Jangan Sampai Gugup! Begini Cara Mencairkan Suasana Saat Melakukan Interview Kerja

Saat Anda mengajukan lamaran kerja dan mendapatkan undangan untuk melakukan interview kerja di lingkungan yang kasual, suasananya pun akan menjadi lebih santai. Anda tidak akan terlalu grogi saat melangkah menuju ruang wawancara. Bila Anda ingin sukses wawancara kerja pada posisi yang Anda lamar, Anda harus melakukan sesuatu lebih dari hanya sekadar menjawab pertanyaan. Lakukanlah pendekatan proaktif dengan mengajukan pertanyaan selama melakukan interview kerja. Dan tahukah Anda? Interview dengan pendekatan percakapan 2 arah akan memberi kesan yang baik pada pewawancara. Lalu, bagaimana cara melakukannya?

Tips Memulai Percakapan saat Melakukan Interview Kerja

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai percakapan dan mencairkan suasana saat melakukan interview kerja, diantaranya adalah:

  1. Lakukan riset terhadap perusahaan. Untuk dapat berbicara banyak hal, Anda tentu perlu memiliki modal pengetahuan yang cukup untuk bahan pembicaraan. Salah satunya dengan berusaha untuk tahu lebih banyak lagi tentang berusahaan. Caranya, lakukanlah riset terhadap perusahaan dan siapkan daftar pertanyaan atau topik yang menurut Anda akan membuat suasana percakapan semakin ‘seru’.
  2. Dengarkan secara seksama. Ketika Anda melakuan sesi wawancara kerja dengan pewawancara, dengarkan dengan seksama dan berilah respon dari isyarat verbal yang mungkin terbaca dalam percakapan. Sebagai contoh, bila pewawancara berkomentar tentang masalah teknologi di tempat kerja, itu adalah waktu yang sempurna bagi Anda untuk memulai sebuah percakapan mengenai preferensi komputer perusahaan, laptop atau smartphone.
  3. Tunggu dan baca respon pewawancara. Tunggulah respon positif yang diberikan oleh pewawancara bila hal ini berkaitan dengan hal negatif, terutama jika ini mengenai topik yang berkaitan dengan mantan bos Anda. Bangunlah kesan bahwa Anda adalah orang yang positif dan optimis sehingga pewawancara bisa membayangkan bila Anda bisa menjadi aset berharga bagi perusahaan.
  4. Mintalah pendapat pewawancara atas sebuah topik. Tips lain yang juga bisa Anda terapkan untuk memulai percakapan adalah dengan meminta pewawancara untuk memberi respon atau pendapat atas sebuah topik tertentu yang sedang dibicarakan. Sebagai contoh, bila pewawancara berkomentar tentang kecenderungan staf-nya untuk datang ke kantor pada hari Sabtu, ajukanlah pertanyaan mengenai pandangan pewawancara mengenai waktu fleksible atau karyawan yang sesekali bekerja di rumah. Dari sana Anda akan tahu bagaimana pandangan atau preferensi pewawancara atas sebuah kebiasaan yang terjadi di kantor.
  5. Bertindaklah seperti seorang jurnalis dan ajukan pertanyaan who, what, where, when dan why. Jenis pertanyaan ini dapat membantu mengklarifikasi dan memperkuat poin yang muncul saat Anda melakukan interview kerja, terutama jika ini berkaitan dengan kultur dan lingkungan kerja di kantor.
  6. Bingkailah sebuah pengamatan atau ajukanlah sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan berita atau acara baru pada bidang atau industri yang sama dengan perusahaan. Hal ini akan bisa membantu mendemonstrasikan bahwa Anda adalah pribadi yang penuh perhatian dan memiliki informasi up-to-date.
  7. Bagilah anekdot dari riwayat kerja yang dulu. Tips terakhir untuk memulai percakapan dan mencairkan suasana ketika interview kerja adalah dengan menceritakan anekdot di tempat kerja terdahulu dan menggunakannya untuk menyegarkan suasana. Kemaslah cerita pendek yang berkaitan dengan cara kerja di sebuah perusahaan untuk mengetahui apakah di tempat kerja yang baru ini hal tersebut juga umum dilakukan.

Tips:

Untuk bisa memulai percakapan saat interview kerja, Anda harus tetap ingat untuk selalu melakukan percakapan yang efektif, seperti dengan menunjukan ketertarikan Anda pada posisi kerja, melakukan kontak mata dan sesekali melakukan penegasan secara verbal. Dengan begitu, pewawancara pun bisa melihat antusiasme Anda pada pekerjaan yang Anda lamar.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s