Shalat Subuhnya Jelek

Bismillah…
Pernah ngga sih ngerasa maleeeees banget seharian? Mau ngelakuin ini males, mau ngerjain itu males, maunya tidur terus, maunya diem terus, mondar-mandir ga jelas, ngerasa gabut padahal banyak yang harus diselesaikan, ngerasa capek padahal ga ngapa-ngapain. Aku sih pernah (sad) Penyebabnya tidak lain dan tidak bukan adalah karena shalat subuhnya jelek (thumbsdown) Kenapa jelek?

📌Pertama dan yang paling utama, bangun subuh kesiangan. Alasan? Banyak (!!) Mulai dari nugas lah, besok quiz lah,  sok sibuk ini lah-itu lah, insom lah, nyalahin segelas kopi hitam lah, dsb dsb dsb. Yang paling parah sih gegara keasyikan ngelakuin hal-hal yang kurang faedah, semisal nonton film, nggosipin orang, nongki-nongki, dan kawan-kawannyahhhh (sedih)

📌Kedua, karena bangun subuh kesiangan, shalatnya jadi keburu-buru, wudhunya dikejar waktu, walhasil shalatnya ngantuk-ngantukan, lalu merem, dan sesaat kemudian mimpi lagi (tampar) sad gasih? (ah…)

📌Ketiga, karena ngantuk-ngantukan, shalatnya jadi ngga khusyuk, kayak asal gerak doang, bacaannya ngga tartil, fokusnya hilanggg sudah (sad) Sangat amat menyedihkan sekali (sad)
Padahal semua aktivitas harian kita tergantung pada shalat subuh. Kalo shalat subuhnya ngga sememalukan itu, kita ngga akan males seharian, semuanya bakalan jadi ringan, seolah aktivitas kita jadi teratur dengan sendirinya ! Jamin deh ! (semangat)

Terlebih lagi, dalam surah Al-Isra’ : 78 dijelaskan bahwa Shalat subuh itu disaksikan oleh malaikat. Kalo shalat subuh kita macam gitu, apa kata malaikat? Coba aja ingat kalo kita lagi ujian praktikum, pasti kita berlomba buat melakukan yang terbaik karena kepingin dapet nilai bagus kan? Karena apa? Karena ada yang memperhatikan dan menilai. Uprak aja gitu, apalagi ini. Ini shalat ! Yang menyaksikan malaikat ! (sparkling eyes)
Terus gimana dong cara memperbaikinya ? Ada beberapa step yang harus dijalani.
📌Pertama dan yang paling utama, jangan tidur terlalu larut, maksimal jam 22.00 harus udah tidur. Pokoknya apapun yang terjadi, tidur ! Wkwk. Mau tugas belum kelar kek, mau materi belum dikuasai, pokoknya tidur ! You need to stop (stop) Lagian otakmu udah lelah bekerja, jadi ngga guna kalo dipaksakan, ga bakal optimal. Lebih baik tugas-tugasnya dicicil dari awal, begitu dikasih tugas, langsung garap, begitu dapet materi langsung baca (read)

📌Kedua, biasakan qiyamul lail (night) Niatkan dari sebelum tidur, minta sama Allah biar bisa bangun jam 3 atau setengah 4. InsyaaAllah pasti bangun kok kalo tidurnya ngga kemaleman mah. Kalo terbiasa tidur jam 22.00 dan bangun jam 3.00, biasanya mah kalo telat tidur 5 menit aja, pasti bangunnya juga sama, telat 5 menit juga alias waktu tidurnya bertambah.

📌Ketiga, yang paling penting abis qiyamul lail JANGAN SAMPE TIDUR LAGI (no) Kalo ini terjadi sama aja boong, pasti bangun subuhnya jadi makin telat. Biasakan setelah qiyamul lail cari aktivitas lain ; tilawah, murajaah, baca buku, terus beres-beres, dan lain-lain sampe masuk waktu subuh. Sabi juga lanjut nugas, otak masih sangat fresh dan jam segitu sepi, jadi lebih bisa fokus dan konsentrasi, apalagi buat yang learning-style-nya auditory, ini jam yang sangat pas dan tenang (relief)

📌Keempat, ini ketinggalan sebenernya. Sebelum qiyaumul lail lebih baik mandi dulu, atau seminimalnya gosok gigi dan cuci muka sampe bersih (clean) Biar ngga ngantuk. Yakali mau ketemu sama Allah dalam keadaan masih ngantuk, jelek, masih ileran (zzz) Ketemu ama temen-temen aja rapi rapi dan pingin keliatan fresh dan gaya yakan? Yaga? Hummmm.

Ih akumah gabisa aja siah, udah di alarm sampe 10x juga ngga kedengeran, udah nyuruh bangunin sama temen juga susah, udah ditelfonin mamah juga tetep aja, gimana dong? Kayanya aku gabisa deh. BISAAAAA ! Lurusin niat, abis bangun langsung gaskeun ke kamar mandi, JANGAN TIDUR LAGI. Tidur lagi setelah bangun adalah pelanggaran.

Yuk biasakan ! Kita bisa karena terbiasa. Yuk berubah dari biasa-biasa jadi warbyasa !

Eh eh bentar lagi ramadhan, harusnya mah lebih mudah bangun, ngga bolong-bolong sunnahnya, lebih semangat jalanin yang wajibnya, banyakin sedekahnya, bangun lebih pagiiiii lagi buat bantu-bantu masak siapin sahur (nyam) yipee yay ! Get ready for Ramadhan (perayaan)

Oleh : puspitte

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s