Stres Saat Mengikuti Interview Psikologi? Atasi Dengan Cara-cara Berikut

Beberapa perusahaan sering kali melakukan interview psikologi pada kandidat karyawan untuk menentukan dan mencari tahu mengenai karakter seseorang dan kemampuan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan pekerjaan. Jenis wawancara ini sering kali menjadi salah satu cara untuk mencari tahu etos kerja dan kejujuran, atau untuk menentukan apakah Anda termasuk tipe orang yang dapat kehilangan kontrol atau lalai di tempat kerja. Di tangan orang yang berpengalaman, interview psikologi dapat membantu perusahaan untuk mencocokkan Anda dengan jenis pekerjaan yang akan Anda tangani. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk bisa sukses melakukan interview psikologi.

Tips Sukses Menghadapi Interview Psikologi

Persiapan

Sebisa mungkin, datanglah ke tempat wawancara dengan kondisi tubuh bugar, cukup istirahat dan segar. Tidur yang cukup ini dapat membuat Anda bisa berpikir dengan jernih. Selain itu, jangan lupa untuk sarapan ringan dan bernutrisi, serta berusahalah untuk tetap rileks. Batasi konsumsi kafein sebelum melakukan interview psikologi sehingga Anda tidak tampak gugup. Anda juga bisa melakukan teknik pernapasan untuk rileksasi sebelum interview, seperti beberapa kali menghirup napas panjang untuk membantu mengurangi rasa tegang sebelum masuk ke ruang wawancara kerja.

Kebugaran Psikologis

Interview psikologi tidak lain adalah tes ‘kebugaran psikologis’ yang lebih cenderung berfokus pada tujuan karir pribadi Anda, ambisi, dan latar belakang keluarga. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah Anda adalah kandidat terbaik dan cocok untuk posisi yang sedang kosong di perusahaan. Topik lain yang mungkin juga akan dipertanyakan saat interview bisa saja meliputi kepuasan pribadi, bagaimana Anda menangani diri Anda dalam situasi menantang, kesenangan Anda, dan bukan tentang pengalaman pribadi atau pengalaman kerja Anda sebelumnya.

Katakan yang Sebenarnya

Cara terbaik untuk menangani interview psikologi adalah dengan mengatakan yang sebenarnya. Psikolog dan pewawancara yang melakukan wawancara ini telah dilatih untuk mendeteksi body language dan sinyal yang menandakan bila Anda sedang berbohong. Jika Anda berbohong, itu tampak seolah-olah Anda memiliki sesuatu yang ingin disembunyikan. Selain itu, jangan pernah memberi informasi lain yang tidak diminta, khususnya bila itu bersifat pribadi. Jawablah dengan jujur dan singkat sambil tetap terus bersikap positif.

Pengalaman Kerja

Bila pewawancara mengajukan pertanyaan kepada Anda kenapa Anda tidak menyukai bos Anda, jangan pernah menggunakan kesempatan ini untuk mengeluh. Biarpun mantan bos Anda adalah seorang yang selalu membuat Anda kesal, namun jangan pernah mengungkapkan hal-hal negatif tentang orang lain saat Anda melakukan wawancara kerja.

Anda harus tetap berpegang pada fakta dan hindari untuk berbagi emosi bahwa Anda tidak suka dengan mantan bos Anda. Fokuslah pada pengalaman kerja positif dan yang berkaitan dengan hal-hal tersebut. Hindari juga untuk berbagi pengalaman kerja negatif pada pekerjaan terdahulu saat Anda melakukan interview psikologi.

Pertanyaan Menantang

Pewawancara sangat suka mengajukan pertanyaan menantang untuk melihat bagaimana Anda menghadapi situasi canggung dan penuh tekanan. Bila pewawancara mengajukan sebuah pertanyaan yang terkesan aneh untuk Anda, jawablah sebaik mungkin. Tetapi Anda tidak perlu khawatir dengan tanggapan yang akan diberikan.

Hal ini disebabkan karena beberapa pertanyaan digunakan untuk mengetes Anda. Jadi, gunakanlah logika ketika menjawab pertanyaan menantang. Sebagai contoh, bila saat interview psikologi pewawancara mengajukan pertanyaan olahraga apa yang akan Anda mainkan jika Anda seorang atlet? Anda dapat memberi jawaban untuk menunjukkan bahwa Anda dapat berpartisipasi dalam tim, seperti baseball, sepakbola, atau basket.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s