Masuk Perguruan Tinggi Unggulan Itu Tak Sulit, Ini Caranya!

hipwee-ugm-8da097ef42ae14d4f93db578b34d623d-640x428Dinyatakan lulus dari SMA memang wajar bikin happy banget. Ini pertanda selesainya kewajiban sekolah 12 tahun, serta titik awal kehidupan sebagai seorang dewasa tentunya membuat kamu excited. Tapi ternyata kesenangan itu gak akan bertahan lama karena kamu akan segera dihadapkan dengan kegalauan lain, yaitu mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

Trik agar usahamu untuk masuk perguruan tinggi jadi lebih mudah! Yuk, disimak dulu!

1. Efektifkan kegiatanmu

Berada di tahun terakhir SMA memang dilematis! Di satu sisi, kamu pasti ingin menghabiskan semua waktu yang tersisa untuk bermain bersama teman, namun di lain sisi kamu harus mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi. Saran IDN Times sih, sebaiknya kamu manfaatkan dulu waktumu untuk belajar, baru setelah itu bermain dengan teman. Jangan sampai kamu menyesal tidak berhasil masuk kampus impian karena kurang persiapan ya!

2. Cari tahu jurusan serta universitas yang paling cocok

Sebagai langkah-langkah awal, tentu saja kamu harus mengetahui minatmu terlebih dahulu sebelum memutuskan jurusan mana yang akan kamu pilih. Kesalahan beberapa anak SMA adalah mengesampingkan minat demi mengejar jurusan yang bergengsi, atau malah terpaksa bertoleransi dengan passing grade universitas favorit yang banyak peminat.

Nah, setelah kamu mengetahui minatmu, kamu bisa mulai ikut program beasiswa Online Scholarship Competition with Avitex. Khusus untuk kamu yang baru lulus SMA, OSC with Avitex Cat Tembok akan memberikan 240 beasiswa kuliah full 4 tahun di 12 universitas unggulan di Indonesia! Dengan beasiswa ini, kamu bisa bebas menentukan jurusan yang kamu mau dan paling sesuai untukmu. Proses menggapai mimpi pun jadi lebih mudah, bukan?

3. Kuasai cara cepat menjawab soal

Yang ini juga penting nih, guys! Biasanya soal yang diujikan di ujian masuk perguruan tinggi punya trik khusus dalam pengerjaannya. Kalau yang ini sih, sebaiknya kamu konsultasikan dengan guru sekolah atau bimbelmu. Mereka tentunya punya trik khusus yang bisa membantu kamu untuk ‘menghadapi’ soal-soal tersebut.

4. Bentuk kelompok belajar

Bila kamu jenuh belajar sendirian, kamu mungkin bisa mencoba belajar secara berkelompok. Riset membuktikan bahwa belajar kelompok ternyata bisa meningkatkan motivasi, komitmen, serta pemahamanmu dalam belajar. Boleh banget kan kamu coba? Asal jangan malah jadi keasyikan gosip, ya!

5. Jauhkan keinginan untuk menunda

Gak bisa dipungkiri, menunda pekerjaan itu memang paling enak. Tapi akibatnya, kamu bisa kewalahan karena tugas yang terus menumpuk. Untuk itu, manajemen waktu yang baik adalah kunci mutlak untuk bisa masuk perguruan tinggi yang kamu idamkan. Mengingat banyaknya tugas kuliah kamu nantinya, ada baiknya juga kamu mulai belajar mengatur waktumu mulai dari sekarang, kan?

6. Konsultasi dengan senior

Senior yang telah lebih dahulu berhasil masuk ke perguruan tinggi unggulan, pastinya punya kiat khusus yang membantunya untuk ‘menaklukan’ soal ujian masuk perguruan tinggi yang terkenal sulit tersebut. Dari mulai kebiasaan belajar sampai kiat khusus dalam mencatat pelajaran, sebaiknya kamu pelajari agar bisa mengikuti langkah suksesnya masuk ke universitas unggulan.

7. Berani mengejar mimpi

Ini yang paling penting! Percaya bahwa seberapapun tinggi mimpimu, kamu tetap bisa menggapainya! Kuncinya adalah berusaha serta berdoa semaksimal mungkin. Selain itu kamu juga bisa mencari ‘bantuan’ untuk membantumu menggapai mimpi!

Sumber : idntimes.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s