Jangan Negatif, Nih 5 Alasan Mahasiswa Tak Lulus Tepat Waktu

 

Lulus tepat waktu adalah tujuan akhir setiap mahasiswa. Namun banyak orang melihat mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu adalah sebagai hal negatif. Mulai dicap malas, tidak bertanggung jawab hingga bodoh. Berikut lima alasan logis kenapa mereka tidak bisa lulus tepat waktu.

1. Kesalahan Administrasi Saat Berkuliah.

Photo by Artem Sapegin on Unsplash

Tak jarang di dunia perkuliahan ada beberapa kesalahan administrasi dari ketidaksesuaian nilai maupun jumlah SKS yang diambil pada sistem. Memang sih masih bisa protes dan diperjuangkan. Tapi birokrasi kampus yang mempersulit, membuat hal itu di luar kendali dari mahasiswa sendiri.

2. Bekerja Sambil Kuliah.

Photo by Jordan Whitfield on Unsplash

Tidak bisa dipungkiri bekerja sambil kuliah membutuhkan time management yang sangat baik. Jika tidak, maka tak jarang harus mengorbankan kuliah demi profesionalitas pekerjaan. Tuntutan dan deadline pekerjaan yang menghimpit, pun akan menyebabkan mahasiswa jenis ini harus mengorbankan untuk tidak mengerjakan tugas kuliah, demi supaya tidak dipecat di tempat kerja.

Akibatnya adalah nilai jelek dan tidak lulus beberapa mata kuliah. Tapi semua itu semata-mata untuk mempertahankan pekerjaan yang selama ini menjadi sumber ekonomi keluarga.

3. Cuti Kuliah.

Photo by Štefan Štefančík on Unsplash

Banyak alasan kenapa seorang mahasiswa memutuskan untuk cuti kuliah. Dari karena bekerja, pertukaran pelajar atau magang keluar negeri, bahkan hamil (Bagi yang sudah menikah). Tidak bisa dipungkiri cuti kuliah ini juga akan menyebabkan molornya kelulusan.

5. Ikut Penelitian atau Proyekan Dosen.

Photo by Jonathan Velasquez on Unsplash

Terkadang orang-orang mencibir para mahasiswa yang skripsinya gak selesai-selesai. Karena belum terselesaikannya skripsi bukan berarti membuat kualitas skripsi itu jelek bukan? Ada mahasiswa yang lama melakukan penelitian skripsi demi hasil terbaik dan bisa dipublikasikan secara internasional.

Tidak jarang mereka bersama para dosen meneliti penelitian cross-country sehingga butuh waktu untuk menyelesaikannya. Proyek klien dari dosen juga bisa membuat sang mahasiswa sendiri susah untuk lulus tepat waktu karena permintaan klien yang begitu banyak.

5. Aktif Dalam Organisasi Luar Kampus.

Pada usia mahasiswa, keinginan untuk mengekspresikan diri adalah hal yang paling penting. Wadah yang tepat untuk mengekspresikan diri mereka adalah bergabung pada organisasi maupun komunitas di luar kampus.

Tidak jarang, mereka akan lebih meluangkan waktunya untuk organisasi atau komunitas tersebut dibandingkan mengerjakan tugas perkuliahan. Hal itu karena mereka nyaman dan merasa mampu untuk berkembang dalam dunia organisasi mereka.

Selain itu mereka merasa bahwa pengalaman berorganisasi akan memberikan peluang besar dalam penerimaan pekerjaan di kemudian hari karena kemampuan bekerjasama dalam team.

Memang kelima alasan di atas semestinya tidak menjadi alasan utama untuk menutupi kemalasan berkuliah. Selama ada tekat dan manajemen waktu serta prioritas yang baik, mahasiswa pasti bisa lulus tepat waktu. Tapi, setidaknya kamu tidak perlu mencibir teman-teman mahasiswa yang tidak lulus tepat waktu, sebelum tahu alasan mereka yang sebenarnya.

Source : IDNTIMES.COM

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih

 

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s