Perhatikan 5 Hal Mencurigakan Ini dari Pelamar saat Wawancara Kerja

Tentunya, setiap pelamar kerja yang melakukan wawancara harus diseleksi dengan baik. Nyatanya terkadang, ada beberapa hal mencurigakan dari pelamar yang seharusnya Anda perhatikan baik-baik. Kecurigaan ketika wawancara kerja bukan hanya datang dari pelamar pada perusahaan, namun juga harus dari perusahaan pada pelamar.

Ketika wawancara, hal mencurigakan dari pelamar kerja memang seringnya tak diperhatikan seksama oleh hirer. Padahal, 5 hal mencurigakan berikut akan membawa pengaruh buruk ketika pelamar diterima kerja di perusahaan nantinya.

5 Hal Mencurigakan dari Pelamar saat Wawancara Kerja

1. Kesalahan di Resume dan Cover Letter 

Anda mungkin berpikir kesalahan pada resume, curriculum vitae, dan juga cover letter merupakan hal yang biasa. Padahal sebaliknya, adanya typo yang tidak disadari oleh pelamar ini menunjukkan kurangnya perhatian pelamar pada detail. Terutama untuk dokumen penting seperti lamaran kerja.

Selain kurangnya perhatian, salah ketik juga menunjukkan pelamar kerja tak memerhatikan secara detail pada pekerjaan yang mereka lakukan.

2. Pelamar Kerja Terlihat Tidak Siap

Ada beberapa tanda ketidaksiapan yang ditunjukkan oleh pelamar kerja. Misalnya saja seperti pelamar kerja yang tak siap dengan pertanyaan yang Anda berikan. Atau malah pelamar kerja yang seperti tidak tahu apa-apa mengenai perusahaan yang Anda jalankan. Ketidaksiapan ini pun bisa dilihat dari bagaimana pelamar tak membawa dokumen lamaran kerja miliknya, misalnya saja.

3. Enggan Membagikan Informasi

Bila pada resume yang diterima Anda sudah melihat adanya hal yang seakan disembunyikan, entah itu data yang ditutupi atau malah informasi yang sengaja tak diberikan, Anda patut merasa curiga. Terlebih lagi bila di wawancara kerja pun pelamar sekaan enggan memberikan jawaban tentang informasi yang nampak disembunyikan tersebut.

Ada beberapa hal yang mendasari dari informasi yang disembunyikan tersebut. Bisa karena informasi tersebut dianggap rahasia hingga mungkin karena memang ada hal yang disembunyikan.

4. Tak Berhenti Bicara

Satu hal yang pasti dari hal ini, pelamar kerja yang tak bisa berhenti bicara bisa karena mereka merasa gugup. Rasa gugup yang akhirnya menjadikan mereka tak bisa berhenti berbicara atau menjelaskan sesuatu.

Kegugupan yang diperlihatkan oleh pelamar kerja bisa karena wawancara kerja tersebut menjadi pengalaman pertama untuk sang pelamar. Bisa juga karena mereka belum terbiasa berbicara dengan banyak orang. Ini juga bisa menjadi tanda-tanda tak adanya rasa percaya diri.

5. Tak Tertarik dengan Perusahaan

Sering kali, pelamar kerja hanya melamar karena mereka membutuhkan pekerjaan serta pemasukan. Bukan karena ingin menempuh karir yang baik. Perbedaan besar dari kedua hal ini nantinya bisa berujung pada performa kerja yang kurang maksimal. Rasa tak tertarik pada pekerjaan sudah bisa dipastikan menjadikan pelamar nantinya hanya akan bekerja separuh hati.

5 hal yang patut diperhatikan dari pelamar kerja di atas tentunya membuat Anda seharusnya lebih waspada ketika menyeleksi pelamar saat wawancara kerja.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s