Tips Mengatasi Tekanan Berat Saat Menghadapi Interview Kerja yang Menantang

Saat Anda menghadapi interview kerja terbesar dalam hidup, Anda tentu ingin melakukan yang terbaik agar bisa lolos wawancara kerja. Meskipun interview biasa sudah membuat stres, suasananya pun bisa semakin buruk bila Anda diwawancarai untuk pekerjaan impian dan Anda ingin memberi kesan terbaik. Menurut Dr. JP Pawliw-Fry, seorang ahli, trainer, dan pembicara di Institute for Health and Human Potential dan pengarang Performing Under Pressure, ada beberapa teknik yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi stres dan kecemasan saat menghadapi interview kerja.

Tips Menghadapi Tekanan Tinggi saat Interview Kerja

Mengetahui Perilaku Manusia dan Cara Kerja Otak Anda

Rasa Cemas
Sumber : anxietynetwork

Khawatir akan satu hal yang mungkin terjadi ketika wawancara kerja dapat mengurangi kekuatan pemrosesan pada otak. Ketika Anda khawatir akan sesuatu, kapasitas memori kerja otak Anda telah terisi dan Anda kekurangan space untuk berpikir. Ketika Anda menghadapi interview kerja, Anda memerlukan seluruh kapasitas memori kerja untuk berpikir, menjawab pertanyaan, dan terhubung dengan pewawancara. Pendek kata, kekhawatiran yang dihasilkan oleh tekanan dapat merugikan kinerja Anda saat wawancara.

Selamat Datang Rasa Cemas

Kecemasan Kronis
sumber: akuinginsukses

Untuk mengurangi pengaruh kecemasan, lakukanlah hal yang sebaliknya dengan menyingkirkan pikiran cemas saat muncul. Sebagai gantinya, sambutlah rasa cemas tersebut.

  • Berharaplah Anda akan khawatir. Jangan khawatir karena semua orang merasakannya. Bila Anda pergi ke tempat interview kerja, merasa kesal dan saat mulai gelisah, Anda akan merasa kecewa dan ini dapat meningkat menjadi sebuah siklus yang dapat mengarah pada kekakuan mental, di mana kapasitas memori kerja Anda menjadi begitu terbebani sehingga Anda tidak dapat berpikir jernih.
  • Berharaplah bila rasa cemas akan meningkat. Selanjutnya, alih-alih bereaksi terhadap rasa cemas, dan menganggapnya sebagai hal buruk, lihat itu sebagai tanda bahwa tubuh dan otak Anda akan siap untuk bisa tampil maksimal. Terimalah pikiran dan perasaan tersebut. Memperlihatkan kegelisahaan dan bersikap non-reaktif terhadapnya dapat mengurangi energi rasa cemas.

Bersikaplah Terbuka dan Ekspansif

  • Saat Anda terikat dengan ‘powering pose’ dan percaya diri, tubuh akan lebih terbuka dan ekspansif. Lengan terbuka sebagai kebalikan dari menutup dada, berdiri tegak dengan bahu ke belakang, dan bukannya membungkuk dengan bahu terlipat ke depan. Selama beberapa menit, tubuh pun merespon dengan meingkatkan testosteron dan menurunkan kortisol. Rendahnya kortisol dan tingginya testosteron membuat Anda merasa lebih percaya diri dan secara krusial hal tersebut dapat membantu Anda mengambil risiko yang normalnya dibatasi oleh rasa takut.
  • Hal itu juga dapat menghilangkan kekhawatiran emosional yang Anda hadapi dari ketidakpastian sehingga bisa membantu Anda untuk bisa tampil lebih kognitif serta lebih kritis secara emosional agar interview kerja bisa berjalan dengan sukses. Jadi, 15 menit sebelum melakukan wawancara kerja, carilah tempat yang nyaman untuk melakukan beberapa ‘powering pose’ seperti misalnya di kamar mandi. Anda hanya perlu melakukannya selama 2 menit sebelum masuk ruang wawancara.

Catatlah Apa yang Anda Rasakan

membuat catatan

Sekitar 10 menit sebelum interview dimulai, tulislah apapun yang Anda rasakan. Penelitian menunjukan bahwa melakukan hal tersebut sangat bermanfaat karena tindakan itu dapat membersihkan atau mengurangi pemikiran yang mengganggu dalam kapasitas memori kerja dan juga meningkatkan wawasan Anda terhadap sumber tekanan. Seiring dengan waktu, Anda pun akan merasa lebih baik dalam melihat kecemasan, bahwa itu semata-mata hanya bagian dari pengalaman dan bukannya sesuatu yang harus mengambil alih situasi.

Mengatasi tekanan tinggi saat menghadapi interview kerja di atas juga perlu menjadi sebuah catatan bahwa itu adalah bagian dari satu kesempatan diantara banyak kesempatan yang hadir di depan Anda. Oleh karena itu Anda perlu memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s