Kalau Sudah Kuasai 7 Hal Ini Pas SMA, Berarti Kamu Siap Kuliah!

Kamu harus tahu nih!
Setelah lulus SMA, bukan berarti kehidupan kuliah kamu bakalan lebih gampang. Sebaliknya, kuliah bakal jauh lebih susah. Kalau di SMA semua teman kamu masih menampilkan drama setiap harinya, di kuliahan sudah gak ada drama-dramaan. Tapi sikut-sikutan. Teman kuliah bisa jadi musuh, yang musuh bisa jadi teman. Campur aduk, deh.

Makanya, kamu harus siap-siapin mental biar gak kaget waktu kuliah nanti. Kalau kamu sudah kuasai 7 hal ini waktu kamu masih SMA, berati selamat ya, kamu sudah siap jadi anak kuliahan. Asal kamu punya kemauan buat lulus cepat, itu sudah cukup kok.

1. Gak takut sendirian.
Gimana kamu mau jadi anak kuliahan kalau ke toilet aja minta dianterin teman. Kamu harus sudah berani sendirian dong kemana-mana. Ke toilet sendiri, ke kantin sendiri atau ke perpus sendiri. Kamu sudah harus bisa mengandalkan diri kamu sendiri. Ingat lho, belum tentu teman SMA kamu satu kuliahan sama kamu. Nah kalau kamu sendiri? Otomatis kamu sudah harus bisa apa-apa sendiri dong.

2. Pelan tapi pasti dapetin nilai terbaikmu.
Belajar sedikit demi sedikit asal jangan berhenti. Buruk di satu atau dua mata pelajaran itu bukan hal yang memalukan. Kamu punya waktu buat memperbaikinya. Selain itu, kamu bisa gunakan seluruh waktumu buat dapetin nilai terbaik kamu bisa. Kalau waktu SMA kamu sudah gampang kecewa waktu dapetin nilai jelek, gimana pas kuliah kamu dimarahin dosen, bisa-bisa kamu malah males datang kuliah besok harinya. Pelan aja, tapi pasti.

3. Gak ikut arus teman yang malas.
Teman bolos, kamu bolos. Teman gak ngerjain tugas, kamu juga gak ngerjain tugas, teman nyontek, kamu ikutan nyontek. Emang sih, masa SMA itu masa dimana kamu bakal ngerasa dekat banget sama teman-teman kamu. Tapi, bukan berarti kamu ikutin kebiasaan jelek mereka dong. Kamu harus bisa bedain mana yang harus diikuti dan mana yang cuma buat ditonton aja. Kalau pas SMA kamu sukanya ikut-ikutan, nanti waktu kuliah kamu bingung lho mau ikutin siapa.

4. Bisa membela diri sendiri.
Kamu kudu bisa ngebela diri kamu sendiri. Waktu SMA, jangan mau dong diperbudak sama teman kamu yang sok artis, atau mau aja disuruh ngelakuin hal yang kamu gak mau. Kamu udah harus bisa bela diri kamu sendiri. Soalnya nanti pas kuliah, kalo kamu gak bisa ngebela diri kamu sendiri, kamu bakalan cuma jadi bahan lelucon sama teman-teman kamu yang sikapnya lebih individualis.

5. Selalu berharap yang terbaik tapi siap-siap buat yang terburuk.
Jangan berhenti berharap buat dapatkan yang terbaik, tapi jangan juga lupa kalau gak segala hal bisa kamu dapatkan gitu aja. Tetap siap-siap buat yang terburuk. Kamu sudah besar, kamu harus sudah bisa memproses rasa kecewa dan gak marah-marah lagi khas remaja PMS.

6. Gak menganggap enteng sesuatu.
Kalau kamu suka menganggap enteng sesuatu, nanti kamu bakal kaget kalau dikasih tanggung jawab yang lebih besar lagi. Semua hal kecil itu penting karena itu terjadi sama kamu. Apapun yang terjadi sama kamu itu penting, entah besar atau kecil. Tetap lakukan yang terbaik bahkan di hal-hal kecil sekalipun.

7. Bisa atur waktu.
Bangun pagi sendiri, tahu kapan waktu main, tahu kapan waktu ngerjain tugas. Kamu yang sudah siap kuliah berarti sudah harus bisa atur waktu kamu sendiri. Kalau gak gitu, nanti kamu bakal kewalahan sama jadwal kuliah seabrek dengan tugas yang banyaknya gak ketulungan.

Kalau kamu sudah biasa kuasai 5 hal di atas, itu artinya kamu siap jadi anak kuliahan yang tangguh. Kuliah memang gak sesulit yang kamu bayangkan, tapi kalau kamu salah menyikapinya, kuliah bisa jadi masa terburuk yang bisa bikin kamu nyerah gitu aja. Jadi, semangat ya!

Sumber : IDN Times

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s