Stres saat Menghadapi Interview Kerja? Simak Tips untuk Mengatasinya Berikut

Merasa stres menjelang interview kerja tentu pernah dialami oleh semua pencari kerja. Itu adalah hal wajar. Apalagi bila pekerjaan yang Anda lamar adalah pekerjaan impian sehingga merasa gugup menjadi hal yang lumrah. Namun jika Anda membiarkan tingkat kecemasan menguasai pikiran Anda, hal itu justru dapat merugikan Anda sendiri karena saat melakukan interview Anda tidak dapat berpikir jernih. Kunci untuk bisa sukses wawancara kerja adalah dengan menjaga agar kecemasan tersebut dapat dikontrol. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi stres, sebelum interview dan selama melakukan proses rekrutmen.

Lakukan Ini untuk Menghindari Stres saat Interview Kerja

Tips Menghindari Stres karena Interview

  • Melakukan persiapan secara menyeluruh dapat meredakan stres menjelang interview. Anda dapat mengidentifikasi skill Anda yang paling relevan dan bersiaplah untuk berbagi contoh nyata untuk menunjukkan bagaimana Anda mahir dalam melakukan pekerjaan, pernah menjadi sukarelawan, berprestasi di bidang akademis serta bagaimana Anda mendapatkan hasil positif untuk semua itu.
  • Lakukan riset terhadap perusahaan target Anda secara menyeluruh dan bersiaplah untuk berbagi mengapa pekerjaan yang lowong tersebut sesuai dengan minat Anda.
  • Berlatih melakukan wawancara. Biarpun ini terlihat sepele, namun terus berlatih melakukan interview kerja di rumah dapat mengurangi rasa cemas dan Anda pun bisa lebih percaya diri. Anda bisa mengajak teman Anda atau saudara Anda untuk berlatih.
  • Lakukan pencarian kerja dengan lebih giat untuk mendapatkan tawaran wawancara sebanyak mungkin. Hal ini disebabkan karena stres yang terkait dengan satu wawancara kemungkinan bisa lebih rendah jika Anda memiliki kesempatan lain untuk dicoba.

Hindari Pemikiran Negatif

Stres yang berkaitan dengan interview kerja seringkali melibatkan asumsi yang belum tentu benar. Beberapa ungkapan berikut dapat menjadi contoh pemikiran negatif yang membuat Anda cemas dan stres dalam menghadapi interview kerja.

  • ‘Saya harus mendapatkan pekerjaan ini, atau saya benar-benar akan menjadi pengangguran.’ Tangkal pemikiran tersebut dengan pernyataan yang menekankan bahwa tidak satu interview-pun yang akan menentukan masa depan pekerjaan Anda. Akan ada kesempatan dan pilihan lain untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus.
  • ‘Saya baru saja mengacaukan jawaban. Saya tidak akan pernah diterima bekerja di perusahaan ini.’ Satu jawaban yang buruk normalnya tidak akan menjatuhkan calon kandidat mengingat interview itu seperti sebuah tes. Mendapatkan skor 85 atau 90 tentu sudah cukup bagus untuk dipertimbangkan bekerja oleh pewawancara.
  • ‘Saya khawatir mereka akan mengajukan pertanyaan yang membuat saya bungkam dan menjadi kelihatan bodoh.’ Jika Anda melakukan persiapan dengan matang, normalnya Anda akan sanggup untuk memberi jawaban yang mencerminkan Anda sebagai seorang yang positif.
  • ‘Tidak mungkin saya bisa memenuhi kualifikasi untuk pekerjaan ini.’ Yakinkan diri Anda secara berulang-ulang bahwa Anda memenuhi kualifikasi yang diperlukan sehingga Anda pun bisa percaya diri saat melakukan interview kerja.

Fokus pada Kesuksesan

Beberapa pelatih atletik percaya bahwa memvisualisasikan citra kesuksesan dapat meningkatkan kinerja dan mengurangi kecemasan. Untuk itu, berusahalah untuk sering membayangkan interaksi positif dengan pewawancara, khususnya pada jam-jam sebelum melakukan wawancara. Bila kecemasan Anda di seputar interview berlebihan, Anda mungkin perlu mempertimbangkan berbincang atau berbagi dengan orang lain atau psikolog.

Hal ini dapat dilakukan untuk mengidentifikasi masalah mendasar dan membantu Anda untuk mengembangkan diri secara lebih efektif. Selain itu, Anda juga perlu ingat bahwa biarpun Anda tidak mendapatkan pekerjaan tersebut, akan ada tempat lain yang menerima Anda. Untuk itu, anggaplah ini sebagai sebuah pengalaman berharga agar Anda bisa terus maju untuk menghadapi interview kerja selanjutnya.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s