah, sah-sah aja sih kamu berkeliaran dengan celana jeans robek yang udah dua minggu gak dicuci dan kaos oblong yang warnanya udah butek (asal gak ditendang sama dosen keluar kelas). Kamu boleh berkeliaran dengan mata bengkak dan rambut kusut karena habis ngerjain tugas semaleman. Tapi itu semua bisa jadi dosa besar di dunia kerja.

Kamu pasti tahu kalau banyak perusahaan yang mempersyaratkan berpenampilan menarik, bahkan secara gak tertulis perusahaan biasanya akan merekrut orang penampilannya lebih menarik. Berpenampilan menarik gak harus cantik atau tampan, setidaknya kamu harus tampil rapi dan professional.

6. Latih diri untuk berkomunikasi dengan baik dan benar.

Yups! Bisa berkomunikasi dengan baik dan benar termasuk kemampuan yang harus kamu kuasai. Setelah menjadi sarjana, kamu sudah sepenuhnya dewasa, tidak akan ada oranglain yang berbicara untukmu. Kamu harus bisa membuat dirimu sendiri didengarkan dan mengatakan apa yang perlu kamu katakan dengan baik.

Hidup gak berakhir begitu kamu diwisuda. Setelah wisuda kamu akan memasuki kehidupan sebenarnya, dunia kerja. Dunia kerja akan jauh lebih berat dibandingkan sekedar menyelesaikan skripsi. Jadi ada baiknya kamu lakukan hal-hal di atas agar kamu nggak bingung begitu saat memasuki dunia kerja nantinya.

Sumber : idntimes.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s