Jangan Pernah Melakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Gagal Interview Kerja

Saat Anda melakukan interview kerja, memperhatikan perilaku, sikap, dan body language adalah sebuah keharusan karena semua gelagat Anda akan dinilai oleh pewawancara. Mulai hari Anda masuk ke kantor hingga Anda pergi meninggalkan ruang wawancara kerja. Untuk itu, Anda perlu memastikan memberi kesan positif selama proses interview berlangsung. Dan berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat melakukan interview kerja.

Jangan Lakukan Hal Ini Saat Melakukan Interview Kerja

Berikut adalah beberapa hal yang seharusnya tidak dilakukan ketika Anda melakukan interview kerja, baik di kantor ataupun di tempat umum seperti kedai kopi dan restoran.

  1. Jangan pernah datang terlambat saat melakukan interview kerja. Anda perlu mempersiapkan diri dan memperkirakan secara hati-hati saat berangkat menuju ke tempat wawancara. Bila hal ini terjadi, pewawancara hanya akan menilai Anda sebagai orang yang tidak bertanggungjawab dan tentu saja hal ini dapat meninggalkan kesan buruk tentang diri Anda.
  2. Jangan duduk bersandar, membungkuk, atau menunjukkan sikap tidak tertarik dari postur Anda. Untuk memberi kesan terbaik pada pewawancara dan menunjukkan rasa percaya diri, duduklah dengan tegak ke depan seolah ‘terikat’ dalam pembicaraan bersama pewawancara.
  3. Jangan berbicara secara monoton. Aturlah suara Anda untuk menunjukkan penekanan, ketertarikan, dan kegembiraan saat membicarakan sebuah topik. Tentu saja pewawancara akan lebih tertarik untuk merekrut kandidat karyawan yang energik dan bersemangat.
  4. Jangan melihat jam tangan Anda. Bila Anda terus saja memantau jam tangan dan terlihat begitu jelas, hal ini bisa dianggap sebagai sebuah indikasi bahwa Anda sudah bosan atau sedang terburu-buru. Tentu saja pewawancara dapat membaca gelagat tersebut dan jika ia juga ikut menyudahi, bisa jadi ia sudah tidak tertarik lagi berbicara dengan Anda. Dan ini bisa menjadi pertanda buruk.
  5. Jangan pernah memesan sesuatu yang sulit untuk dimakan ketika Anda melakukan interview kerja di tempat umum, seperti di restoran atau di kedai kopi. Tentu akan sulit untuk menjaga gengsi Anda untuk menyantap pasta. Untuk itu, pesanlah dalam porsi kecil yang dapat dikonsumsi dengan anggun. Hindari juga memesan minuman beralkohol selama segmen sosial saat proses wawancara. Alkohol dapat membuat lidah Anda ‘terbelit’ dengan cara yang salah. Ditambah lagi, hal ini dapat mengirimkan pesan yang keliru tentang tujuan keseriusan Anda dalam mengikuti interview kerja.
  6. Jangan mengenakan busana yang terlalu kasual karena hal itu menunjukkan jika Anda tidak serius atau bahkan terlihat salah kostum. Kenakanlah pakaian yang sesuai dengan lingkungan kerja dan kultur perusahaan karena hal tersebut dapat menunjukkan keseriusan Anda dalam melakukan wawancara.
  7. Dengarkan pewawancara secara seksama sebelum menjawab pertanyaan apa pun. Mendengarkan adalah sebuah kemampuan yang sering kali dianggap rendah dan disepelekan. Untuk itu, pastikan jika Anda mengetahui apa yang pewawancara coba terangkan sebelum Anda memberi respon apa pun. Dengan begitu, jawaban yang Anda berikan pun tepat sasaran dan elegan.
  8. Jangan bersikap gugup atau sedih jika sesuatu tidak berjalan dengan sempurna. Cobalah untuk mempertahankan kepercayaan diri Anda ketika Anda merasa bingung akan sebuah pertanyaan karena hal tersebut dapat menunjukkan bahwa Anda akan melakukan hal terbaik biarpun sedang berada di bawah tekanan. Katakanlah dengan cara meyakinkan bahwa itu adalah pertanyaan yang bagus. Lakukan jeda sejenak untuk mendapatkan jawaban terbaik pada pewawancara sehingga respon Anda tidak ngelantur dan tidak berisi.
  9. Jangan menunjukkan intonasi nada suara marah jika pewawancara bersikap agresif. Pertanyaan yang membuat stres dapat menjadi sebuah tes tentang bagaimana Anda akan mempertahankan ketenangan diri saat berada di bawah tekanan. Untuk itu, tahanlah nada suara Anda untuk tetap tenang saat melakukan interview kerja.

Source : Job-like.com

Kami sedang membuka DONASI untuk sekolah binaan iCampus Indonesia dan Hastag Campus. Salurkan donasimu dengan cara melalukan klik IKLAN atau ADVERTISEMENTS dari para sponsor yang ada di bawah ini. Penghasilan IKLAN akan kami berikan ke SEKOLAH ALAM PROBOLINGGO.  Terima Kasih
Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s