Mendapat Pertanyaan Sulit saat Wawancara Kerja? Hadapi dengan Tips Ini!

Hanya dengan melakukan persiapan terbatas, itu tidak cukup untuk menjawab pertanyaan sulit yang sering diajukan oleh pewawancara. Bila Anda benar-benar menginginkan pekerjaan yang lebih baik dari yang Anda miliki sekarang, Anda seharusnya mempersiapkan diri jauh-jauh hari karena tentu saja pesaing Anda juga melakukan hal yang sama. Dan jika Anda hanya melakukannya dengan sekenanya, bisa jadi kesempatan yang sudah ada di depan mata akan terbuang percuma. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasi pertanyaan sulit, seperti mengenai hal-hal pribadi, atau hal lain yang dianggap tabu selama Anda menjalani wawancara kerja.

Tips Mengatasi Pertanyaan Sulit saat Wawancara Kerja

Rencanakan jawaban pada pertanyaan interview yang secara potensial menantang sebelum melakukan wawancara kerja

Pikirkanlah tipe pekerjaan yang sedang Anda lamar dan situasi sulit apa yang mungkin akan muncul dalam pekerjaan. Caritahu bagaimana Anda akan mengatasi masalah tersebut, dan bersiaplah untuk menjelaskan solusi Anda pada pewawancara. Tentu saja, pewawancara sedang berusaha untuk menentukan bagaimana Anda akan merespon situasi sulit di tempat kerja, seperti masalah dengan rekan kerja atau mengatasi masalah klien.

Berharaplah Anda mendapat pertanyaan yang biasa disebut pertanyaan, ‘Nah, ini dia!’

Dapat dikatakan jika ini adalah salah satu pertanyaan yang membuat Anda berpikir bila pewawancara sedang berusaha untuk ‘mengangkat’ atau memberi kesempatan pada Anda untuk berpeluang diterima bekerja, dengan syarat Anda harus sudah mempersiapkan jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Salah satu pertanyaan paling umum untuk kategori ini adalah ‘apa kelemahan terbesar Anda?’ atau bahkan yang lebih buruk lagi pewawancara akan bertanya, ‘apa kegagalan terbesar Anda?’ Dalam sebagian besar kasus, pewawancara sebenarnya tidak sedang membuat Anda merasa tidak nyaman. Ia hanya sedang berusaha untuk menaksir kesadaran diri, kemampuan untuk beradaptasi.

Pada saat itu, pewawancara juga sedang ingin melihat integritas personal dan mencari tahu apakah Anda telah berkembang dalam karir Anda. Jadi, janganlah merasa bodoh atau berpura-pura jika Anda tidak pernah membuat kesalahan dalam bekerja. Namun, tetaplah berpegang pada masalah minor dan fokus pada bagaimana Anda telah menggunakan pengalaman tersebut untuk meningkatkankan kemampuan diri.

Berpikirlah sebelum Anda berbicara bila itu berkaitan dengan pertanyaan mengenai mantan bos Anda

Bahkan, jika Anda sangat membenci mantan bos Anda atau mantan manajer Anda yang memiliki perilaku buruk, jangan sekali-kali Anda mengatakan bal buruk mengenai beliau. Hindarilah memberi penilaian buruk pada mantan bos biarpun Anda sangat ingin mengatakannya mengingat ini dapat diinterprestasikan sebagai ketidaksanggupan Anda dalam bekerja bersama orang lain dan hal ini pun akan membuat pewawancara ragu apakah Anda termasuk karyawan yang bisa dipercaya atau tidak.

Berharaplah Anda tidak mendapat pertanyaan tabu dari pewawancara

Sumber: biola

Anda bisa berharap tidak menerima pertanyaan yang dianggap tabu dan tidak relevan dengan pekerjaan, seperti mengenai agama, ras, atau status pernikahan. Namun, Anda juga tetap harus mempersiapkan diri karena terkadang hal ini dapat terjadi. Selain itu, hindarilah menjawab pertanyaan yang juga bisa membahayakan integritas Anda dalam bekerja, namun tetap dengan cara elegan.

Jangan pernah mengucapakan kata-kata seperti, ‘Anda tidak boleh menanyakan hal tersebut pada saya!’ Namun, katakanlah jika Anda akan melakukan yang terbaik jika ini berkaitan dengan pekerjaan dan tidak ada masalah pribadi apa pun yang akan membuat Anda melalaikan pekerjaan.

Dengan melakukan persiapan menghadapi pertanyaan sulit saat wawancara kerja, Anda bisa semakin percaya diri untuk bertemu dengan pewawancara. Semoga berhasil!

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s