Tips dan Trik Jitu agar Sukses di Wawancara Kerja untuk Introvert

Menempuh wawancara kerja untuk introvert bukan hal yang bisa dilakukan dengan mudah. Setidaknya, ini tidak akan semudah dengan orang yang berkepribadian ekstrovert untuk menjalankan interview kerja ini. Karakter introvert umumnya lebih pemalu, enggan bertemu dengan orang baru, termasuk dengan pewawancara kerja, hingga merasa kurang nyaman ketika berada di sebuah situasi baru dan harus keluar dari zona nyaman mereka. Hal inilah yang jadi cukup menantang bagi introvert ini sendiri untuk melalui wawancara kerja dengan sukses.

Namun sebenarnya, tidak ada hal yang akan terlalu sulit untuk dilakukan. Begitu pun ketika harus melakukan wawancara kerja untuk introvert. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang bisa diperhatikan dan menjadi tips tersendiri untuk para introvert yang akan melakukan wawancara kerja tersebut.

4 Tips dan Trik Wawancara Kerja untuk Introvert

1. Fokus pada Apa yang Sudah Dilakukan

Untuk para introvert, self awareness merupakan masalah yang cukup besar. Mereka akan merasa terlalu memperhatikan diri sendiri dan takut melakukan kesalahan. Di wawancara kerja, bukan 2 hal tersebut yang seharusnya menjadi fokus Anda. Sebaliknya, Anda bisa berfokus pada apa yang sudah dilakukan, baik itu di perusahaan sebelumnya ataupun di kampus untuk Anda yang merupakan fresh graduate. Berfokus pada pencapaian ini membuat Anda lebih merasa percaya diri juga.

2. Jangan Ragu untuk Berpikir Sebelum Memberikan Jawaban

Satu lagi kebiasaan dari seorang introvert. Mereka akan sulit untuk langsung menjawab pertanyaan, terlebih dengan rasa malu dan kahawatir yang mereka miliki. Ini mengapa, jangan ragu untuk mengambil waktu sejenak dan memikirkan baik-baik apa yang akan Anda berikan sebagai jawaban dari pertanyaan pewawancara kerja. Percayalah, ini tak akan mengurangi poin Anda di mata pewawancara.

3. Dengarkan dengan Baik

Tips Sukses Menghadapi Wawancara
Sumber : cpl

Seorang introvert pun dikenal luas sebagai listener daripada seorang speaker. Jadikan hal ini sebagai kelebihan Anda dengan mendengarkan sebaik mungkin apa yang dikatakan oleh pewawancara kerja. Perhatikan baik-baik penjelasan hingga apa yang disampaikan oleh pewawancara ketika interview kerja tersebut. Ini akan menjadi sebuah keunggulan tersendiri, terlebih setelah banyak perusahaan mengaku mencari pegawai yang memang mampu mendengarkan penjelasan mereka.

4. Siapkan Ide

Anda mungkin sudah mencari tahu dan menganalisa perusahaan secara mendalam, bahkan sebelum hadir di wawancara kerja. Ubah hal tersebut menjadi sebuah keuntungan dengan menjadikan hasil analisa sebagai sebuah ide yang cemerlang. Berikan, keluarkan ide tersebut ketika wawancara kerja demi menarik perhatian dari pewawancara dan hiring manager. Pastikan juga bahwa ide yang Anda berikan benar-benar bisa diaplikasikan pada perusahaan dan relevan.

5. Tunjukan Rasa Rendah Hati

Pekerjaan yang Paling Cocok
Sumber : ox

Rasa malu Anda mungkin bisa membuat Anda terlihat sebagai seorang yang rendah diri. Namun, akan lebih baik jika Anda membalikkan keadaan keadaan dengan membuat perasaan malu menjadi sesuatu yang rendah hati. Faktanya, rendah hati menjadi sebuah kepribadian yang banyak dicari pula oleh perusahaan dari pegawai mereka. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan hal tersebut.

Kepribadian introvert memang penuh daya tarik. Saat ini, perusahaan pun sebenarnya sudah mulai mencari pekerja dengan kepribadian tersebut dari yang lain. Tapi pastikan, pekerjaan sesuai dengan kepribadian Anda, ya!

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s