Jangan Putus Asa, Lakukan 4 Hal Ini untuk Memotivasi Diri Ketika Tidak Lolos Wawancara Kerja

Siapa yang tidak merasa frustasi ketika gagal atau tidak lolos wawancara kerja? Merasa sedih ataupun frustasi adalah hal wajar sebagai reaksi dari kegagalan yang Anda alami. Namun jangan biarkan perasaan tersebut berkelanjutan dan membuat Anda lupa untuk memotivasi diri sendiri. Perasaan sedih ataupun frustasi yang dibiarkan akan memicu terjadinya keputusasaan pada diri Anda. Kemampuan memotivasi diri sendiri sangat penting sebagai upaya untuk menjauhkan rasa putus asa akan suatu kegagalan. Motivasi terbesar adalah motivasi yang datang dari dalam diri. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa memotivasi diri Anda sendiri ketika mengalami kegagalan sebuah wawancara kerja.

Cara Memotivasi Diri Usai Mendapatkan Kegagalan Saat Wawancara

Menghargai Usaha yang Sudah Anda Lakukan

Ketika Anda melakukan wawancara kerja, itu berarti Anda sudah mencoba dan berusaha memberikan yang terbaik. Masalah hasilnya baik atau buruk, itu bukanlah hal yang paling penting. Sekalipun ternyata Anda tidak lolos, sudah seharusnya Anda memberikan apresiasi pada diri Anda karena sudah mau mencobanya dan berusaha. Ketika Anda bisa menghargai usaha atas percobaan tersebut, maka tidak ada rasa penyesalan atau kecewa berkepanjangan yang akan Anda rasakan. Cara ini juga cukup berhasil untuk menghindari rasa bersalah pada diri sendiri atas sebuah kegagalan.

Menyadari Jika Ini Bukan Akhir dari Segalanya

membangkitkan semangat

Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, mungkin inilah moto klasik yang tetap ampuh untuk memberikan motivasi pada diri Anda. Jika ternyata Anda tidak lolos wawancara kerja, maka berpikirlah jika lain kali Anda bisa lolos. Perlu diingat jika kegagalan ini bukan berarti Anda harus berhenti untuk mencobanya di lain kesempatan. Mungkin ini adalah waktu yang tepat bagi Anda menyusun strategi agar pada wawancara selanjutnya semua hal dimudahkan.

Melakukan Evaluasi Diri

Sumber : employeeconnect

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melakukan evaluasi diri. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kegagalan tersebut adalah waktu bagi Anda memerbaiki diri. Maka lakukanlah evaluasi untuk mengetahui apa yang harus Anda perbaiki dan mana yang harus dipertahankan. Dengan mengevaluasi diri, Anda akan lebih semangat untuk mencobanya lagi di kesempatan berikutnya.

Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ada satu cara yang salah dan harus Anda hindari yaitu membandingkan diri Anda dengan orang lain dalam konteks yang buruk. Melakukan evaluasi bukan berarti Anda menilai buruk kemampuan Anda dengan membandingkan diri dengan kemampuan orang lain. ingatlah setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam berbagai hal. Lebih baik Anda fokus pada evaluasi diri saja daripada meributkan spesifikasi diri orang lain.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s